Berita Wisata

Jalan-jalan ke Java Tempo Doeloe di Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

Liburan di Yogyakarta seharusnya tidak hanya tentang hiburan, Anda juga harus menambah pendidikan Anda tentang tempat-tempat yang Anda kunjungi.

Ada baiknya juga untuk datang dan belajar tentang sejarah Jawa di museum Ullen Sentalu. Museum yang terletak di Jl. Boyong Kaliurang, Sleman, Yogyakarta ini menawarkan pengalaman “petualangan” melalui waktu ke Jawa kuno.

Museum ini selain memiliki cerita tentang sejarah, budaya dan beberapa koleksi. Museum Ullen Sentalu juga memiliki arsitektur yang artistik dan kuno, sehingga cocok juga untuk anda yang ingin mencari spot foto.

Pendidik akan menemani Anda saat menceritakan kisah terkait. Keteduhan yang indah juga memberikan kesan menenangkan bagi pengunjung.

Museum Ullen Sentalu menawarkan dua paket wisata utama, yaitu Adiluhung Mataram Tour dan Vorstenlanden Tour. Apa perbedaan antara kedua jenis sirkuit ini?

Adiluhung Mataram Tour sesuai dengan namanya, para pendidik akan mengenalkan anda pada budaya Mataram khususnya kaum bangsawan zaman Mataram.

Pendidik menceritakan kisah seperti ini dengan berbagai media yang menjadi koleksi Museum Ullen Sentalu. Media yang berkaitan dengan kehidupan Mataram di masa lalu, seperti lukisan, foto, puisi, dan batik.

Dalam wisata Adiluhung Mataram, Anda akan merasakan makna filosofis budaya Jawa yang penuh makna. Dua kawasan yang akan dikunjungi dalam wisata Adiluhung Mataram yaitu Guwa Sela Giri dan Kampung Kambang. Untuk mengikuti Wisata Adiluhung Mataram akan dikenakan biaya Rp 50.000.

Wisata Volstenlanden diambil dari kata Volstenlanden yang berarti negeri raja-raja, atau para pemukim Belanda di Jawa. Selama tur ini, para pendidik akan bercerita tentang pulau pada masa keemasan Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta melalui koleksi mahakarya dari Museum Ullen Sentalu.

Tidak hanya lukisan, ada koleksi lain seperti Kebaya, Batik dan Ornamen yang muncul dari perpaduan tiga budaya, Jawa, Belanda dan Cina.

Ada tiga kawasan wisata yang akan dikunjungi, Djagad Gallery, Esther Huis dan Sasana Sekar Bawana. Tur diakhiri dengan kopi dan sajian kue kering Belanda dari Beukenhof Bakkerij. Tur Volstenlanden dibanderol dengan harga Rp 100.000.

Kedua tur akan berlangsung kira-kira sama 45 menit. Bagi Anda yang mengunjungi kota Yogyakarta sebagai tujuan liburan, Museum Ullen Sentalu bisa menjadi pilihan tempat wisata di Yogyakarta untuk dikunjungi.

Video yang mungkin Anda sukai:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button