Tempat Wisata

Pulau Mandeh Pesisir Selatan – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

wisata, kegiatan liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Perjalanan – Pulau Mandeh merupakan salah satu destinasi wisata bahari terpopuler di pesisir selatan Sumatera Barat yang menawarkan pesona alam laut yang menakjubkan.

Biaya Tur: Mulai dari Rp25.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab.Pantai Selatan, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Pulau Mandeh, destinasi wisata di pesisir selatan Sumatera Barat. Tempat ini memiliki luas sekitar 18.000 hektar dengan 3 dusun dan 7 desa. Daerah ini merupakan perpaduan antara perbukitan yang indah dan teluk yang mempesona.

Tempat yang dijuluki Raja Ampat Sumatera ini juga memiliki banyak destinasi yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih tempat liburan. Pulau Mandeh tidak kalah dengan wisata di pulau dewata dan juga memiliki banyak tempat yang wajib dikunjungi.

Pulau Setan, Pulau Taraju, Pulau Marak, Kapo-Kapo, Sironjong dan Pulau Cubadak, banyak tempat wisata yang bisa Anda temukan di sini. Setiap lokasi memiliki keindahan yang unik, seperti Cubadak dengan kekayaan alam bawah lautnya dan Pulau Marak yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat kedua.

Tempat wisata pulau mandeh

Pemandangan Pulau MandehSumber gambar: Google Maps Eva Mery

1. Keajaiban dilihat dari puncak Mandeh

Destinasi ini cukup terkenal antara lain. Di Puncak Mandeh, Anda bisa melihat indahnya pemandangan Teluk Carocok Tarusan dari atas. Tempat ini juga akan menunjukkan kepada Anda betapa menakjubkannya daerah ini, yang dipenuhi perbukitan dan pantai.

Tak kalah dengan tempat wisata lainnya, pemandangan matahari terbenam juga sangat indah di sini. Langit jingga cocok dengan suasana sejuk yang akan Anda temukan di Puncak Mandeh.

2. Kunjungan ke Raja Ampat Sumatera

Paradise Island, itulah julukan lain dari pulau ini. Keindahan yang sangat menawan ini bisa memanjakan mata Anda sejenak. Di sini Anda bisa menikmati destinasi alam bawah laut yang sangat direkomendasikan oleh banyak wisatawan. Pulau Cubadak merupakan salah satu dari beberapa pulau di Sumatera yang masih asri dan segar jauh dari polusi.

Bisa dikatakan pepohonan di pulau Cubadak sangat banyak dan lebat, sehingga udara disini sejuk dan anda bisa bersantai saat berada disini. Pasir putihnya yang bersih dan airnya yang segar akan membuat Anda betah.

Salah satu keunikan di sini adalah penginapan di Pulau Cubadak menerapkan tema tradisional pada bangunan penginapannya. Tema ini pasti akan membangkitkan minat pengunjung untuk mencoba bagaimana rasanya tidur di bangunan tradisional seperti dulu.

Jangan lupa air terjun yang bergemuruh, juga terletak di Pulau Cubadak. Terletak di Sungai Gemuruh yang berjarak 15 menit dari hutan bakau, Anda harus menyusuri sungai dengan perahu. Anda dapat menikmati ketenangan yang memerintah saat melintasi jalur mangrove yang hijau.

Air terjun ini mengalir indah dari atas bukit. Anda dapat membilasnya jika Anda baru saja terciprat ke air di tempat tujuan sebelumnya. Wisata ini juga direkomendasikan karena airnya yang jernih dan keindahannya yang terjaga, cocok untuk Anda yang ingin sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota.

3. Pulau Iblis

Tempat wisata di pulau mandehSumber gambar: Google Maps Agus Budiono

Meski nama pulau ini seram, namun keindahan tempat ini jauh dari namanya. Nama asli pulau ini adalah Pulau Sultan, tetapi pengucapan yang salah dari orang-orang kuno membuatnya menjadi seperti sekarang ini.

Pulau Iblis terletak di sisi timur Pulau Pasumpahan dan di sisi barat Sungai Pisang. Anda bisa melakukan pelayaran laut dengan biaya 20.000 per orang dari kapal yang ditambatkan di Tempat Pelelangan Ikan Carocok Tarusan. Pulau ini terkenal tidak berpenghuni sehingga keindahan alamnya masih alami dan menyejukkan.

Pasirnya yang putih dan lembut serta airnya yang biru jernih sangat indah. Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi hutan di pulau ini.

4. Pulau Sironjong

Sironjong Gadang adalah sebuah pulau kecil dengan pemandangan yang indah. Salah satunya adalah sihir bawah air. Di pulau ini Anda bisa berenang, snorkeling dan masih banyak lagi. Populasi karang merah sangat besar di sini, jadi berhati-hatilah saat berenang, jangan sampai aktivitas Anda merusak terumbu karang di sini.

Selain pesona Pulau Sironjong Gadang, ada juga Sironjong Ketek yang bisa Anda capai hanya beberapa menit dari Sironjong Gadang. Sama seperti sebelumnya, di sini ada sebuah pulau dengan pasir putih yang indah dan pemandangan laut yang jernih.

Salah satu yang menarik di sini adalah Anda bisa melakukan lompat tebing di sini. Anda bisa melompat dari ketinggian 15 meter dan menceburkan diri ke laut. Perasaan adrenalin akan membuat Anda ketagihan untuk melompat dari atas tebing ini lagi dan lagi.

Alamat dan Rute Menuju Tempat Wisata di Pulau Mandeh

Alamat Pulau MandehSumber gambar: Google Maps Eva Mery

Pulau Mandeh sendiri adalah sebutan untuk pulau-pulau di pesisir selatan Sumatera Barat. Terletak di Koto XI Tarusan, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Anda bisa memilih menggunakan jalur laut atau darat untuk sampai ke sini.

Jika Anda memilih jalur darat dan memulai perjalanan dari pusat kota Padang, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai Mandeh yang berjarak 67,5 kilometer. Setelah itu, Anda tinggal naik perahu sewaan dari satu pulau ke pulau lainnya.

Sedangkan jika ingin menggunakan jalur laut, bisa langsung meluncur ke Pulau Mandeh dari Pelabuhan Teluk Bayur atau Pelabuhan Muaro Padang. Dengan lama perjalanan dan jarak yang kurang lebih sama dengan jalur darat, Anda bisa mencoba sensasi berbeda menggunakan dua jalur untuk menuju pulau tersebut.

Biaya Perjalanan ke Pulau Mandeh, Pantai Selatan

Biaya Perjalanan ke Pulau Mandeh, Pantai SelatanKredit Foto: Google Maps Marwan Ione

Bisa dibilang, biaya perjalanan ke Pulau Mandeh tidaklah murah karena Anda harus menyeberang dari satu pulau ke pulau lainnya untuk mengunjungi destinasi liburan di sana. Jika Anda bepergian sendiri dan tidak memiliki keterampilan bernegosiasi, biayanya menjadi lebih besar.

Sebagai permulaan, Anda yang memulai perjalanan dari bandara dapat menggunakan taksi atau bus Damri untuk mencapai Mandeh. Jika Anda menggunakan taksi Anda bisa langsung menuju lokasi dengan biaya sekitar 100.000 rupiah.

Namun jika ingin lebih berhemat dan menikmati perjalanan, Anda bisa menggunakan bus Damri dan hanya membayar 25.000 rupiah ke Kota Padang. Setelah itu, Anda perlu melanjutkan perjalanan ke Pasar Tarusan kemudian menggunakan becak bermotor menuju Pelabuhan Cacorok di Sumatera Barat.

Biaya yang akan Anda keluarkan jika melalui jalur darat kurang lebih hanya sekitar 100.000 rupiah saja. Selain itu, Anda bisa memilih jalur laut dan naik speedboat menuju Corocok Painan. Anda akan menghabiskan sekitar 300.000 rupiah untuk pergi sendiri.

Sesampai di sana, Anda juga harus menyeberang ke Pulau Mandeh dengan perahu lain, baik dengan mengikuti paket wisata, menyewa perahu, atau naik perahu yang lewat.

Jika memilih paket wisata, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 250.000 rupiah untuk makan siang dan snack. Sedangkan jika Anda menyewa perahu Anda akan membayar sewa 400-650k dengan catatan bahwa perahu dapat membawa Anda ke pulau wisata yang ingin Anda kunjungi sepanjang hari.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Mandeh

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau MandehKredit foto: Google Maps virata herma deliza

1. Berenang dan snorkeling di pantai

Pulau Mandeh merupakan tempat liburan yang sangat cocok untuk menikmati rehat sejenak dari kesibukan. Tempat ini menyembunyikan keindahan yang sangat menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat liburan di sini adalah berenang. Menikmati keindahan alam bawah laut adalah pilihan terbaik. Seperti keindahan Cubadak dan Pulau Saronjong, Anda bisa berenang dan mengagumi pemandangan bawah laut yang indah.

2. Memancing dan menikmati hasil tangkapannya

Seperti halnya mengunjungi Pulau Saronjong Ketek, Anda juga bisa memancing di beberapa pulau lainnya. Anda juga bisa menikmati sendiri hasil pancing Anda dengan cara membakarnya atau mengolahnya menjadi makanan lain.

Selain pemandangannya yang indah, kekayaan alam di sini masih sangat besar dan terjaga kelestariannya, mengingat belum terlalu banyak wisatawan yang datang ke Pulau Mandeh.

3. Berkemah di alam liar

Seperti yang Anda ketahui, banyak pulau di sini tidak berpenghuni dan hanya sedikit dijamah manusia. Hal ini membuat kondisi alam yang masih sangat asri dan asri, sangat cocok bagi anda yang suka mencari ketenangan saat berkemah di dekat tempat wisata.

Namun, Anda harus berhati-hati karena mungkin ada hewan liar di pulau tempat Anda berkemah. Bawalah kit kesehatan mini dan tetap waspada untuk mencegah hal yang tidak biasa terjadi.

Akomodasi murah dekat Pulau Mandeh

Akomodasi murah dekat Pulau MandehKredit Foto: Google Maps Marwan Ione

1. Hana Hotel Syariah

Berlokasi di Jalan Ilyas Yakub No. 25 Painan, Pantai Selatan, gedung ini berdiri. Di penginapan ini, Anda akan mendapatkan kamar ber-AC, restoran tempat makan, kolam renang yang nyaman, dan Wi-Fi gratis. Bagi Anda yang mencari tempat menginap yang asik, Anda bisa mencoba bermalam di sini karena lokasinya yang dekat dengan perbukitan.

2. Hotel Pantai Cavery

Anda bisa memilih penginapan ini jika ingin mencoba suasana yang agak tradisional. Dengan fasilitas kamar ber-AC, TV, dan Wi-Fi gratis, tempat ini cocok untuk Anda mengistirahatkan tubuh setelah perjalanan liburan.

Struktur bangunan yang menghadap langsung ke laut membuat penginapan ini memiliki pemandangan yang indah dan menenangkan. Penginapan ini terletak di Jalan Padang – Painan Km 21, Pantai Bungus, Teluk Kabung, Padang.

3. Hotel Gisella

Penginapan ini terletak di Jalan Raya Padang Painan, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan. Dengan kamar ber-AC, WiFi, restoran terdekat dan menu sarapan setiap pagi, Anda bisa memilih tempat ini sebagai tempat istirahat Anda.

Fasilitas Wisata di Pulau Mandeh

Fasilitas Pulau MandehSumber gambar: Google Maps Arif Krepo

Setiap pulau memiliki fasilitas tersendiri untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Fasilitas utama seperti perahu untuk penyeberangan, akomodasi dan restoran tersedia di sebagian besar pulau.

Untuk ukuran sebuah destinasi wisata, fasilitas di sini sangat memadai. Beberapa hal seperti persewaan alat snorkeling sudah ada, meski tidak tersedia di semua pulau. Karena destinasi ini belum terlalu ramai, masih ada peluang bagi pengelola untuk mengembangkan fasilitas di sini.

Pulau Mandeh yang terletak di pesisir selatan Sumatera Barat ini memiliki banyak keindahan dan keajaiban yang beberapa di antaranya belum banyak diketahui. Masih banyak iklan yang dibutuhkan di sini untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button