Tempat Wisata

Tiara Water Park, wisata air populer dengan berbagai wahana menarik di Gorontalo

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 08.00-23.00 WITA, Alamat: Dulomo Selatan, Kec. Kota Utara, Kota Gorontalo, Gorontalo; map: Cek lokasi

Tiara Water Park merupakan salah satu destinasi wisata air di Gorontalo yang biasa digunakan untuk berenang dan bermain. Destinasi wisata ini sudah lama dibangun, sejak Desember 2012, dan kini semakin diminati masyarakat. Sejak dibangun, objek wisata ini banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah.

Destinasi ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga besar karena terdapat banyak wahana bermain yang menarik. Anak-anak akan senang jika diajak ke kolam ini karena bisa bermain perosotan, menaiki patung kuda atau hewan lainnya. Ada juga rumah mini dengan desain yang lucu untuk berfoto agar anak-anak merasa senang di hari libur.

Kepopuleran destinasi ini dibuktikan dengan ratusan tiket yang kerap habis setiap harinya. Bahkan, lebih dari 200 tiket terjual di akhir pekan. Pemerintah setempat semakin mempercantik destinasi wisata ini, sehingga semakin banyak wisatawan yang mengunjunginya. Beberapa keunggulan kolam renang modern dan bersih dijelaskan secara rinci di bawah ini.

Atraksi Tiara Water Park

Atraksi Tiara Water Park GorontaloKredit foto: Google Maps Khasanah Run

1. Kolam renang yang terawat dengan baik dan bersih

Tiara Water Park memiliki kolam renang dengan air yang bersih, sehingga Anda akan merasa nyaman saat berenang di sana. Kesegaran air kolam tentunya akan menghilangkan penat saat berwisata ke tempat wisata. Bahkan, ada berbagai lingkaran dengan bentuk menarik yang bisa Anda sewa sambil berenang.

Keindahan kolam renang juga menjadikan destinasi ini sebagai tempat liburan populer bagi anak-anak. Setiap minggu rombongan anak sekolah sering dikunjungi untuk mengikuti kegiatan renang. Tak sedikit pula orang tua yang mengajak anaknya berenang di kolam ini dan bersenang-senang bermain air bersama.

Kolam ini terkenal dengan airnya yang bersih sehingga nyaman digunakan pengunjung. Air kolam yang jernih langsung membuat Anda ingin menikmatinya saat pertama kali berkunjung. Kolam renang ini memiliki pengamanan yang cukup ketat, sehingga Anda dan keluarga tidak akan mengambil resiko apapun saat berenang.

2. Ada kolam khusus buaya dan ikan

Uniknya, wisata ini tidak hanya untuk berenang atau menikmati wahana saja. Di dalamnya ada peternakan buaya. Namun, jumlah buaya di kawasan wisata ini tidak begitu banyak. Anda bisa menyaksikan aktivitas buaya di kolam khusus yang tersedia di sana.

Sebagian besar wisatawan ingin melihat aktivitas buaya atau mengambil foto dari jauh. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga suka mengantri untuk melihat buaya.

Selain buaya, Anda bisa melihat ikan hidup di kolam ikan. Berbagai ikan cantik sengaja dipelihara di kolam tertentu untuk mempercantik lingkungan sekitar kolam. Anda bahkan dapat melihat lebih dari seratus ikan hidup di kolam. Anak-anak merasa senang berjalan-jalan dan melihat ikan berwarna-warni.

3. Wahana yang menarik

Objek Wisata yang dimiliki Tiara Water Park GorontaloKredit foto: Google Maps Rudi Bagong

Tiara Water Park memiliki satu daya tarik utama yaitu adanya berbagai taman bermain anak yang sangat menarik. Pertama, sambil berenang, anak-anak bisa bersenang-senang bermain perosotan di kolam renang. Kolam renangnya dangkal, sehingga aman untuk digunakan anak-anak.

Ada juga patung singa putih seperti Singapore State Icon yang menyemburkan air. Sebuah ember besar dari mana air tiba-tiba tumpah menciptakan suasana liburan yang menyenangkan. Selain itu, kolam ini menghadirkan perosotan mini berbentuk bangunan lucu di tengahnya.

Selain berenang, Anda juga bisa berfoto dengan berbagai jenis patung di sekitar kolam. Ada beberapa patung hewan yang sering ditunggangi anak-anak dan terlihat seperti aslinya. Ada juga patung orang yang sedang membajak sawah. Bahkan paviliun tertentu memiliki patung anak muda yang sedang mengendarai sepeda motor.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tiara Water Park Gorontalo AlamatSumber Gambar: Google Maps Andri Herdiana

Tiara Water Park terletak di kawasan Dulomo Selatan, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo. Situs ini merupakan bagian dari kota dan provinsi Gorontalo di Sulawesi. Tentunya jika Anda datang dari luar pulau, Anda harus melalui perjalanan yang cukup panjang dengan menggunakan pesawat.

Bagi Anda yang datang dari luar kota, Anda perlu naik pesawat yang mendarat di Bandara Jalaluddin Gorontalo. Perjalanan ke tempat wisata memakan waktu sekitar satu jam pada jarak 35 kilometer dengan mobil. Sedangkan jika menggunakan sepeda motor hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Meski jauh, Anda bisa berwisata dengan rute yang cukup mudah untuk mengunjungi destinasi wisata. Dari bandara, ambil Jalan Trans Sulawesi menuju bundaran. Dengan mobil, belok kiri sekitar 400 meter kemudian belok kanan untuk sampai ke Jalan Huduio.

Lanjutkan perjalanan dengan belok kiri menggunakan mobil kembali ke Jalan Irrigasi dan Jalan Rusli Datau I. Dari situ, Anda tinggal bertanya kepada warga sekitar dimana lokasi wisata waterpark ini berada di dekatnya. Akan lebih baik jika Anda mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut dengan kendaraan pribadi atau taksi untuk langsung menuju tempat-tempat wisata tersebut.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Tiara Water Park GorontaloKredit foto: Google Maps kaki panjang

Untuk memasuki Tiara Water Park, diperlukan tiket dengan biaya sekitar 20.000 rupiah untuk setiap pengunjung. Namun, jika berkunjung pada malam hari, harga tiketnya diturunkan setengahnya menjadi 10.000 rupiah. Tiket berlaku untuk pengunjung berusia satu tahun ke atas. Jika anak Anda berusia di bawah satu tahun, mereka dapat menggunakan situs ini secara gratis.

Kawasan wisata ini buka mulai pukul 08.00 dengan air yang segar dan sangat segar. Anda dapat menikmati kolam renang sepanjang hari hingga pukul 11 ​​malam. Anda akan merasa nyaman dalam perjalanan Anda karena Anda hanya membayar tiket masuk tanpa biaya tambahan.

Aktivitas menarik di Tiara Water Park

Aktivitas Tiara Water Park GorontaloSumber gambar: Google Maps Herwindo Ismail

1. Berenang di waterboom

Jika Anda mengunjungi Tiara Water Park, Anda tidak boleh melewatkan aktivitas berenang yang menyenangkan. Karena kawasan wisata tersebut didominasi oleh waterpark atau kolam renang yang menarik bagi pengunjung. Ada fasilitas penunjang seperti persewaan ban atau pelampung.

Kolam ini bahkan dipenuhi dengan banyak perosotan, pekebun, air mancur singa putih yang terkenal, dan patung-patung binatang lainnya. Tidak hanya berenang, Anda juga bisa berfoto dengan koleksi patung-patung yang ada di kolam renang. Desain kolam renang juga membuat anak-anak senang dan nyaman saat berlibur di sana.

2. Berfoto dengan patung hewan dan manusia

Selain selfie di sekitar kolam, Anda juga bisa berfoto dengan patung-patung lain di dekat gazebo. Beberapa patung unik dihadirkan di kolam ini untuk membangkitkan minat wisatawan. Desain patung terlihat sangat keren dengan bentuk yang jelas seperti manusia asli.

Ada patung orang membajak sawah dengan kerbau, kuda, banteng, dan jerapah. Patung hewan ini biasanya ditunggangi oleh anak-anak yang berkunjung untuk berfoto. Bahkan, patung kuda coklat putih yang terdapat pada wisata ini memiliki desain terbaik karena lengkap dengan gerbongnya.

3. Menyaksikan aktivitas buaya dan ikan

Aktivitas Seru Tiara Water Park GorontaloKredit foto: Google Maps Galuh Paramita

Kawasan wisata ini menyajikan beberapa jenis ikan yang bisa Anda lihat selama liburan. Kegiatan ini terlihat membosankan namun dapat menenangkan pikiran. Melihat gerombolan ikan-ikan cantik berenang di sana-sini di kolam yang segar sangat memanjakan mata dan pikiran.

4. Bermain dengan merpati

Kegiatan lain yang dilakukan di Tiara Water Park adalah berburu merpati. Ada puluhan merpati yang terbang indah saat Anda mendekatinya. Dengan foto yang tepat, momen seperti itu menjadi lebih indah.

5. Berkeliling dengan ATV yang unik

Anda bisa mengelilingi seluruh kawasan wisata menggunakan ATV dengan desain unik khas kolam renang Tiara Water Park. Namun, mini-ATV hanya untuk anak-anak. Sebuah ATV hanya dapat menampung dua anak dan harus diawasi langsung oleh orang tua saat digunakan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Tiara Water Park GorontaloSumber gambar: Google Maps Rudi Bagong

Tiara Water Park Gorontalo memiliki fasilitas yang lengkap dengan beberapa toilet umum di kawasan wisata. Tempat parkir yang tersedia juga sangat luas, sehingga mampu menampung puluhan kendaraan pengunjungnya.

Ada juga beberapa paviliun dengan suasana yang menyenangkan yang akan membuat Anda betah berlibur di tepi kolam renang. Anda bisa berkumpul bersama keluarga untuk berfoto di paviliun. Anda tidak perlu menyiapkan bekal makanan apapun saat mengunjungi kolam ini karena terdapat beberapa kafe yang menawarkan berbagai macam makanan ringan dan minuman.

Fasilitas lainnya berupa beberapa wahana bermain anak dengan desain yang lucu dan menggemaskan. Anak-anak bisa berenang dan bermain di wahana dari subuh hingga petang. Hal ini tentunya membuat anak-anak senang saat berwisata ke waterpark ini.

Itulah beberapa informasi dari tempat wisata yang bernama Tiara Water Park Gorontalo yang sangat populer di kalangan wisatawan. Selama kunjungan Anda, Anda dapat menikmati berbagai jenis atraksi air yang menarik. Keseruannya membuat liburan Anda menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button