Berita Wisata

PT Pegadaian Probolinggo Area Tanam 1.500 Mangrove di Pantai Permata Pilang – PETISI.CO

PROBOLINGGO, PETISI.CO – PT Pegadaian Area Probolinggo melakukan penanaman 1.500 pohon bakau di Pantai Permata Pilang, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (30/10/2022).

Kegiatan penanaman mangrove kali ini bekerjasama dengan masyarakat lingkungan Kota Probolinggo yang diketuai oleh Bank Sampah Kenari Indah, RT 03 RW 01, Desa Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo.

Sebanyak 150 orang mengikuti kegiatan ini. Terdiri dari perwakilan PT Pegadaian Area Probolinggo, pimpinan OPD Pemkot Probolinggo, masyarakat lingkungan, serta sejumlah mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Asisten Bisnis PT Pegadaian Area Probolinggo, Sutrisno, mengatakan kegiatan tersebut dirancang sebagai aksi mitigasi bencana dan perubahan iklim dalam rangka memperingati Hari Habitat Sedunia pada Oktober 2022.

“Ini membuktikan bahwa PT Pegadaian berperan dan berpartisipasi dalam pelestarian ekosistem laut Kota Probolinggo,” ujarnya.

Sutrisno menambahkan, kegiatan ini juga merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) perusahaan di bidang pengembangan sosial dan kemasyarakatan. Pegadaian telah menyalurkan sejumlah dana dalam pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) melalui aksi penanaman mangrove ini.

“Kegiatan bina sosial dan kemasyarakatan ini sesuai dengan apa yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Negara BUMN No. PER-08/MBU/2013, terakhir diubah dengan No. PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara,” jelasnya.

Selain penanaman mangrove, PT Pegadaian sebelumnya juga telah bekerja sama dengan Bank Sampah Kenari Indah dalam program Tabungan Pilah Sampah Emas.

Ketua Bank Sampah Kenari Indah Syaifudin Zuhri mengatakan, banyak anggotanya yang gencar menabung sampah untuk ditukarkan dengan emas di Pegadaian.

“Sampah dipilah, dijual ke Bank Sampah Kenari Indah dan hasil penjualan sampah disimpan dalam bentuk tabungan emas Pegadaian. Buku tabungan ini sama dengan buku tabungan pada umumnya, namun yang membedakan adalah saldonya dalam gram emas,” jelas Syaifudin Zuhri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo Rahmadeta Antariksa memuji kegiatan pelestarian lingkungan ini. “Kami menghimbau kepada seluruh warga Kota Probolinggo untuk turut serta dalam pemeliharaan fasilitas umum, pabrik, tong sampah dan lingkungan,” ujarnya. (guh)

Kunjungi: 31

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button