Tempat Wisata

Pantai Tanjung Setia, pantai yang indah untuk menikmati sunset dan sunrise di Lampung

harga tiket: Rp 8.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL. Lintas Sumatera Barat, Jambu Way, Kec. Pantai Selatan, Kab.Pantai Selatan, Lampung; map: Cek lokasi

Destinasi Pantai Tanjung Setia sangat populer di mata masyarakat khususnya para peselancar. Tempat ini dikenal sebagai tempat selancar terbaik dan berstandar internasional. Tak terhitung banyaknya turis dari seluruh dunia yang telah berlibur di pantai selatan ini. Hal ini dikarenakan tempat tersebut masih alami dan jarang ditemukan di tempat lain.

Ada banyak pemandangan alam di sini yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Anda akan melihat ombak yang panjangnya sekitar 200 meter, mampu menyejukkan mata. Saat air laut sedang tinggi Anda bisa melihat tebing-tebing karang hitam yang mengelilingi pantai. Oleh karena itu, bagi Anda yang berjalan-jalan di area tersebut pada siang hari diharapkan menggunakan sepatu.

Pada tahun 2018, situs ini juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kejuaraan selancar internasional yang diikuti oleh 17 negara. Dikatakan bahwa Pantai Tanjung Setia dikunjungi oleh sedikit orang karena kurangnya fasilitas. Namun seiring berjalannya waktu, pengelola jadi mendekorasinya, menambahkan berbagai bangunan untuk menarik pengunjung.

Atraksi Pantai Tanjung Setia

Tempat Wisata Pantai Tanjung SetiaKredit foto: Google Maps Hanif Asyhar

Meskipun Pantai Tanjung Setia tidak seramai pantai lainnya pada hari biasa, wisata ini memiliki banyak keunikan. Para tamu yang datang akan dibuat takjub setelah melihat atraksi di dalamnya.

1. Di mana Anda dapat menikmati matahari terbit dan terbenam

Panorama alam di sekitarnya menjadikan destinasi ini sebagai tempat di mana Anda bisa melihat matahari terbit dan terbenam. Saat pagi menjelang, wisatawan bisa menyaksikan matahari terbit di ufuk timur, perlahan menyinari bibir pantai. Udara pada jam-jam tersebut masih terasa segar dan baik untuk kesehatan Anda. Anda bisa menikmatinya dengan duduk di gazebo atau tepat di atas pasir pantai.

Sementara itu, sunset menanti para pelancong di sore hari menjelang malam hari. Langit oranye sering ditangkap dalam potret kamera. Nuansa alam inilah yang membuat wisatawan rindu berwisata saat pulang kampung.

2. Punya banyak spot foto

Berlibur di pantai Tanjung Setia akan membawa kenikmatan tersendiri, karena banyak spot foto menarik di kawasan tersebut. Mulai dari pohon palem, air laut yang jernih dan paviliun bisa dijadikan sebagai background estetis. Cukup banyak traveler yang memotret pemandangan alam ini secara utuh. Mengabadikan momen ini tidak boleh dilewatkan saat berkunjung.

3. Dilengkapi dengan berbagai panorama alam

Wisata ini memiliki banyak keindahan alam yang mempesona. Muncul dari air laut yang biru jernih itulah yang pertama kali Anda lihat saat memasuki tempat tersebut. Suara deburan ombak menenangkan pikiran. Pohon-pohon palem tampak mengelilinginya dan bisa digunakan untuk beristirahat.

Pasir putihnya yang halus juga melengkapi panorama alam destinasi yang warnanya senada dengan air laut. Di pintu depan, wisatawan akan melihat gapura dengan nama pantai, menyerupai bentuk perahu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Tanjung SetiaKredit foto: Google Maps Egi Ramdhani

Tempat wisata Pantai Tanjung Setia terletak di kawasan Jl. Lintas Sumatera Barat, Jambu Way, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Jalan masuk mudah dilalui dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum, karena aspalnya sudah mulus. Jika Anda berangkat dari Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, perjalanan memakan waktu 30 menit.

Pengunjung juga bisa naik bus dari Terminal Rajabasa untuk sampai ke kota Bandar Lampung dalam waktu sekitar 5 jam. Biasanya biaya bus Rp 50.000 per orang. Setibanya di pusat kota, ada angkutan atau ojek yang mengantar wisatawan ke kawasan pantai. Namun jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa melakukan perjalanan wisata dengan budget Rp100.000 per orang.

Selama perjalanan, wisatawan melewati Jl. Trans Lintas Barat kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Tanggamus. Rute ini termasuk jalur cepat karena jika Anda berkendara melalui kota Liwa, akan memakan waktu lebih lama lagi untuk sampai, sekitar 7 jam. Meski lokasinya cukup terpencil, banyak orang yang ingin menghabiskan liburan di pantai datang setiap hari dengan mengundang kerabat.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Pantai Tanjung SetiaSumber Gambar: Google Maps Mufazzal Arkan Defa

Sebelum pengunjung memasuki Pantai Tanjung Setia, mereka harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket yang ditawarkan sangat murah, hanya Rp 8.000 per orang, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Harga ini berlaku untuk hari kerja serta Sabtu dan Minggu. Namun terkadang harga bisa berubah saat hari libur besar, untuk memastikannya mohon konfirmasi terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, terutama bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi dapat diparkir di tempat parkir. Ada biaya tiket Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Semua biaya ini sangat ramah kantong dan cocok sebagai destinasi keluarga.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Tanjung Setia

Aktivitas di Pantai Tanjung SetiaKredit foto: Google Maps Hanif Asyhar

1. Berselancar

Pantai ini terkenal dengan aktivitas ombaknya yang ideal untuk berselancar. Pasalnya, ombak pantai bisa mencapai ketinggian 6 hingga 7 meter. Ada 3 spot terbaik untuk surfing yaitu Way Guave, Jimmy dan Coral Nimbor. Cuaca relatif stabil, sebagian besar antara bulan Mei hingga September.

2. Menangkap ikan

Aktivitas lain yang banyak dilakukan saat mengunjungi Pantai Tanjung Setia adalah memancing. Pengunjung akan menemukan banyak pohon palem yang sering digunakan untuk memancing. Salah satu spesies ikan yang terkenal di sana adalah Blue Marine. Disarankan untuk membawa alat pancing sendiri dari rumah karena tidak ada persewaan di kawasan wisata.

3. Berkemah

Berkemah atau camping merupakan kegiatan yang menyenangkan saat berlibur di pantai. Wisatawan dapat membawa tenda, kasur, dan lampu sendiri. Pada hari Sabtu Anda dapat melihat tua dan muda mendirikan tenda di pantai. Pada malam hari ada juga yang menyalakan api unggun, menambah hangat suasana kawasan pantai.

Kegiatan rekreasi di pantai Tanjung SetiaKredit foto: Google Maps Anggi Yuhista

4. Bermain voli pantai

Bola voli adalah salah satu hal yang paling seru untuk dimainkan di Tanjung Setia. Pasir putihnya yang halus bisa dijadikan sebagai lapangan permainan ini. Pemain berlomba memukul bola dengan tangan untuk masuk ke area lawan. Kegiatan ini cocok dilakukan pada siang atau malam hari untuk bersantai.

5. Berjemur

Dalam cuaca cerah, sinar matahari tidak digunakan terlalu banyak untuk berjemur. Ini sangat baik untuk kesehatan kulit karena menjaga vitamin D. Pengunjung bisa melakukannya di area pasir atau di kursi pantai. Anda akan merasakan hangatnya sinar matahari yang diselingi dengan suasana yang sejuk.

6. Snorkeling

Keindahan bawah laut yang mempesona membuat Anda ingin melihat lebih dekat. Sebelum snorkeling, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu perlengkapan seperti jaket pelampung, baju renang dan penutup wajah. Biota laut akan tampil dengan warna-warni indah menghiasi area bawah pantai. Wisatawan bisa melakukannya pada siang hari karena keindahannya akan terlihat jelas.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi Pantai Tanjung SetiaKredit foto: Google Maps Sumatra Surf Resort

1. Resor Selancar Sumatera

Resor ini memiliki pemandangan yang indah karena menghadap langsung ke laut. Desain atapnya berbentuk mirip dengan rumah tradisional Sumatera, dilengkapi dengan tangga sebelum menuju pintu kamar tidur. Terdapat teras dan kursi yang tertata rapi sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sambil duduk santai. Fasilitas kolam renang juga tersedia di luar yang dikelilingi oleh pohon kelapa.

2. Hotel Tantra Krui

Salah satu hotel yang paling dekat dengan Pantai Tanjung Setia adalah Tantra dengan pelayanan yang baik. Interiornya dilengkapi dengan AC, TV kabel, taman, restoran, dan kamar mandi pribadi. Properti ini memiliki meja depan 24 jam dan sarapan prasmanan tersedia setiap pagi. Harganya bervariasi mulai dari Rp 105.000 saja dengan pilihan kamar.

3. Lovina Krui Surf

Lovina Inn cukup unik karena bangunannya terlihat seperti segitiga. Staf sangat ramah dalam hal menyapa dan melayani tamu. Fasilitas seperti WiFi gratis, parkir gratis, dan layanan binatu tersedia di sini. Pengunjung dari bandara dapat menyewa layanan antar-jemput yang disediakan oleh Lovina.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Tanjung SetiaSumber gambar: Twitter detikTravel

Tergolong sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi, Pantai Tanjung Setia memiliki fasilitas yang lengkap. Ada banyak tempat untuk bersantai berupa kursi plastik dan gazebo kayu. Wisatawan bisa menggunakannya secara gratis, ditemani suara deburan ombak dan semilir angin. Di setiap sudut area juga terdapat toilet umum bagi yang ingin mandi.

Tak hanya itu, untuk menjaga kebersihan di kawasan tersebut, petugas menyediakan tempat sampah di sepanjang pantai. Agar tamu yang datang tidak mengotori tempat tersebut, terdapat tulisan “Jangan dibuang”. Ada juga warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga mulai dari Rp 10.000. Jadi jika Anda sedang berlibur, Anda tidak perlu takut kelaparan.

Pengunjung yang ingin beribadah bisa naik ke stan pedagang. Hal ini dikarenakan masjid atau tempat ibadah lainnya tidak dibangun oleh pengelola setempat. Tidak jauh dari pintu masuk, para pelancong yang datang dengan kendaraan pribadi dapat meninggalkannya di tempat parkir yang cukup luas.

Demikian sekilas mengenai destinasi Pantai Tanjung Setia, mulai dari daya tariknya hingga fasilitas pendukungnya. Jika kamu ke sini, jangan lupa ajak keluarga atau kerabat terdekatmu agar liburan semakin seru. Siapkan tenaga, anggaran yang cukup dan beberapa barang yang digunakan dalam kegiatan pantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button