Berita Wisata

Kisah Kebun Raya Bogor, Gagasan Thomas Stamford Raffles

SEMANGAT MANUSIA – Kebun Raya Bogor adalah rumah bagi berbagai macam tanaman hidup. Kebun raya memiliki sekitar 15.000 spesies pohon dan tanaman. Seperti namanya, Kebun Raya Bogor terletak di kota Bogor di Jawa Barat.

Tempat yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya ini merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara dan menjadi cikal bakal berkembangnya penelitian life science di Indonesia.

Kebun Raya Bogor berfungsi sebagai tempat konservasi tumbuhan hidup dengan upaya restorasi berbagai jenis tumbuhan langka.

Selain sebagai tempat konservasi, Kebun Raya Bogor juga dijadikan sebagai objek wisata alam khas di kota Bogor. Ada berbagai taman yang bisa dikunjungi untuk wisata alam.

Salah satunya adalah taman Meksiko yang menyatukan berbagai spesies kaktus yang berjumlah lebih dari 100 spesies seperti agave, yucca, kaktus dan berbagai sukulen. Atau Tanaman Obat yang mengoleksi berbagai jenis tanaman obat.

Pengunjung bisa belajar berkebun atau merawat tanaman.

Baca Juga: Asal Mula Stand Up Comedy, Dunia Menyebar ke Indonesia

Asal Usul Kebun Raya Bogor

Berdasarkan surat dari ahli biologi Abner kepada Gubernur Jenderal GAG Ph. van der Capellen, Kebun Raya Bogor didirikan pada tanggal 18 Mei 1817. Saat pertama kali didirikan, taman itu bernama Lands Plantentuin te Buitenzorg, yang artinya Kebun Raya Buitenzorg (Bogor). Negara.

Pendirian Kebun Raya Bogor dipimpin oleh seorang ahli biologi Jerman, Reinwardt, dengan bantuan James Hooper dan W. Kent yang mengelola Kebun Raya Kew di Richmond, Inggris.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button