Tempat Wisata

Air Terjun Bantimurung Maros – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp30.000; map: Cek lokasi
Alamat: Kalabirang, Kec. Bantimung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

Saat berwisata ke Sulawesi Selatan, Anda tidak perlu merasa bingung untuk menentukan tempat wisata mana yang akan dijelajahi. Wisatawan bisa mengunjungi Air Terjun Bantimurung di Maros. Kata “indah” merupakan kata yang paling tepat untuk menggambarkan indahnya pemandangan yang disajikan. Wisatawan tidak akan mendapatkan sepetak pemandangan biasa saat berkunjung ke sini.

Air terjun yang terletak di Maros ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah tetapi juga backstory yang sangat menarik untuk dibaca. Konon air terjun ini ditemukan oleh seorang penguasa dari Kerajaan Simbang bernama Karaeng Simbang. Cerita awalnya datang dari pihak berwenang yang berencana untuk meningkatkan lokasi kerajaan ini dengan membangun jalan.

Jalan yang diusulkan ini mengambil lahan dari hutan. Saat para pekerja menjalankan tugasnya, ada suara gemuruh yang terdengar sedikit menakutkan ketika didengar. Kemudian seseorang dikirim untuk memeriksa situasi dan mendapatkan air terjun. Hingga akhirnya penguasa raja menamakannya Benti Merrung yang artinya air yang gemuruh dan kemudian nama air terjun Bantimurung.

Atraksi Air Terjun Bantimurung

Objek Wisata Air Terjun BantimurungKredit foto: Google Maps Ruth Tarigan

Ternyata air terjun ini tidak hanya merepresentasikan keindahan panorama yang akan memikat setiap orang yang melihatnya, tetapi juga memiliki asal mula ditemukannya namanya. Lengkapi semua hal yang ada di air terjun ini. Namun bukan itu saja, air terjun di Maros ini juga memiliki beragam atraksi lain yang akan membuat Anda semakin tertarik untuk datang ke sini.

1. Gua Mimpi dan Gua Batu

Air Terjun Bantimurung dengan pemandangan indah ini memiliki destinasi tambahan yang bisa dijadikan objek wisata lain selain air terjun. Tempatnya di sebelah kiri air terjun, terdapat beberapa goa yang terlihat sangat megah dari kejauhan. Sepasang gua ini bernama Dream Cave dan Batu Caves, yang terletak di dekat air terjun dengan pemandangan yang tidak kalah indahnya.

Gua pertama adalah Gua Impian yang memiliki kedalaman 1500 meter. Gua mimpi ini memiliki rute dimana rute tersebut mengarah ke sumber air terjun yang terletak di atas pegunungan. Gua kedua adalah Gua Batu, yang berisi makam. Stalaktit yang tampak indah mudah ditemukan di Batu Caves, dengan bantuan senter tentunya.

2. Habitat berbagai spesies kupu-kupu

Air terjun ini juga terkenal dengan lokasinya yang dijadikan sebagai habitat berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan air terjun ini disebut Kingdom oh Butterfly karena banyaknya kupu-kupu yang menghuni tempat ini. Kupu-kupu yang hidup di sini juga bukan sembarang kupu-kupu, melainkan spesies kupu-kupu langka dengan pola sayap yang jarang dilihat wisatawan.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kupu-kupu di tempat wisata ini dapat ditemukan sepenuhnya di museum yang terletak tidak terlalu jauh dari pusat air terjun. Beginilah cara wisatawan berkenalan dengan kupu-kupu, terutama yang ada di air terjun ini. Museum yang berhubungan dengan kupu-kupu ini bisa menjadi wisata edukasi karena daya tarik wisata utamanya adalah air terjun.

3. Pesona keindahan air terjun

Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini memiliki aliran air yang jernih dengan arus yang cukup kuat. Namun, jangan hanya membayangkan derasnya air, karena air terjun ini bisa digunakan sebagai lubang berenang. Hal ini dikarenakan adanya tebing-tebing kapur yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat untuk mandi.

Batugamping yang terdapat di bawah Bantimurung cukup tua, yakni sekitar ratusan tahun. Batuan kapur yang keras ditutupi oleh lapisan mineral yang diciptakan oleh aliran air yang panjang. Selain itu, karena lokasinya yang dikelilingi pepohonan hijau, air terjun ini memiliki kandungan udara yang cukup bersih. Sehingga akan tercipta suasana yang sejuk.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun BantimurungSumber gambar: Google Maps Surya Utama

Air terjun dengan sejuta atraksi ini tentunya menjadi tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan. Hingga tak jarang banyak wisatawan dari luar daerah memilih berlibur ke sini. Sangat penting untuk mengetahui lokasi yang tepat dari tujuan sebelum mengunjunginya. Seperti air terjun yang terletak di Maros, tepatnya di Kabupaten Bantimurung, Sulawesi Selatan.

Wisatawan dapat menempuh perjalanan dari pusat Kota Makassar selama 1 jam dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan jarak 140 km. Atau mungkin ada wisatawan yang lebih dekat, bisa memulai perjalanan dari Bandara Hasanuddin Kabupaten Maros dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit saja sampai di tujuan Destinasi Wisata Air Terjun.

Wisatawan bisa lepas landas dari Bandara Hasanuddin untuk sampai di Jalan. Kemudian belok kiri menuju Jalan Poros Bandara Baru sampai Anda melihat bundaran dan terus ke Jalan Poros Bantimurung. Langsung ke Jalan Jend. Sudirman belok kanan ke Jalan Andi Pangerang dan bertemu bundaran lalu menuju Jalan Ahmad Yani. Setelah itu, belok kanan dan lurus hingga sampai di tujuan.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Air Terjun BantimurungKredit foto: Google Maps Andi Agus Salim

Keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh Air Terjun Bantimurung bisa membuat siapa saja rela datang dari jauh hanya untuk merasakan fakta-fakta tentang kelezatan alamnya. Dimulai dengan habitat berbagai jenis kupu-kupu langka dan diakhiri dengan hadirnya tempat wisata tambahan berupa dua buah goa, sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi bagi Anda yang suka berwisata ke berbagai daerah.

Wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun ini dapat memesan dana mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000 sebagai biaya perjalanan dari Bandara Hasanuddin ke tempat tujuan. Biaya perjalanan ini menggunakan kendaraan roda empat berupa taksi, wisatawan cukup memilih taksi offline atau taksi online yang bisa dipesan di Bandara Hasanuddin.

Aktivitas seru di air terjun

Aktivitas seru di Air Terjun BantimurungKredit Foto: Google Maps Kustoro Mengapa

1. Jelajahi kedalaman Gua Mimpi dan Gua Batu

Letak mulut goa yang tidak terlalu jauh dari pusat air terjun membuat objek wisata goa ini tidak kalah populernya dengan objek wisata utama. Wisatawan tentunya dapat menjelajahi kedalaman gua dengan ditemani oleh pemandu yang akan memandu wisatawan dan memberikan peringatan tentang segala sesuatu yang ada di gua ini. Jangan berisik di Batu Caves, karena di sini ada makam.

Gua Batu yang terletak 800 meter dari air terjun ini hanya bisa dicapai oleh wisatawan dengan berjalan kaki. Wisatawan akan disambut dengan pintu masuk gua yang terbuat dari batu-batu besar, lengkap dengan kelelawar yang merespon dari dalam gua. Selain Batu Caves, wisatawan juga bisa mengunjungi Dream Cave yang tak kalah indahnya dengan Batu Caves. Stalaktit dan stalagmit dapat dengan mudah ditemukan oleh wisatawan.

2. Melihat keindahan kupu-kupu sekaligus memperkaya pengetahuan

Wisatawan tidak hanya menikmati kupu-kupu dari air terjun tetapi juga dari museum. Wisatawan dapat mengunjungi museum yang terletak tidak jauh dari air terjun, dan mendapatkan berbagai hal yang berhubungan dengan kupu-kupu di sini. Jadi, jika wisatawan memutuskan untuk menghabiskan waktu liburannya di air terjun ini, mereka tidak hanya akan mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan, tetapi juga memperkaya pengetahuan mereka.

3. Rasakan segarnya aliran air terjun

Tetesan air kubik dari ketinggian 15 meter menantang semua orang untuk merasakan kesegaran airnya. Karena letaknya yang dilengkapi dengan pondasi batu kapur, air terjun ini cocok dijadikan sebagai area pemandian. Jadi, wisatawan bisa merasakan kesegaran air saat mandi di sini.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Bantimurung

Fasilitas Air Terjun BantimurungKredit foto: Google Maps Cyber ​​Army

Obyek wisata yang memiliki sejuta atraksi menarik seperti habitat kupu-kupu dan dua goa, tidak perlu diragukan lagi ketersediaan fasilitas di sini. Berbagai fasilitas sudah tersedia di kawasan Air Terjun Bantimurung untuk menunjang berbagai aktivitas pengunjung. Sehingga wisatawan yang datang berkunjung tidak perlu khawatir dengan keberadaan fasilitas tersebut.

Masjid yang terletak di sini tidak terlalu jauh dari pintu masuk, hanya di sisi kanan, sehingga mudah ditemukan. Masjid ini juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, seperti masjid sejahtera dengan fasilitas yang memadai. Paviliun yang ada dapat digunakan wisatawan untuk bersantai.

Selain masjid dan pendopo, air terjun ini juga memiliki fasilitas berupa pemandian anak dan museum kupu-kupu. Sehingga bisa dikatakan air terjun yang mempesona ini cocok sebagai tempat rekreasi lokal yang ramah keluarga. Anak-anak dapat berenang di kolam renang anak-anak mereka dan kemudian memperluas pengetahuan mereka di museum kupu-kupu.

Itulah berbagai hal menarik terkait Air Terjun Bantimurung. Sayang sekali jika melewati objek wisata alam yang satu ini. Berbagai hal menarik, mulai dari kupu-kupu, gua hingga pemandian alam, tentu menarik semua orang ke sini untuk berlibur. Aliran air yang jernih dengan udara sekitar yang sejuk juga akan menemani wisatawan berlibur ke sini. Ingin mengunjungi Air Terjun Bantimurung?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button