Tempat Wisata

Kecantikan, Misteri & Entri

Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu tempat wisata di kota Bogor yang bisa anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Di tempat ini Anda bisa mendaki, berenang dan berburu foto-foto indah di spot-spot foto di Curug Leuwi Hejo.

Air Terjun-leuwi-hejo-sentul

Curug Leuwi Hejo

Sejak dibuka untuk kunjungan wisata sekitar tahun 2014 silam, Curug Leuwi Hejo terus mencatat pertumbuhan dalam hal jumlah pengunjung.

Air terjun ini harus dikunjungi setiap hari oleh pengunjung tidak hanya dari Bogor tetapi juga dari kota-kota lain di Indonesia.

Curug Leuwi Hejo juga sering dikunjungi wisatawan mancanegara.

Orang asing ini tampaknya sangat terpesona dengan keindahan suasana alam di Curug Leuwi Hejo, sehingga mereka rela melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang sangat jauh dari negaranya.

Curug-leuwi-hejo-sentul-bogor

Ya. Curug Leuwi Hejo memang sangat menarik. Tak heran jika air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di kota Bogor.

Tempat wisata air terjun Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo menawarkan daya tarik berupa keindahan alam yang dibalut dengan sejuknya udara kota Bogor.

Berbagai tanaman hijau dan pepohonan rindang menyambut Anda saat tiba di lokasi air terjun.

Saat matahari terbit, air terjun ini akan memecah warna kehijauan, menambah eksotisme kawasan tersebut.

Selain itu, Curug Leuwi Hejo juga menarik karena medan yang menantang yang harus dilalui pengunjung sebelum tiba di lokasinya.

rute-ke-curug-leuwi-hejo

Dari pintu masuk utama menuju lokasi Anda harus berjalan melalui medan yang sedikit terjal dan berliku.

Namun, perjalanan dari gerbang utama menuju lokasi air terjun ini, yang sedikit berat bagi sebagian orang, meninggalkan kesan indah tersendiri.

Apalagi di tengah perjalanan Anda akan menemukan banyak spot indah yang menggoda Anda untuk berfoto. Alih-alih merasa lelah, Anda bahkan mungkin ingin berlama-lama di tengah perjalanan menjelajahi spot-spot tersebut.

Kisah mistis air terjun Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo dikenal tidak hanya sebagai tempat rekreasi yang indah, tetapi juga sebagai tempat yang penuh dengan cerita angker dan mistis.

Mistisisme ini berlanjut hingga hari ini dari mulut ke mulut dan menjadi nama rumah tangga di kalangan wisatawan yang datang ke tempat ini.

Pertama, air terjun ini konon memiliki 2 penjaga yang selalu memantau pergerakan setiap pengunjung selama berada di lokasi air terjun.

Bahkan jika mereka membuat beberapa kesalahan, seperti Misalnya mengumpat, mengotori area air terjun, apalagi melanggar norma, pengunjung akan sial.

sejarah-mistis-curug-leuwi-hejo

Kemudian yang kedua mengacu pada keberadaan makam yang terletak tidak jauh dari lokasi air terjun. Meski wisatawan belum menyaksikan kejadian yang menakutkan, keberadaan makam tersebut memberikan kesan angker dengan lokasi air terjunnya.

Cerita mistis seperti di atas sebenarnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Tentu saja, selama kita mengutamakan kesopanan, hal-hal buruk tidak akan terjadi.

Namun, kisah mistis Curug Leuwi Hejo justru mampu membuat setiap pengunjung yang datang mengikuti norma dan menjaga sopan santun.

Area air terjun selalu dijaga kebersihannya karena wisatawan tidak berani meninggalkan sampah.

Kegiatan menarik di Curug Leuwi Hejo

Liburan di Curug Leuwi Hejo lebih menyenangkan jika diisi dengan berbagai aktivitas. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Leuwi Hejo:

Baca juga: Mitos Ratu Pantai Selatan di Pantai Santolo Pameungpeuk, Garut

1. Mendaki

Air Terjun-Leuwi-Hejo-Terkking

Seperti yang sudah dituliskan di atas, jalur yang menghubungkan pintu masuk ke tempat Curug Leuwi Hejo ini memiliki medan yang agak sulit.

Jalur yang dilalui merupakan jalur bebatuan yang membutuhkan kehati-hatian agar tidak terjatuh saat menyeberang.

Untuk menuju dari pintu masuk ke lokasi air terjun, berkendara setidaknya sekitar 30 menit.

2. lompat batu

Lompat Panjat Air Terjun Leuwi Hejo

Inilah aktivitas paling seru yang bisa kamu lakukan di Curug Leuwi Hejo. Mirip dengan Pangeran Curug, lokasi aliran air air terjun ini diapit oleh tebing-tebing tinggi, sehingga sebagian pengunjung memanfaatkannya sebagai tempat lompat tebing.

Spot ini juga dilengkapi dengan tali sebagai pegangan untuk memanjat tebing berbatu.

Dari atas Anda bisa melakukan lompatan ringan sebelum mencapai permukaan air hingga kedalaman sekitar 3 meter.

3. Berenang dan bermain air

Air Terjun-Leuwi-Hejo-Renang

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah seru adalah berenang dan bermain di kolam air terjun yang memikat dengan air yang bersih dan berwarna biru kehijauan.

Setelah menempuh perjalanan yang agak berat dari pintu masuk, selanjutnya Anda bisa langsung menyelam ke dalam kolam air terjun. Airnya tidak hanya bersih tetapi juga sangat menyegarkan.

4. Berburu foto

Spot foto air terjun Leuwi Hejo

Selain spot-spot indah yang bisa Anda dapatkan saat berkendara dari pintu masuk ke tempat air terjun, Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan spot foto di sekitar tempat air terjun.

Anda dapat memilih latar belakang air terjun atau menjelajahi lokasi lain di daerah perbukitan dan penduduk setempat.

5. Berkemah

Perkemahan Air Terjun Leuwi Hejo

Di lokasi air terjun ini juga terdapat area yang luas dan luas untuk berkemah. Dengan biaya bea cukai atau retribusi Rp 40.000 per orang, Anda bisa menikmati malam yang sangat romantis di tempat ini.

Alamat air terjun Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo terletak di Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Untuk sampai ke lokasi air terjun ini, Anda perlu menempuh perjalanan setidaknya 10 kilometer dengan mobil dari pusat kota Bogor, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

alamat-curug-leuwi-hejo

Namun, berbeda dengan objek wisata lainnya di Kota Bogor, perjalanan dari pusat kota menuju lokasi Curug Leuwi Hejo akan lebih mudah dan cepat, karena tidak akan terganggu oleh kemacetan lalu lintas.

Jam buka dan harga tiket masuk Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk kunjungan wisatawan.

Soal tiket masuk, kamu harus siap membayar tiket masuk dua kali sebelum tiba di lokasi air terjun.

Harga tiket masuk pertama Rp 15.000 per orang dan tiket masuk kedua Rp 5000 per orang.

air terjun-leuwi-hejo-hijau-ngarai

Tiket pertama harus melewati gerbang pos pertama yang dananya digunakan untuk pengelolaan operasional, dan tiket kedua melalui pos kedua untuk pembangunan desa setempat.

Fasilitas Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo hanya dikelola oleh perkumpulan masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Meski demikian, ketersediaan fasilitas umum di tempat ini cukup memadai.

Beberapa fasilitas yang Anda dapatkan di lokasi air terjun ini antara lain:

  • Tempat parkir yang luas
  • loker
  • segera
  • Penjual kelontong
  • Toilet
  • tempat beribadah
  • kamar siram
  • tim SAR
  • Dan akomodasi

Untuk akomodasi selain area camping, Anda juga bisa menyewa beberapa hotel dan villa di sekitar kawasan Sentul dengan fasilitas dan harga sewa yang berbeda-beda.

Sedangkan untuk restoran, di sini juga terdapat warung makan yang menawarkan berbagai menu kuliner khas Jawa Barat.

penginapan-in-curug-leuwi-hejo

Baca Juga : Air Terjun Nangka

Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor sangat cocok sebagai tujuan liburan keluarga anda. Tentunya banyaknya aktivitas yang bisa Anda lakukan di salah satu tempat wisata di Bogor ini membuat pengalaman dan suasana liburan semakin berwarna.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button