Berita Wisata

Candi Sukuh, Antara Mitos, Legenda dan Arsitektur Unik

Candi Sukuh merupakan salah satu tempat wisata di Karanganyar yang menampilkan cerita sejarah peninggalan kerajaan Majapahit, yang paling unik adalah bangunan candi yang anti mainstream.

Candi Sukuh diyakini sebagai candi bergaya Hindu yang dibangun pada akhir masa kejayaan kerajaan Majapahit. Dan keberadaan candi sukuh tidak dapat dipisahkan dari candi cetho dan candi kethek, karena memiliki bentuk konstruksi candi yang hampir sama. Meskipun dari segi waktu, keberadaan Candi Sukuh sudah lebih dulu dari keberadaan Candi Cetho.

Tempat wisata di Kabupaten Karanganyar tidak hanya sekedar bersenang-senang dan menikmati keindahan alam, tetapi ternyata ada beberapa situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

kuil utamakuil utama. Google Maps. sumber: Khansha Hanako

lihat juga: candi cetho

Secara khusus Desa Berjo, Ngargoyoso memiliki beberapa tempat wisata yang tidak kalah kerennya, antara lain:

  • Candi Sukuh,
  • taman hutan besar,
  • Taman Tengir,
  • danau madirda,
  • Air Terjun Jumok,

Berikut ulasan Candi Sukuh sebagai bahan referensi wisata di Karanganyar, khususnya di desa Berjo.

Lokasi Candi Sukuh.

Candi Sukuh terletak di lereng Gunung Lawu, secara administratif berada di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kebun hijauKebun hijau. Google Maps. sumber: Sudarwanto Prajitno

lihat juga: danau madirda

Jalan menuju Candi Sukuh.

Jalan menuju Candi Sukuh jika dimulai dari pusat kota Karanganyar akan memakan waktu sekitar 44 menit dengan jarak 23 km yaitu menuju ke Jl. Mataram.

Kemudian berkendara ke Jl. Lawu lalu lurus terus ke Jl. Karang Pandan – Ngargoyoso. Jalan lurus ke Candi Sukuh, lokasi Candi Sukuh ada di kiri jalan.

Akses jalan Candi Sukuh memang tidak begitu lebar, namun masih bisa digunakan oleh kendaraan roda empat. Cukup penuh tanjakan dan tikungan, jadi harus ekstra hati-hati.

Jam Buka Candi Sukuh

  • Jam buka Candi Sukuh dari pukul 07:00 hingga 15:00
  • Berlaku Senin sampai Minggu

Harga Tiket Masuk Candi Sukuh

  • Tiket masuk candi sukuh cukup membayar tiket Rp 10.000,-

Untuk memasuki kawasan Candi Sukuh, Anda perlu menggunakan kain khusus, jadi untuk menyewa kain tersebut, Anda hanya perlu membayar dengan ikhlas.

gerbang masuk candipintu masuk ke kuil. Google Maps. Sumber: Esther Reni

Lihat juga: Taman Balekambang

Fasilitas Candi Sukuh

Fasilitas di sekitar kawasan candi sukuh antara lain:

  • tempat parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • warung makan dan minum,

Sejarah Candi Sukuh

Candi Sukuh dibangun pada masa pemerintahan Ratu Suhita sekitar tahun 1429 – 1446, yaitu sekitar abad ke-15. Dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1815 oleh Johnson.

Legenda Candi Sukuh menceritakan tentang cinta sepasang wanita dan pria yang saling mencintai tetapi tidak disetujui oleh keluarga wanita karena kasta atasnya.

Cerita tersebut digambarkan pada pintu masuk candi Sukuh saat ini, dimana terdapat simbol seksualitas perempuan dan laki-laki. Kondisinya saat ini sudah terpasang pagar besi, dan diatasnya terdapat relief Dewa Kala.

Di bagian atas terdapat beberapa patung, yang paling menarik adalah keberadaan patung yang kepalanya tidak ada. Ada juga patung kura-kura yang merupakan jelmaan Dewa Wisnu, serta beberapa relief yang dipahat di sekitar candi.

Candi SukuhCandi Sukuh. Google Maps. sumber: Ida Widyastuti

lihat juga: bukit sekipan

Dimana relief candi Sukuh diambil dari cerita wayang Mahabarata dan Sudamala. Fungsi dari Candi Sukuh sendiri adalah untuk ruwatan, singkatnya untuk membersihkan seseorang dari karma buruk, hal-hal negatif dan dosa duniawi sebelum akhirnya menuju ke puncak.

Sukuh. Atraksi Kuil

1. Taman untuk bersantai

Area Candi Sukuh cukup luas dan dihiasi dengan ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan area tempat duduk. Hampir setiap anak tangga atau undakan memiliki taman.

Berada di ketinggian lebih dari 1.000 mpdl, udaranya cukup sejuk dengan pemandangan Gunung Lawu yang gagah dan hamparan alam lainnya.

2. Berburu foto keren

Selain mempelajari sejarah Candi Sukuh, banyak pengunjung yang tidak meluangkan waktu untuk berfoto di sekitar kawasan candi yang unik dan indah ini.

Namun perlu diingat, selalu jaga kebersihan dan jangan sampai merusak peninggalan sejarah yang ada. Agar tetap menjadi pengingat bagi generasi selanjutnya.

berburu fotoberburu foto. Google Maps. sumber: Rudy Atmoko Chess

lihat juga: air terjun jumog

3.Arsitektur Unik

Bentuk arsitektur Candi Sukuh menyerupai punden berundak, sekilas mirip dengan Candi Cetho dan Candi Kethek. Candi Sukuh juga memiliki pintu masuk yang cenderung sempit.

Artinya ketika berdoa atau memiliki sesuatu pasti ada ujiannya, seperti disaring terlebih dahulu. Selain itu, pintu yang cenderung mengecil juga mengandung simbol keperawanan.

Memang Candi Sukuh memiliki banyak simbol seksualitas, namun bukan berarti candi porno. Padahal, banyak pelajaran dan cerita positif yang bisa kita petik.

Konsep keseluruhan Candi Sukuh dimana bangunan utama diletakkan di ujung dan menghadap ke barat. Hal ini sangat berbeda dengan konsep candi Hindu pada umumnya, yang biasanya candi induk diletakkan di tengah dan menghadap ke timur.

pemandangan sekitarpemandangan sekitar. Google Maps. sumber: FX Aryadi Limansagita

Penutupan

Candi Sukuh bisa menjadi pilihan tempat wisata sejarah di Karanganyar yang wajib dikunjungi, bentuknya yang kontroversial dan unik menjadi salah satu daya tarik utamanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button