Berita Wisata

Berikut 7 wisata pantai eksotik di Kepulauan Selayar. Ideal untuk menyelam dan penyembuhan!

Dengan garis pantai yang begitu panjang, tentu saja Selayar memiliki beberapa tempat menarik untuk berwisata, snorkeling, menyelam dan menyembuhkan diri.

Penasaran ingin tahu seperti apa lokasinya? Yuk cek rekomendasi sahabat GNFI berikut satu persatu.

1. Pantai Penang

Lokasi

Pantai Pinang terletak di pesisir timur Pulau Selayar, yaitu di Desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu. Pantai ini dikelola oleh ekspatriat dari Perancis dengan beberapa fasilitas akomodasi dan pusat menyelam.

deskripsiPantai

Pasir putih dengan air laut yang jernih dan pemandangan bawah laut yang menawan. Sangat cocok bagi anda yang ingin menyelam dan snorkeling.

Menurut Coast Guard, di kaki Bukit Pantai Pinang masih ada keluarga tarsius (monyet terkecil di dunia), kupu-kupu dan beberapa hewan lainnya.

Untuk mengakses

Dari Kota Benteng, ibu kota Kepulauan Selayar, pantai ini dapat ditempuh melalui jalur darat menuju Pelabuhan Pattumbukang dalam waktu 45 menit. Pelacakan Jenis Kapal jolloro dapat menampung hingga 15 orang, selama sekitar 30 menit.

Waktu kunjungan terbaik di bulan November – April (musim barat)

2. Pantai Bahuluang

Lokasi

Pantai ini terletak di Pulau Bahuluang yang berada di ujung selatan Pulau Selayar, tepatnya di Desa Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu. Pulau ini dihuni oleh penduduk setempat.

deskripsi Pantai

Pantai Bahuluang menawarkan pesona pantai yang alami dan indah. Ini karena tidak ada tangan profesional yang berinvestasi dalam kisaran ini.

Di satu tempat, ada pulau karang pecah yang dikelilingi oleh air laut biru jernih. Snorkeling dan berjemur menjadi pilihan utama wisatawan.

Untuk mengakses

Dari Kota Benteng, pengunjung menempuh perjalanan darat menuju desa Appatanah kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan perahu jenis Jolloro berkapasitas 15 orang.

Kemudian, dari Desa Appatanah menuju Pulau Bahuluang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit hingga satu jam.

Waktu terbaik untuk berkunjung pada bulan April – Oktober

3. Pantai Punagaan

Lokasi

Pantai Punagaan terletak di Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu, sekitar 15 km dari Kota Benteng, ibu kota Kepulauan Selayar.

deskripsi Pantai

Pantai Punagaan merupakan tempat wisata yang berbentuk teluk, dimana sebagian pantai merupakan kawasan pasir kelabu dan sebagian lagi berupa tebing dengan air yang jernih.

Beberapa fasilitas tersedia di lokasi ini seperti gazebo, toilet, air minum dan gedung yang memiliki ruang untuk pertemuan dan kegiatan rapat. Dan aktivitas terbaik dari tempat ini tentu saja snorkeling.

Untuk mengakses

Dari Kota Benteng, pengunjung dapat melakukan perjalanan darat. Akses menuju dan dari pantai Punagaan, beberapa diantaranya menanjak dengan beberapa tikungan. Waktu tempuh dari Kota Benteng kurang lebih 20-30 menit.

Waktu terbaik untuk mengunjungi November hingga April (Musim Barat)

4. Pantai Batang dan Pantai Hara

Lokasi

Pantai Batang dan Pantai Hara adalah dua destinasi yang berada di pantai yang sama. Kedua tempat wisata ini terletak di bagian timur Pulau Selayar.

deskripsi Pantai

Pantai Hara terkenal dengan warna pasirnya yang agak abu-abu. Di beberapa titik di perairan dangkal terdapat mata air dingin yang keluar dan sering digunakan oleh para pemancing untuk membilas badan setelah melaut.

Sedangkan Pantai Batang memiliki karakter pasir putih yang halus. Hamparan pasir putih di pantai Batang sekitar 200 meter.

Di lokasi ini juga terdapat tempat menyelam dengan biota laut berupa ikan karang dan penyu yang bahkan sering berenang di perairan dangkal pada sore hari.

Untuk mengakses

Akses ke Pantai Hara dan Pantai Batang relatif mendaki. Dari jalan raya, pengunjung harus berjalan beberapa ratus meter untuk mencapai kedua pantai ini.

Jaraknya sekitar 21 km dari kota Benteng dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Pantai Hara dan Pantai Batang.

5. Pantai Batulohe

Lokasi

Pantai Batulohe terletak di bagian timur Pulau Selayar, tepatnya di Desa Balang Butung, Kecamatan Buki.

deskripsi Pantai

Pantai ini menawarkan suasana khas tebing karang yang dimodelkan seperti relief. Bahkan sebagian orang percaya bahwa batu setinggi kurang lebih empat meter itu sengaja diukir menyerupai tulisan Cina.

Untuk mengakses

Pantai Batulohe dapat dicapai dengan perahu Jolloro’ sekitar 40 menit dari kota Benteng.

Namun, di pantai ini belum ada kafe atau restoran, termasuk fasilitas untuk istirahat. Oleh karena itu, persiapan material dan logistik merupakan pilihan bijak sebelum datang ke sini.

6. Pantai Baloya

Lokasi

Pantai Baloiya terletak di Desa Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Lokasi objek wisata ini berjarak ± 10 km dari Kota Benteng.

deskripsi Pantai

Di kawasan Pantai Baloiya sendiri terdapat beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Selayar Island Resort adalah salah satunya. Selayar Island Resort dikelola oleh pihak asing dan memiliki restoran dan bungalow.

Ada juga beberapa titik yang masih menjadi area bebas bagi pengunjung, salah satunya adalah spot silver seperti Pantai Tana Lot, Bali, dimana terdapat deretan bebatuan yang mencuat ke perairan dangkal. Lokasi ini sangat ideal untuk menikmati panorama matahari terbenam.

Untuk mengakses

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kota Benteng, menjadikan pantai Baloiyya sebagai destinasi ideal saat berkunjung ke Selayar. Jaraknya hanya sekitar 10 km sebelah utara kota Benteng.

Karena jaraknya yang cukup dekat, Anda tetap bisa menginap di kota Benteng dan mengunjungi pantai Baloiya kapan saja.

Namun waktu yang paling ideal adalah pada sore hari hingga menjelang matahari terbenam. Jaraknya hanya sekitar 20-30 menit.

tujuh. Pantai berbatu Karapu

Lokasi

Pantai Batu Karapu terletak 40 km sebelah selatan Kota Benteng, tepatnya di Desa Iowa, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar.

deskripsi Pantai

Batu Karapu menawarkan pantai yang indah dengan pasir putih bertekstur halus, air laut biru jernih dan panorama matahari terbenam yang menawan saat matahari terbenam di ufuk barat.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri berupa batu karang berlubang yang menjorok ke laut, menyerupai Pantai Durdle Door di Inggris.

Pantai yang berkelok-kelok ini dilihat dari langit, anda akan melihat pantai ini menyerupai bentuk kura-kura.

Untuk mengakses

Dari kota Benteng ke pantai, dibutuhkan sekitar satu jam perjalanan darat. Namun, fasilitas akomodasi dan katering belum tersedia di lokasi ini.

Juga, saran dari penduduk di sini adalah bahwa Anda harus mengunjungi di luar musim barat yang berlangsung dari Oktober hingga April. Karena saat itu, di pantai barat Selayar, angin bertiup kencang dengan ketinggian gelombang 3 meter.

Nah, sebelum menyeberang ke Pulau Selayar, ada baiknya Anda mampir ke salah satu pantai pasir putih Bulukumba. Dijamin tidak sia-sia perjalanan panjang Anda!

Referensi:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button