Tempat Wisata

Pantai Ora Maluku Tengah – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL Ward, Ward. Seram Utara, Kab.Maluku Tengah, Maluku; map: Cek lokasi

Tak kalah dengan pariwisata di Indonesia bagian barat, tempat wisata di Indonesia bagian timur tidak boleh dianggap remeh. Sebut saja Pantai Ora di wilayah Maluku Tengah. Meski pantai ini tidak setenar pantai-pantai di Bali, namun memiliki ciri khas tersendiri yang bisa disebut sebagai surga tersembunyi.

Air laut yang jernih memudahkan pengunjung untuk melihat dan mengagumi keindahan alam bawah laut. Selain itu, lokasinya yang terpencil memungkinkan Anda untuk bersantai di resort yang tersedia tanpa khawatir diganggu oleh wisatawan lain. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai hingga tengah malam, berkemah bisa menjadi pilihan.

Dengan predikat sebagai salah satu tempat wisata yang “eksklusif”, tak heran jika Pantai Ora menjadi tujuan para high-end traveller. Seperti halnya semua tempat wisata alam di Indonesia, setiap orang yang berkunjung bebas menikmati keindahan dan karunia surgawi bahari di negara Maluku.

Atraksi Pantai Ora

ora  atraksi pantaiKredit foto: Instagram Mrs. Was • –

1. Pemandangan yang luar biasa

Tidak hanya perjalanan panjang menuju pantai ini yang menjadikannya pantai yang “menarik” untuk dikunjungi. Pantai yang indah ini memiliki beberapa keindahan yang sayang jika dilewatkan.

Mari kita mulai dengan lanskap besar. Pantai Ora merupakan pantai dengan beberapa tebing besar. Uniknya kamu akan menemukan gua-gua kecil yang bisa kamu kunjungi saat Menyelam. Kawasan pantainya sendiri memiliki pasir putih yang hangat siap menyambut langkah Anda saat berkunjung ke pantai ini.

2. Pengaturan yang tidak kalah dengan Maladewa

Saat Anda memasuki akomodasi pilihan Anda, Anda mungkin akan terkejut melihat jembatan kayu, yang biasa digunakan untuk menghubungkan resor bersama. Di bawahnya terdapat deretan terumbu karang yang indah yang menyediakan rumah bagi ikan-ikan kecil yang berenang bolak-balik di bawah sinar matahari.

3. Tempat yang ideal untuk Ssnorkeling atau DKehidupan

Atraksi Pantai OraKredit foto: Instagram GalantBlack

Meski ombak di pantai ini bukanlah ombak khas yang cocok untuk itu berselancar, ada penginapan yang menyediakan perlengkapan untuk kano. Jika Anda tidak suka berkano, berenang santai, snorkelingatau Menyelam menjadi pilihan olahraga air yang bisa Anda praktikkan di pantai ini.

4. Kenali dunia bawah laut dari dekat

Menurut beberapa sumber, Anda tidak perlu menyelam terlalu dalam hanya untuk melihat lebih dekat biota laut. Dari kedalaman dua hingga tiga meter Anda bisa melihat betapa luar biasa ekosistem laut di kawasan ini yang masih sangat terjaga kelestariannya.

Mengingat keindahan pemandangannya, Anda tidak perlu khawatir kehabisan objek untuk difoto. Tidak cukup hanya berfoto, menikmati sunset di pantai ini yang akan membawa Anda pada malam yang romantis. Tentu saja, menginap di penginapan dekat Pantai Ora – terutama yang berada di atas laut – akan memberi Anda pengalaman bermakna yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

ora  Lokasi tepi pantaiKredit foto: Instagram INDONESIA | #menyalakan

Pantai mempesona ini terletak di provinsi Maluku, tepatnya di Kabupaten Maluku Tengah. Lebih spesifiknya, wisata pantai ini terletak di ujung barat Teluk Sawai, yang berbatasan dengan Desa Sawai dan Desa Saleman. Pantai ini terletak sekitar 45 km dari Taman Nasional Manusela.

Perjalanan menuju tempat pantai ini bisa dibilang cukup “rumit” karena letak pantai ini tersembunyi. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk berlibur di pantai ini, berikut yang perlu Anda lakukan:

1. Lokasi Anda → Ambon

Ambil penerbangan ke kota Ambon. Jika Anda datang dari Jakarta, Anda memiliki banyak pilihan penerbangan. Namun, rata-rata diperlukan satu kali transit (biasanya di Makassar). Beberapa kota menawarkan penerbangan langsung ke Ambon, misalnya penerbangan dari Surabaya atau dari Makassar.

2. Berkendara ke Bandara Pattimura (Ambon) → Pelabuhan Pelabuhan Tulehu

Lanjutkan perjalanan Anda menuju Pelabuhan Tulehu. Dari bandara Anda harus pergi ke bagian timur pulau dan menempuh jarak sekitar 35 km.

3. Pelayaran Laut Tulehu – Amahai

Amahai adalah nama pelabuhan yang wajib Anda kunjungi sebelum menuju Pantai Ora, Maluku Tengah. Ada feri di Pelabuhan Tulehu yang bisa mengantar Anda ke Pelabuhan Amahai. Feri ini beroperasi 2 kali sehari (09:00 WIT dan 16:00 WIT Senin sampai Sabtu) sementara hanya beroperasi pada 11:00 WIT pada hari Minggu.

4. Pelabuhan Amahai → Desa Saleman

Saat ini, satu-satunya cara menuju Desa Saleman dari Amahai adalah dengan menyewa mobil, karena belum tersedia angkutan umum. Perjalanan memakan waktu sekitar 2,5-3 jam tergantung situasi perjalanan.

Perjalanan dari Amahai ke Desa Saleman membutuhkan melintasi Jalan Trans Seram yang melintasi jalur pegunungan yang indah. Tak ketinggalan, Anda juga melewati kawasan Taman Nasional Manusela.

5. Desa Saleman → Pantai Ora Pantai

Untuk sampai ke pantai Anda masih perlu menyewa perahu motor kecil. Berjalan menyusuri jalan setapak dimungkinkan, tetapi bisa sedikit berbahaya bagi pengunjung yang tidak berpengalaman. Saat ini hanya warga Desa Saleman yang sudah berpengalaman.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pantai OraKredit foto: Google Maps Imam Kurnianto

Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasuki kawasan Pantai Ora – meskipun Anda harus membayar biaya transportasi yang sangat besar untuk mengunjungi pantai ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ilustrasi biaya transportasi dari Jakarta ke daerah pesisir:

  • Tiket Pesawat Jakarta-Ambon (PP, harga Juli 2021): Rp 4.000.000,-
  • Biaya transportasi Ambon-Tulehu: Rp 200.000 (anggaran kasar)
  • Feri Teluhu-Amahai (PP): Rp 300.000 hingga Rp 500.000
  • Biaya Sewa Mobil dari Amahai-Saleman (PP): Rp 1.600.000,-
  • Saleman Boat-Pantai Ora (PP): Rp 200.000

Jika dijumlahkan maka biaya transportasi yang perlu anda siapkan adalah Rp 6.300.000 per orang. Ingatlah bahwa Anda dapat mengurangi biaya per orang dengan bepergian dalam kelompok. Selain itu, biaya ini masih merupakan faktor biaya kasar yang dapat berubah sewaktu-waktu, baik ke bawah maupun ke atas.

Aktivitas seru di Pantai Ora

Aktivitas di Pantai OraSumber Gambar: Google Maps Yossy Okvianty

1. Menikmati keindahan pantai

Keindahan pantai Indonesia Timur memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pantai Ora adalah salah satu pantai yang keindahannya masih alami – tanpa banyak campur tangan manusia.

2. Berenang, snorkeling atau menyelam

Sama seperti di pantai, kamu tidak bisa menahan godaan jarum suntik ke air, kan? Baik itu sekedar berenang, snorkeling atau menyelam di sekitar tebing, pantai ini memiliki semuanya.

3. Berburu foto

Buat kamu yang suka fotografi – terutama foto landscape – siap-siap bawa sesuatu ya kartu memori Aditif! Jangan pulang tanpa mengambil ribuan foto untuk dicetak atau Anda akan bingung.

Penginapan murah dekat pantai

Kredit foto: Google Maps Oka Mahendra

1. Ora Beach Resort (mulai dari Rp 850.000 hingga Rp 3.500.000 per malam)

Resor Pantai Ora menjadi salah satu pilihan akomodasi eksklusif Anda selama berkunjung ke Pantai Ora dan sekitarnya. Resor ini mungkin mahal, tetapi dengan fasilitas yang ditawarkan dan lokasinya, harga yang ditawarkan tampaknya masuk akal.

Kamar yang luas dan tiga lokasi resor yang berbeda (kamar tanah, kamar danau, atau rumah danau) dapat Anda pilih berdasarkan anggaran Anda.

2. Oracave Eco-Lodge (Mulai Rp 1.100.000 per malam)

Dengan luas 25 m2 untuk setiap cottage, Anda dapat menggunakan ‘tinggal eksklusif‘ di penginapan ini. Mungkin sedikit lebih jauh dari pantai, tetapi Anda bisa bermain kano atau hanya menghabiskan waktu di balkon yang disediakan untuk setiap pondok.

3. Kakatua Bungalow (Mulai Rp 650.000 per malam)

Jika Anda ingin berhemat, Kakatua Bungalow bisa menjadi pilihan akomodasi yang tepat untuk kunjungan Anda. Kamar yang tersedia sedikit lebih sempit dan fasilitasnya standar, tetapi Anda dapat memilih lokasi kamar Anda: dekat pantai atau sedikit lebih jauh di laut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai OraKredit foto: Google Maps jihanalkatiri28 Fahira

Berbeda dengan pantai lain yang memiliki fasilitas umum seperti toilet dan warung-warung kecil yang berjejer di tepi pantai, Pantai Ora tidak dilengkapi fasilitas. Fasilitas yang tersedia adalah fasilitas resor/hotel tempat Anda menginap.

Biasanya toilet sudah tersedia di setiap kamar yang Anda tempati. Restoran juga tersedia di setiap penginapan. Perlu diingat bahwa karena tidak ada restoran lain di daerah ini, tidak jarang harga makanan di atas rata-rata. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan anggaran lebih.

Selain restoran, perahu dan peralatan untuk snorkeling dan diving, ada fasilitas berbayar lainnya yang bisa Anda temukan di area pantai. Meskipun tidak murah, bagi Anda yang menyukai dunia bawah laut, snorkeling atau scuba diving di pantai ini adalah suatu keharusan.

Sebagai? Siap Mengunjungi Pantai Ora! Padahal, perjalanan ke pantai ini tidak dipungut biaya apapun, bahkan bisa dibilang sangat “eksklusif”. Namun, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan berbeda dari pantai lainnya hanya di pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button