Tempat Wisata

Gua Gunungkidul Pindul, Sejarah, Lokasi dan Tiket Masuk

Gua Pindul adalah tempat yang harus dikunjungi jika tujuan Anda adalah “gua”. Tempat ini begitu populer di kalangan masyarakat karena wisatawan bisa menelusuri sungai yang ada di GOA.

Jam buka: 07.00 – 16.30 WIB
harga tiket: Rp50.000/orang
Kontak: 0822-2116-3661
Alamat: Kelas 2, RT.03/RW.16, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891
Fasilitas umum: Toilet, ruang ganti, kandang kuda, tempat parkir, dll
Akses jalan: Baik (Menggunakan kendaraan pribadi)
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Gua Pindul

Yang unik dari goa ini adalah airnya yang jernih mengalir di sepanjang lorong-lorong di dalam goa. Bisa disebut wisata air, sekaligus bebatuan alam dari goa yang mengelilingi wilayahnya. Itu adalah Gua Pindulgua yang akan kita bahas kali ini.

Airnya sangat jernih, sejuk dan segar, juga aman untuk berenang. Mungkin Anda tidak akan menemukan sensasi seperti itu di kolam renang. Yang berenang di bawah bebatuan.

Airnya juga sangat segar mengingat merupakan mata air alami, tanpa bahan kimia atau bahan tambahan lainnya.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini adalah berenang, fotografi, yang juga tidak boleh kamu lewatkan dan wajib kamu lakukan adalah masuk ke dalam goa dengan menggunakan ring.

Istilah ini disebut sebagai tabung gua. Rasakan nikmatnya berlari menyusuri sungai yang mengalir tenang sambil dimanjakan oleh bebatuan di sekitar Anda di atas ring yang terhubung dengan ring peserta lainnya.

Tempat wisata Gua Pindul

Selain sungai yang menjadi daya tarik utama, terdapat stalagmit besar di dinding gua. Ukurannya kira-kira sebesar 5 tangan orang dewasa. Dinobatkan sebagai stalagmit terbesar peringkat ke-4 di dunia.

Menurutnya, tetesan air dari stalagmit bagi pria dapat meningkatkan vitalitas. Sedangkan untuk wanita, bisa menambah kecantikan dan membuat Anda terlihat lebih muda.

Dengan lebar sekitar 5 meter dan panjang lantai hingga 350 meter. Ada beberapa jalur yang harus Anda lewati. Seperti Zona Terang Gua Pindul, Zona Gelap dan Zona Terang.

Ketiga zona tersebut berada di lokasi yang berbeda. Misalnya, di zona remang-remang, terletak beberapa meter dari pintu masuk gua. Tak hanya itu, di beberapa tempat Anda bisa melihat langit-langit gua yang berlubang besar.

Saat cuaca mendukung, keindahan melihat matahari yang keluar dari lubang lalu melompat ke air sungai, inilah momen-momen terindah. Cahayanya seperti cahaya surga dalam suasana goa yang suram.

Dalam perjalanan ke gua ini Anda mungkin menemukan beberapa kelelawar. Mata Anda tidak bisa lepas dari suguhan ornamen-ornamen memukau di dinding-dinding goa. Berada di dalam gua seperti berada dalam lukisan yang selama ini kita lihat.

Ada gua, batu, air, kelelawar, dan cahaya. Sangat cantik.

Di gua ini Anda bisa menggunakan pelampung atau ban. Bepergian dengan teman-teman dijamin akan menyenangkan, apalagi jika sudah membawa kamera.

Fotografer harus berusaha mengabadikan pemandangan indah ini.

Baca juga: Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul

Sejarah Gua Pindul

Nama Gua Pindul ini rupanya punya cerita tersendiri. Mengapa disebut Pindul? Sedangkan nama goanya sendiri, kita sudah mengetahuinya berdasarkan nama aslinya.

Ada apa di balik sebutan pindul ini?

Kisah ini bermula ketika dua orang sakti bernama Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertani diperintahkan untuk membunuh seorang bayi. Namun diam-diam mereka menolak misi tersebut.

Anda tidak membunuh bayi itu. Anda menyelamatkannya. Ki Ageng Pemanahan dan juru ki Mertani turun bukit dan mengambil bayi itu dari raja yang sedang keluar untuk membunuh bayi itu.

Di perjalanan, bayi itu terus menangis. Mereka ingin mandi, tetapi mereka tidak melihat mata air di sana.

Jadi mereka berangkat ke bukit. Karena terlalu kuat, bukit itu membentuk terowongan yang menciptakan gua jika Anda menjejakkan kaki ke dalam bukit. Air mengalir di dalam gua. Dan di sanalah bayi itu dimandikan.

Saat memandikan bayi, mereka melakukannya dengan tergesa-gesa dan secara tidak sengaja membenturkan pipi bayi ke batu gua, sehingga membuat “pindul” di pipinya. Atau disebut gundukan dalam bahasa kita.

Beginilah Goa Pindul terbentuk.

Begitulah kisahnya. Namun pada kenyataannya tidak ada yang benar-benar mengetahui asal muasal goa ini. Anda mungkin ingin membaca informasi tentang Pantai Indrayanti di Gunungkidul

Yang Anda tahu adalah bahwa gua ini adalah gua yang ada ribuan tahun yang lalu.

Sebut saja gua tua. Dan karena kita tinggal di Indonesia, tidak diragukan lagi bahwa kisah legendaris ini tercipta.

Terserah Anda apakah Anda percaya atau tidak, itu terserah masing-masing individu.

Tiket Masuk Gua Pindul

Cukup dengan uang 50.000, itu sudah termasuk tiket masuk, sewa pelampung, harness, pelatihan penjelajahan gua dan pemandu.

Harganya sangat terjangkau untuk paket wisata lengkap yang menjadi primadona kota Yogyakarta ini.

Tempat wisata goa pindul

Jauh dari pusat kota Yogyakarta. Namun, untuk perjalanan, kami dilengkapi dengan jalan beraspal yang mulus, sehingga nyaman untuk transportasi umum dan kendaraan pribadi.

Alamatnya sendiri di Jalan Jadiran2, RT.03/RW.16, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.

Galeri foto Gua Pindul

Gua Pindul

Gua Pindul

Gua Pindul

Gua Pindul

Gua Pindul

Sebagai? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung? Gua Pindul Gunungkidul? Jika ingin menikmati keindahan alam dengan puas, datanglah ke tempat ini pada hari biasa. Demikian informasi yang dapat kami berikan.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button