Berita Wisata

Curug Cibadak Garut, Keindahan Alam Pinggir Jalan

Keindahan alam Garut sudah dikenal masyarakat luar Garut. Keindahan alam Garut tidak hanya pantainya saja, ada juga keindahan air terjun yang memanjakan mata karena keindahan alamnya. Salah satu air terjun yang menawarkan keindahannya adalah Curug Cibadak. Uniknya, Curug Cibadak berada di pinggir jalan, tepatnya di tepi jembatan di desa Cisangkal, kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut.

Penduduk setempat menamakan Curug Cibadak karena air terjun ini terletak di aliran Sungai Cibadak yang dalam bahasa Sunda berarti “badag” yang berarti “besar”. Air terjun ini mulai dikelola oleh masyarakat menjelang akhir tahun 2016. Meski sudah dikelola, tidak ada penambahan fasilitas karena keterbatasan sumber daya dan keterbatasan dana. Air dari air terjun ini digunakan untuk mengairi persawahan yang ada di sekitar area air terjun.

Diperkirakan Curug Cibadak memiliki ketinggian lebih dari 100 meter. Keistimewaan air terjun ini terletak dipinggir jalan, umumnya untuk menuju air terjun wisatu harus melalui jalan yang terjal dan letaknya tersembunyi. Curug Cibadak terletak tidak jauh dari jalan desa, di sisi kiri jalan, bahkan dari sisi jalan Anda dapat menikmati pemandangan.

Anda bisa bermain air di area air terjun, air yang jernih dengan udara yang segar menambah keasyikan menghabiskan waktu disini. Curug Cibadak memiliki dua tingkat atau air terjun dengan pemandangan di sekitar lanskap hijau persawahan dan perkebunan warga yang asri. Curug Cibadak memiliki spot foto yang instagramable dan memperlihatkan keindahannya, sehingga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Sumber foto: Explore Garut

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button