Berita Wisata

Rangsang investasi, Bupati Minahasa Utara menerapkan strategi ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Bupati Minahasa Utara Joune JE Ganda mengatakan, penggerak utama perekonomian daerah adalah APBD. Namun, potensi daerah juga harus diperkuat agar sektor ekonomi dapat berkembang dengan baik.

“Sumber daya kita adalah potensi yang kita kembangkan. Baik sumber daya alam maupun sumber daya ekonomi lainnya,” katanya saat berkunjung ke kantor Kompas.com di Jakarta, Kamis (3/10/2022).

Menurutnya, salah satu sumber ekonomi yang akan dikembangkan adalah dunia usaha. Menurutnya, perkembangan dunia usaha tak lepas dari investasi.

Baca Juga: Pertama Kali Dalam Sejarah Blok Cepu, Blora Akhirnya Dapat Dana Bagi Hasil

Ia berharap investor bisa datang ke Minahasa Utara untuk mengembangkan potensi sumber daya yang ada dan potensi pasar yang ada.

“Kami memiliki sumber daya alam. Baik sumber daya alam yang berupa mineral maupun sumber daya alam yang seperti kawasan wisata. Kami berharap investor datang ke Minahasa Utara,” ujarnya.

Joune mengatakan salah satu strategi yang diterapkan untuk mendorong investasi di Minahasa Utara adalah membantu investor sebaik mungkin.

“Selama tidak menyalahi aturan, kami akan memberikan pelayanan yang maksimal. Kemudian kami juga membantu mereka mengatasi kendala yang mereka hadapi saat ingin berinvestasi,” ujarnya.

Ia juga memastikan akan selalu melindungi setiap investasi yang masuk ke wilayahnya.

“Jangan sampai ada istilah kalau bisa dipersulit, kenapa dipermudah. Sekarang bukan waktunya,” katanya.

Menurutnya, birokrasi adalah mencari solusi yang sesuai aturan. Jadi jika ada hambatan investasi, birokrasi harus mencari jalan keluar.

“Kalau ada regulasi yang menghalangi kami menyampaikannya, kami tanyakan apakah ada diskresi. Kami bisa minta bimbingan ke kementerian terkait agar investasi ini bisa terlindungi. Kami bisa membantu Anda,” ujarnya.-jelasnya.

Baca Juga: ‘Satu Desa, Satu Sarjana’, Skema Beasiswa di Kabupaten Gowa yang Menggunakan Dana Desa

Joune mengatakan saat ini nilai investasi di Minahasa Utara merupakan yang tertinggi di Sulut.

“Hingga triwulan III, Kabupaten Minahasa Utara merupakan kabupaten yang di antara 15 kabupaten/kota di Sulut memiliki nilai investasi tertinggi. Peringkat pertama adalah nilai investasi di Sulut”, ungkapnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, sektor utama yang dapat menarik investor untuk masuk ke Minahasa Utara adalah pariwisata.

“Sektor pariwisata karena Minahasa Utara merupakan kabupaten yang memiliki Likupang sebagai destinasi super prioritas. Jadi kami berharap bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk membangun infrastruktur dasar dapat membuat investasi lebih menarik, ”katanya.

Selain itu, ada sektor perikanan dan pertanian yang juga memiliki potensi di Minahasa Utara.

“65% pertumbuhan ekonomi berasal dari sektor pertanian. Ini menarik untuk investasi. Itu tahan resesi,” pungkasnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Jom join grup telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button