Berita Wisata

Poltekpar Bali tingkatkan kapasitas warga Bedulu-Gianyar untuk memberikan pelayanan prima

Gianyar (ANTARA) – Program Studi Magister Terapan (MTP) Pariwisata Politeknik Pariwisata Bali meningkatkan kapasitas masyarakat, khususnya para pemangku kepentingan pariwisata di Desa Bedulu, Kabupaten Gianyar, untuk memberikan pelayanan prima kepada wisatawan sekaligus pemandu wisata teknik.

Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) Poltek Bali Dr I Putu Utama, HE, MM di Gianyar, Sabtu mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas pemangku kepentingan pariwisata di Bedulu ini merupakan salah satu kegiatan PKM program magister MTP. .

“Sebelum PKM dilakukan, penilaian dilakukan di Banjar Tegallinggah, desa Bedulu pada Juli 2022,” kata Utama.

Melalui kegiatan pelatihan atau pendampingan yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 s/d 5 November 2022 ini diharapkan dapat membangkitkan potensi desa Bedulu yang telah lama dikenal sebagai desa wisata dengan wisata alam dan peninggalan budaya.

Kegiatan PKM, lanjutnya, merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan misi Poltekpar Bali.

Baca juga: Poltekpar Terus Dukung SDM Desa Wisata Taro-Gianyar

Kepala Politeknik Pariwisata Bali, Drs Ida Bagus Putu Puja, MKes hadir meresmikan kegiatan pengabdian masyarakat program studi Magister Pariwisata Terapan (MTP).

“Saya berharap kegiatan pelatihan ini dapat dilaksanakan oleh para peserta diklat untuk meningkatkan ‘skill’ dan pengetahuan tentang pelayanan prima dan teknik pemandu wisata. Hal ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke desa wisata Bedulu,” kata Puja.

Sementara itu, Kepala Desa Bedulu I Putu Ariawan menyambut baik Poltekpar Bali yang beberapa kali melakukan kegiatan PKM di Desa Bedulu.

“Saya berharap kegiatan PKM ini dapat menambah pengalaman dan pengetahuan pelayanan prima bagi masyarakat di bidang pariwisata. Desa Bedulu memiliki desa wisata yang dapat terus berkembang dan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke sini,” ujarnya.

Kegiatan PKM ini melibatkan 30 peserta yang terdiri dari pengurus dari Desa Bedulu dan Sekaa Teruni Teruni Banjar Desa Tegallinggah Bedul

Baca juga: Menparekraf: Poltekpar Bali Solusi Bagi Pekerja Pariwisata

Juga para pemilik usaha kecil seperti warung makan, pengrajin souvenir, pengelola asrama, dan pengusaha tubing yang pernah berinteraksi dengan wisatawan yang datang ke Desa Bedulu.

Materi yang disampaikan oleh dosen program studi magister MTP dan beberapa narasumber hadir untuk memperdalam pengetahuan tentang teknik-teknik keunggulan dalam pelayanan dan pemandu wisata.

Diantaranya adalah Dokumen Kebijakan Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam Pengembangan Desa Wisata dan Peraturan Desa Bedulu dalam Pengelolaan Desa Wisata oleh Ngakan Gde Rama Putra, SE, MPar dan Peraturan Desa tentang Pelestarian Cagar Budaya oleh I Putu Ariawan.

Beberapa materi disampaikan oleh dosen program studi magister MTP dan juga praktik langsung pemandu wisata kepada peserta pelatihan oleh dosen dan mahasiswa program studi magister MTP.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button