Berita Wisata

Pesona eksotis pantai ‘Lidah’ Sejile di gunung Baluran wajib dikunjungi

Situbondo

Namanya Pantai Sejile, kawasan wisata eksotis ini terletak di Situbondo, Jawa Timur. Perpaduan panorama pantai pasir putih dan hutan layak untuk dikunjungi. Seperti apa bentuknya?

Dalam bahasa setempat, Sejile berarti bahasa. Hal ini mengacu pada letak garis pantai yang mencuat seperti lidah.

Saat air laut surut, daratan pasir putih tampak menjorok keluar di tengah teluk. Lebarnya sekitar 10 meter, dengan panjang 30 meter seperti lidah yang lengket. Itulah mengapa pantai ini disebut Sejile atau Si Lidah.

Bukan hanya pasir putih. Ombak di teluk hijau Tosca ini juga mengalir dengan tenang, nyaris tanpa riak. Tidak terlalu dalam juga. Sangat cocok untuk berenang dan wisata air seperti kano, kayak bahkan jet ski.

Apalagi vegetasi kawasan di dalam kawasan pemanfaatan Taman Nasional Baluran juga beragam dan masih alami. Di beberapa bagian garis pantai juga terdapat vegetasi mangrove, dengan fauna yang beragam.

Pantai Sejile SitubondoFasilitas jet ski di Pantai Sejile Situbondo (Foto: Chuck Shatu Widarsa/detikJatim)

Dengan latar belakang Gunung Baluran yang terlihat biru dari kejauhan, Pantai Sejile begitu indah. Namun akses menuju kawasan di dalam kawasan Taman Nasional Baluran masih relatif sulit. Pasalnya, infrastruktur yang ada belum memadai.

Untuk menuju kawasan ini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 9-10 km melewati hutan Taman Nasional Baluran. Bahkan medannya masih berbatu, dan harus melintasi beberapa anak sungai.

Namun bagi para pecinta alam terbuka dan petualangan, medan untuk menuju kawasan pantai ini menghadirkan tantangan tersendiri. Karena bisa memacu adrenalin.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button