Tempat Wisata

Berikut 10 Daftar Tempat Wisata di Jepara Yang Wajib Dikunjungi

Anda mungkin mengenal Jepara sebagai tempat kelahiran RA Kartini, seorang juru kampanye emansipasi wanita Indonesia. Selain itu, Kepulauan Karimunjawa juga berada di kawasan ini. Jika Anda pernah berwisata ke Karimun Jawa, mungkin secara tidak sadar Anda pernah mengunjungi Jepara.

Selain Kepulauan Karimunjawa, masih banyak destinasi wisata lain di Jepara yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Ingin liburan yang berbeda dari biasanya? Simak tempat wisata di Jepara berikut ini!

Inilah Destinasi Wisata Jepara yang Paling Seru

Kepulauan Karimunjawa

Wisata Jepara KarimunjawaKarimun Jawa (c) @sayful_hmpci

Kepulauan yang indah ini sudah lama terkenal. Dengan air yang jernih dan lingkungan yang masih alami, tentunya semua orang ingin merasakan liburan di sini. Anda bisa mencapai tempat ini dengan paket wisata. Sebagian besar agen perjalanan menawarkan paket lengkap mulai dari akomodasi hingga wisata pulau.

Di pulau-pulau ini Anda dapat menemukan lebih dari 90 terumbu karang, 242 spesies ikan, dan 133 spesies lainnya. Surga bawah laut ini juga menawarkan berbagai permainan air seperti scuba diving, memancing, berenang dan masih banyak lagi. Dijamin petualangan Anda tidak akan terlupakan di wisata Jepara yang sukses ini.

Pantai Kartini

Pantai KartiniPantai Kartini (c) @ardion_stemga

Pantai ini merupakan tempat paling populer untuk wisata keluarga dengan anak-anak. Sambil menikmati pemandangan pantai, Anda juga bisa menggunakan berbagai fasilitas menarik seperti bianglala dan kolam penyu. Selain itu, Anda juga bisa singgah sebentar di sini jika ingin mengunjungi Pulau Panjang. Ada banyak toko yang menjual makanan ringan dan minuman di sini, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan persediaan. Selengkapnya tentang Pantai Kartini Jepara

Untuk menikmati Wisata Pantai Jepara ini Anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah per orang. Tentunya dengan harga yang sangat murah untuk sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

benteng Portugis

benteng PortugisBenteng Portugis (c) @sewarm_mentari

Benteng ini merupakan salah satu objek sejarah yang wajib Anda kunjungi di Jepara. Keunggulan lokasi ini adalah lokasinya yang berada di pinggir laut. Dengan begitu, pengunjung tempat wisata di Jepara ini bisa menikmati pemandangan laut sambil belajar sedikit tentang sejarah. Untuk lebih jelasnya foto-foto Benteng Portugis di Jepara

Benteng ini pernah digunakan pada masa penjajahan, namun tidak lama karena adanya pusaran air di lautan sekitarnya. Namun perlu diingat bahwa tempat ini bisa menjadi sangat sibuk pada akhir pekan dan selama musim liburan.

Museum RA Kartini

Museum RA KartiniMuseum RA Kartini (c) @guttyks

Tempat wisata bersejarah ini didedikasikan untuk seorang wanita yang memperjuangkan emansipasi wanita. Dia adalah Raden Ajeng Kartini. Lahir dan besar di Jepara, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menulis surat kepada teman-temannya di dalam dan luar negeri.

Dia sudah fasih berbahasa Belanda sejak lulus sekolah dasar, sehingga dia bisa terus berkomunikasi dengan teman-teman yang sependapat dengannya – perempuan harus memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Dengan dukungan yang begitu besar, ia terus memperjuangkan emansipasi wanita hingga akhir hayatnya.

Tiket masuk museum ini tidak mahal, hanya 2.000 rupiah di hari biasa dan 3.000 rupiah di akhir pekan. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke sini!

Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk AwurPantai Teluk Avur (c) @toko.nazran

Pantai ini terletak hanya 5 kilometer dari pusat kota, menjadikannya tempat yang populer untuk berenang dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Anda juga bisa mencoba beberapa permainan seperti banana boat, jet ski dan masih banyak lagi. Dengan air yang jernih, tempat ini cocok untuk liburan bersama semua orang.

Karena tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk menikmati keindahan pantai ini, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjunginya. Sayangnya, tidak banyak hotel dan restoran di area ini, jadi rencanakan semuanya dengan baik sebelum Anda berkunjung. Jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke sini!

Baca Juga : Pesona Keindahan Pantai Bandengan Jepara

Pulau Mandalika

Pulau MandalikaPulau Mandalika (c) @defit_riyan

Pulau ini berbeda dari yang lain karena memiliki tumbuhan khas yang tidak ditemukan di mana pun, yaitu babi hutan nongko. Ini adalah jenis nangka yang buahnya tumbuh di akar, bukan di batang. Selain tumbuhan unik ini, Anda juga bisa menemukan banyak ikan yang bisa dimakan seperti kakap, kerapu bahkan ikan pari.

Anda dapat mencapai tempat ini dengan perahu dari Benteng Portugis dan bermalam di hotel dekat Benteng. Perjalanan Anda di sini pasti akan menjadi salah satu perjalanan terbaik dalam hidup Anda.

Pantai Gelombang Mati

Pantai Gelombang MatiPantai Gelombang Mati (c) @orangyesore

Pantai Ombak Mati juga dikenal sebagai Pantai Bondo karena terletak di Desa Bondo. Pantai ini mendapatkan namanya karena hampir tidak ada gelombang yang terbentuk di lautan.

Kesan alami pantai ini masih sangat terlihat karena belum ada struktur beton. Anda akan disambut dengan pemandangan rumah-rumah kayu kecil serta beberapa restoran kecil di dekat tempat parkir.

Anda bisa berenang di laut dengan menyewa pelampung dan terdapat fasilitas untuk membilas tubuh Anda. Pantai ini sepenuhnya dipatroli oleh penduduk setempat.

Danau Blingoh

Danau BlingohDanau Blingoh (c) @jeparagayeng

Danau ini sebenarnya adalah danau buatan yang dibuat dari penggalian batu. Setelah beberapa saat, diisi dengan air, sebuah danau kecil yang indah terbentuk. Tentu saja, setiap orang yang datang dibuat takjub dengan airnya yang biru dan jernih. Ditemani juga dengan indahnya alam di sekitarnya, bisa dibayangkan betapa indahnya pemandangan di sini.

Ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk berburu foto, baik untuk amatir maupun profesional. Jika anda sedang mencari tempat wisata di jepara selain pantai dan ingin mencari foto-foto, ini adalah tempat yang tepat.

Air Terjun Grinjingan Dowo

Karena tidak dikelola oleh pemerintah, untuk mencapai tempat ini akan sedikit sulit. Namun jika Anda menyukai petualangan, mengunjungi tempat ini akan menjadi tantangan tersendiri.

Begitu sampai di tempat tersebut, Anda pasti akan dibuat takjub dengan kesegaran udara dan airnya. Anda bisa bermain di kolam di bawah air terjun atau menikmati sensasi disiram air.

Tidak perlu memasuki lokasi ini, tetapi petunjuk dari penduduk setempat mungkin diperlukan untuk mencapai lokasi. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat menarik ini!

Baca juga: Turtle Ocean Park Jepara

Taman Laut Jepang

Taman Laut JepangTaman Laut Jepara (c) @jeparaourlandpark

Water theme park ini merupakan yang terbesar di Jawa Tengah. Dengan luas total sekitar 11 hektar, di sini Anda bisa membawa keluarga dan kerabat ke berbagai permainan air. Namun bersiaplah untuk menghadapi keramaian jika Anda berkunjung pada akhir pekan dan selama musim liburan.

Tiket masuk ke lokasi berkisar antara 60.000 hingga 70.000 rupiah. Jika Anda tidak suka bermain air, ada permainan lain seperti ferris wheel, carousel, beberapa permainan outbond dan masih banyak lagi. Di sini liburan Anda dijamin sangat menyenangkan.

Menarik bukan tempat wisata di Jepara? Untuk itu, Anda harus mengingat Jepara sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya. Dengan biaya yang jauh lebih murah daripada bepergian ke luar negeri atau ke kota-kota yang lebih jauh, Anda sudah bisa mendapatkan banyak pengalaman tak terlupakan.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button