Berita Wisata

Pemandangan Gunung Puthuk Siwur yang indah, cocok untuk pendaki pemula dan Tektok

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Mojokerto terkenal dengan destinasi wisata alamnya, karena letak geografisnya yang berada di daerah pegunungan. Kota Majapahit memiliki banyak sirkuit pendakian dengan sejuta keindahan. Salah satunya adalah wisata pendakian Gunung Puthuk Siwur.

Gunung Puthuk Siwur terkenal dengan kemiringannya yang curam. Pendaki pemula dan Anda yang suka mendaki tektok harus mencobanya.

Pasalnya, gunung yang berada di ketinggian 1.429m ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam. Sangat cocok, bagi anda yang suka tektok atau bagi anda yang baru pertama kali mendaki gunung.

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk. Tiket masuk ke tempat wisata ini cukup murah, setiap pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000.

Tempat ini juga cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan. Destinasi wisata yang dikelola Perhutani ini juga menawarkan: tempat perkemahan di empat titik berbeda dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Gunung-Puthuk-Siwur-2.jpgMuhammad Marjuki terkagum-kagum dengan pemandangan sejuk yang disuguhkan oleh Gunung Puthuk Siwur. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

Di bumi perkemahan atau bumi perkemahan terendah 1, dapat dicapai hanya dalam waktu 30 menit. Di sini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pohon pinus yang menakjubkan. Ada juga gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga tercinta.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir kehabisan perbekalan. Ada juga warung-warung kecil yang siap melayani Anda 24 jam sehari.

Kemudian, di Camping Ground 2, Anda akan disuguhkan pemandangan kerlap-kerlip lampu Kota Mojokerto di malam hari. Kawasan ini berada di atas ketinggian 1.293 Mpdl, tepatnya di dekat goa bebek dengan luas yang cukup luas pula.

Sementara itu, di Camping Ground 3, Anda akan disuguhkan pemandangan Gunung Penanggungan dan kerlap-kerlip lampu kota berjuluk Mojopahit ini. Tentu saja slot ini lebih terbuka dari slot sebelumnya.

Nah, bumi perkemahan terakhir ini berada tepat di sebelah puncak Gunung Puthuk Siwur. Dari sini pengunjung tidak perlu mencapai puncak, hanya beberapa langkah saja untuk mencapai puncak.

Gunung-Puthuk-Siwur-3.jpgPadang sabana di jalur pendakian Puthuk Siwur Mojokerto. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

Dari puncak Gunung Puthuk Siwur, pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau hamparan pegunungan, Gunung Penjamin, hingga ke kota Mojokerto.

Disampaikan Muhammad Marjuki, pendaki asal Ternate senang dengan pemandangan yang disuguhkan di Gunung Puthuk Siwur.

“Alam Mojokerto sangat sejuk. Indah dan enak dipandang mata,” kata Marjuki kepada TIMES Indonesia, Minggu (6/10/2022).

Marjuki, seorang pendaki yang menyukai tektok, sangat merekomendasikan pendaki pemula dan pendaki tektok untuk mencoba trekking ke Gunung Phutuk Siwur.

“Bagi kalian yang suka tektok, gunung ini sangat disarankan mencoba. Treknya ringan dan aman, apalagi pemandangannya sangat indah,” terang mahasiswi Undar Jombang ini Gunung Puthuk Siwur.

**)

Dapatkan update berita pilihan dari TIMES Indonesia setiap hari dengan bergabung di grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan daftar. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button