Berita Wisata

Melihat Pantai Ketapang di Tangerang, yang dulunya kumuh, kini menjadi taman bakau Factbanten.co.id

Sankyu HSP

TANGERANG – Mangrove yang lebat dan sejumlah konstruksi unik mengubah wajah pantai yang dulunya kumuh, marjinal, tapi sekarang fenomenal. Pantai Ketapang kini terlihat seperti taman bakau.

Memang jika melihat latar belakang, kawasan pantai Ketapang dulunya merupakan kawasan kumuh dan meresahkan. Oleh karena itu dibutuhkan tekad dan kerja keras untuk mencapai kondisi seperti sekarang ini.

Pelestarian dan penataan ekosistem yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menjadikan tempat tersebut sebagai model pengelolaan pesisir dunia. Lebih dari itu, warga pesisir juga telah mendongkrak perekonomiannya.

HSP Pemerintah Kota

Bahkan, banyak pihak yang menyatakan bangga atas keberhasilan pembangunan desa pesisir yang dipelopori oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang di bawah kepemimpinan Bupati Ahmed Zaki Iskandar.

Taman Mangrove Ketapang kini menjadi tempat wisata yang layak dikunjungi bersama pasangan, keluarga atau teman untuk bersantai di akhir pekan atau akhir tahun 2022.

Taman mangrove ini dibangun di atas lahan seluas 7 Hektar (Ha) pada tahun 2020, lokasi ini terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Program Pengembangan Kemasyarakatan, Kelembagaan, dan Kebijakan – PKSPL IPB University, Dr. Arsyad Al Amin menjelaskan, pengembangan Pantai Ketapang sudah dilakukan sejak 2013. Saat itu, Pemkab Tangerang sering berdiskusi dengan IPB, antara lain program “Gerbang Terbentuk”.

Arsyad juga mengaku beberapa kali penanaman mangrove di sana gagal karena tingkat salinitas airnya terlalu tinggi.

“Alhamdulillah melalui ketekunan dan tekad yang kuat, khususnya Bupati Tangerang, akhirnya pelestarian pantai Ketapang berhasil dan menjadi fenomenal seperti sekarang ini,” kata Arsyad.

Saat ini, Taman Mangrove Ketapang di Kabupaten Tangerang dapat menjadi alternatif wisata bagi masyarakat. Apalagi cocok buat kamu yang suka foto-foto. (*/Merah)

pegawai negeri

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button