Tempat Wisata

Chocolate Village, wisata keluarga & fasilitas pendidikan populer di Blitar

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00 – 16.30 WIB, Alamat: J L. Banteng – Blorok No. 18, Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab.Blitar, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Kampung Coklat merupakan wisata kuliner dan edukasi pengolahan biji kakao di Kota Blitar, Jawa Timur. Di sini Anda akan menemukan berbagai macam olahan makanan berbahan dasar coklat yang bersumber dari perkebunan milik warga sekitar. Berkat tata kelola yang dipantau langsung oleh para ahli, Anda mendapatkan jaminan kualitas terbaik untuk setiap produk.

Bagi pecinta cokelat, tempat wisata ini sepertinya layak untuk dikunjungi untuk mencicipi berbagai varian produk yang relevan dan belajar langsung dari ahlinya cara membuatnya. Produk-produk di sini dijamin memiliki tekstur terbaik dengan kelayakan yang tak terbantahkan. Oleh karena itu, sebenarnya tidak sia-sia untuk menetapkan jadwal kunjungan tercepat di akhir pekan.

Selain itu, Anda bahkan dapat menikmati keindahan Blitar dan sekitarnya atau mengunjungi Makam Bung Karno di sela-sela kegiatan berburu cokelat. Pasalnya, Blitar juga terkenal dengan panorama wisata alamnya yang indah, meski masih bisa kalah dengan daerah sekitarnya seperti Malang. Tapi intinya, tak ada salahnya mengunjungi Chocolate Village untuk melepas penat sepulang kerja atau kuliah.

Daya tarik desa coklat

Daya tarik desa coklatKredit foto: Google Maps Agung YP

1. Ada kelas memasak

Kelas memasak ini sengaja dibuka untuk pengunjung yang ingin belajar cara membuat masakan dari coklat. Namun lebih dari sekadar memasak, di sini Anda memiliki kesempatan untuk mendekorasi berbagai cokelat sesuai selera pribadi Anda. Selain itu, pengunjung juga diberikan kesempatan untuk bereksperimen sendiri.

Pada dasarnya, kelas memasak tersedia di Kampung Coklat untuk anak-anak. Namun kenyataan di masa lalu menunjukkan hal lain, di mana bahkan orang dewasa pun tertarik untuk melakukan eksperimen. Tidak mengherankan sebenarnya, karena jenis kegiatan ini sebenarnya menyenangkan dan cocok untuk menghilangkan kebosanan.

Selain itu, dosen-dosennya sangat berkompeten dan menggunakan cara-cara cerdas untuk menarik perhatian peserta. Jika Anda ingin melihat sekilas cokelat dan cara pengolahannya, maka objek wisata ini cocok untuk Anda.

Kesempatan ke-2 untuk mengunjungi Chocolate Gallery

Pengunjung berkesempatan datang ke Chocolate Gallery untuk melihat berbagai produk cokelat. Bahkan, produk ini diperjualbelikan agar bisa dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang di kampung halaman atau teman dekat. Bukankah menyenangkan membeli cokelat langsung di tempat pembuatannya?

Akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dimana Anda akan diajak melihat berbagai makanan seperti brownies, chips dan coklat dalam berbagai varian baik bentuk maupun rasanya. Selain itu, Anda juga bisa membeli produk kerajinan seperti baju, tas, lumpur, dll.

3. Adanya coklat Pulo

Pulo Chocolate adalah pulau buatan di kawasan Kampung Coklat yang berada di tengah pengepungan air. Di sini pengunjung disuguhkan dengan sejuknya udara air dan pemandangan alam sekitar yang mempesona. Spot yang satu ini memang cocok untuk kamu yang ingin bersantai dan menjauh dari keramaian.

Tidak hanya itu, Pulo Chocolate bahkan menawarkan berbagai makanan melalui food truck terdekat. Anda dapat memesan dan kemudian makan hidangan di tengah pulau sambil melihat-lihat di atas air. Selain itu, jenis pengaturan wisata ini biasanya disukai oleh anak kecil, sehingga bisa dijadikan referensi untuk liburan keluarga.

4. Relaksasi di kolam ikan

Atraksi Kampung CoklatSumber gambar: Google Maps Rara

Ada semacam spot terapi ikan di mana pengunjung bisa menjejakkan kaki di kolam ikan untuk bersantai. Mungkin tempat ini cocok untuk dikunjungi setelah lelah berkeliling di berbagai wahana di Kampung Coklat.

Pikiran memiliki potensi untuk menemukan istirahat di sini setelah relaksasi. Coba rasakan sensasi kesemutan saat ikan kecil menggigit kaki Anda. Kolam renang ini diklaim dapat membantu melancarkan peredaran darah. Tak heran, banyak pengunjung yang menjadikan Fish Therapy sebagai salah satu spot favorit mereka.

Bayangkan Anda hanya perlu duduk di tepi kolam, memasukkan kaki Anda ke dalamnya dan kemudian merasakan perasaan damai berkat aksi ikan-ikan kecil yang mulai menggigit kaki Anda. Jangan khawatir, karena hewan air ini tidak berbahaya.

5. Kolam ikan kesukaan anak kecil

Ternyata di kampung coklat ini, selain terapi ikan, ada kolam ikan yang sangat digemari anak kecil. Alasannya adalah karena berbagai jenis ikan hias dibiakkan di kolam, sehingga pemandangannya sangat menarik untuk semua orang.

Pengunjung tidak hanya bisa melihat ikan hias, tapi juga berinteraksi langsung dengannya. Kolam ikan bisa dijadikan pilihan wisata edukasi keluarga dengan nuansa seru dan menyenangkan.

Jika anak Anda pemilih dan mendambakan liburan akhir pekan atau hari libur nasional, coba ajak mereka ke tempat ini. Jangan lupa untuk menggunakan Fish Pond sebagai tujuan pertama Anda sebelum menjelajah lebih jauh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kampung Coklat BlitarKredit Foto: Wisata Edukasi Cokelat Kampung Google Maps

Kampung Coklat ini terletak di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Blitar, tepatnya di Desa Kademangan, Jalan Banteng No. 18. Hingga 10 km dari pusat kota, Anda dapat mengunjunginya dengan sepeda motor atau mobil.

Jika Anda tinggal di daerah Blitar, ambil arah selatan menuju Kecamatan Jembatan Kademangan. Setelah itu, lurus terus saat menemukan pertigaan dan ikuti saja rambu-rambunya.

Atau, jika berangkat dari Stasiun Blitar, pilih rute melalui Jalan Mastrip menuju Jl. Belok kiri di Raya Trident. Tiba di Jl. Raya Trisula, belok kiri lagi menuju Jl. Banteng Blorok dan sebentar lagi Anda akan menemukan objek wisata.

Dalam perjalanan menuju destinasi ini, Anda akan dimanjakan dengan indahnya pedesaan Blitar yang penuh dengan suasana pedesaan. Terdapat areal persawahan dan perkebunan yang berjejer rapi di sepanjang sisi jalan milik warga sekitar. Untuk masalah kontur jalan sendiri tidak perlu terlalu khawatir karena cukup cocok untuk berbagai jenis kendaraan.

Desa wisata yang terkenal dengan tanaman coklatnya ini ternyata mampu menghadirkan suasana yang menyenangkan bagi para pengunjung bahkan sebelum sampai di tujuan utama. Jika ingin pengalaman yang lebih menyenangkan, disarankan naik motor pribadi untuk merasakan angin sepoi-sepoi di Kabupaten Blitar.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Chocolate VillageKredit foto: Google Maps tina krizz

Harga tiket masuk Kampung Brown Blitar berlaku untuk semua umur, dari anak-anak hingga dewasa. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 per orang. Juga, tidak ada perbedaan tarif pada hari-hari aktif, akhir pekan dan hari libur.

Beroperasi WIB dari pukul 08:00 hingga 16:30 setiap hari Senin sampai Jumat, sedangkan WIB buka dari pukul 08:00 hingga 18:00 pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Jadi pastikan Anda datang sesuai jadwal yang berlaku agar tidak kecewa. Jika ingin melakukan reservasi untuk kegiatan rombongan bisa menghubungi 082220567818.

Tentu saja harga pemesanannya berbeda dengan jika Anda datang sebagai turis biasa. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pengelola memiliki katalog di situs resmi yang bisa Anda akses. Untuk rincian tarif, Anda harus menghubungi pihak terkait secara langsung.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Kampung Coklat

Kegiatan di Kampung CoklatKredit foto: Google Maps Mochamad Aldo Bagus cahyono

1. Coba trampolin

Trampolin adalah salah satu permainan yang menyenangkan dimana pengguna biasanya melompat kesana kemari. Ini adalah kendaraan yang membutuhkan aktivitas fisik, sehingga sering menimbulkan rasa lelah. Perlu juga dicatat bahwa trampolin dianggap berbahaya jika dibawa oleh anak kecil sendirian.

Oleh karena itu, orang tua diharapkan untuk mengawasi anaknya saat bermain trampolin. Bahkan, jika memungkinkan, tidak ada salahnya menikmati permainan di sini.

2. Bergerak dengan gerobak kelinci

Kampung Coklat bisa disebut sebagai salah satu tempat wisata yang ramah keluarga. Hal ini tercermin dari banyaknya wahana yang menunjang keceriaan si kecil, seperti kereta kelinci. Wahana ini memungkinkan anak-anak kecil untuk mengelilingi area target sesuai dengan peraturan rute operator.

Tentu saja keselamatan mereka menjadi aspek utama yang harus diperhatikan agar orang tua tetap mengawasi prosesnya. Terakhir, destinasi kawasan Kabupaten Blitar ini tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini membuat penjelajahan kereta kelinci semakin menyenangkan.

3. Dengarkan musik di bola coklat

Kegiatan menarik di Chocolate VillageKredit foto: Google Maps Imam Muryanto

Di dalam kawasan sasaran ini terdapat ruang multifungsi yang sering digunakan sebagai tempat berbagai acara formal maupun informal. Misalnya acara arisan, pernikahan, rapat dan sejenisnya, sengaja disewakan kepada masyarakat umum dengan reservasi terlebih dahulu.

Menariknya Anda bisa melihat live music jika Anda datang pada hari libur karena pihak pengelola menyediakan live band, alat musik dan belum lagi penyanyinya. Di sisi lain, pengunjung diberi kesempatan untuk tampil secara sukarela agar suasana menjadi lebih semarak.

4. Istirahat di lounge

Manajemen menyediakan lounge di Kampung Coklat yang dikelilingi berbagai pohon rindang. Suasana di kawasan ini sangat teduh dan penuh kedamaian. Ada juga tempat khusus untuk fotografi di dekatnya.

Sebagian besar tanaman yang ditanam di sini adalah pohon kakao. Dengan kata lain, pengunjung akan bersantai atau menikmati jajanan di bawah lindungan tanaman tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan petugas wisata edukasi ini memetik buah-buahan cokelat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Kampung CoklatKredit foto: Google Maps Gus Jackal Crow

Pemandangan kawasan perkebunan kakao tidak hanya estetis, di sini Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas pendukung. Ada tempat parkir yang luas dan toilet umum yang terawat baik. Kedua hal ini merupakan keluhan umum dari pengunjung di banyak tempat, namun pengelola Kampung Chocolate dapat memberikan rasa aman.

Lebih banyak fasilitas dapat ditemukan di restoran dengan hidangan utama berupa olahan cokelat, tetapi tentu saja ada menu lain. Kelas memasak juga ditawarkan di sini, di mana pengunjung dapat belajar menyiapkan hidangan berbahan dasar cokelat dan dipandu langsung oleh para ahlinya.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan berbagai gerai yang menjual berbagai souvenir menarik seperti kaos, racikan makanan atau minuman berbahan dasar coklat, dan masih banyak lagi.

Kabar baiknya, harga di sini murah dan bervariasi sesuai selera pengunjung dan isi dompet. Tak heran wisatawan dari berbagai kalangan usia suka mengunjungi tempat ini.

Kampung Coklat Blitar merupakan salah satu desa wisata terpopuler di Jawa Timur dengan olahan coklat sebagai icon utamanya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, lebih dari sekedar makan. Sangat cocok misalnya sebagai sarana studi banding anak sekolah untuk belajar berwirausaha sejak dini, atau bahkan untuk studi banding antar pengembang desa wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button