Tempat Wisata

Pulau Derawan Berau – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan – Pulau Derawan salah satu andalan wisata bahari di Berau, Kalimantan Timur. Pulau-pulau dengan keindahan alam yang mempesona, khususnya Underwater Park.

Biaya Tur: Mulai dari Rp50.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Derawan Berau, Kec. Derawan, Kab.Berau, Kalimantan Timur; map: Cek lokasi

Pulau Derawan Berau merupakan destinasi wisata yang diserbu wisatawan. Pulau ini merupakan basis wisata pertama di Kabupaten Berau karena letaknya yang tidak jauh dari Dermaga Tanjung Batu. Pulau ini sangat populer dengan taman bawah lautnya yang memikat para wisatawan yang berkunjung, terutama wisatawan mancanegara.

Keindahan pesona alam yang ditawarkan pulau ini memang tak tertandingi. Pulau yang satu ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005 karena pesonanya yang memesona. Pulau ini terkenal dengan beberapa penginapan yang mengapung di atas air. pondok Float memiliki harga menengah ke bawah, sehingga banyak wisatawan yang tertarik.

Menariknya, jika Anda memutuskan untuk menginap di gubuk apung, Anda akan didekati oleh sekelompok penyu yang biasanya mencari makan di pantai sekitar pukul 06.00 pagi. pondok dimana kamu tinggal Pulau Derawan sangat cocok bagi pecinta pemandangan bawah laut karena air laut di sini sangat jernih. Pulau cantik ini tidak pernah sepi dari wisatawan.

Pemandangan Kepulauan Derawan

Daya Tarik Kepulauan DerawanKredit foto: Google Maps Simon S

Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri, sehingga tidak kalah menariknya dengan objek wisata bahari lainnya. Karena banyaknya keunggulan yang dimiliki Pulau Derawan, UNESCO menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata bahari kelas dunia. Wisatawan lokal maupun mancanegara tidak pernah gagal memasukkan pulau yang satu ini ke dalam daftar Tempat wisata laut yang wajib dikunjungi.

1. Taman Bawah Laut Kelas Dunia

Pulau ini terkenal dengan taman bawah lautnya yang indah. Terumbu karang yang mempesona, ikan yang tak terhitung jumlahnya, padang lamun yang subur hingga hutan bakau yang indah dan lestari. Ada 870 jenis ikan berupa kuda laut kerdil, 460 jenis karang bahkan pari manta raksasa yang pasti akan membuat Anda takjub.

2. Apakah Anda memiliki konsep perjalanan yang berbeda?

Yang memukau wisatawan dari pulau ini adalah keindahan lanskap wisatanya, yang didesain dengan konsep yang berbeda dari tempat wisata bahari lainnya. Di mana tempat wisata laut lainnya menawarkan akomodasi puncak tebing di pantai, tempat wisata ini menawarkan akomodasi terapung di atas laut.

3. Wisata bahari yang tidak merogoh kocek

Berbeda dengan wisata bahari lainnya yang membutuhkan budget besar, berwisata di pulau ini cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Dengan budget minimalis anda mendapatkan pesona alam yang sangat memanjakan mata.

Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dalam sejarah hidup Anda. Meski berada di luar Jawa, Anda tidak akan kecewa ketika kembali dari sini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Derawan

Alamat Pulau DerawanKredit foto: Google Maps Irma Vania Rahma

Pulau Derawan adalah pulau yang indah dengan sejuta pesona indah untuk wisata bahari. Terletak di luar pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Meski lokasinya jauh dan jauh dari pulau Jawa, tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa menikmati pengalaman yang tak terlupakan dan istimewa di pulau yang satu ini. Anda bisa mencapai pulau ini melalui jalur darat maupun udara.

Kedua rute tersebut dapat diakses dari Balikpapan atau Samarinda. Jika ingin berangkat dari Balikpapan, Anda bisa naik pesawat dan mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Sementara itu, jika Anda ingin berangkat dari Samarinda, Anda bisa naik pesawat dan mendarat di Bandara Temindung Samarinda. Waktu tempuh dari Bandara Soetta kurang lebih 2 jam. Melalui jalur darat, Anda dapat memesan perjalanan ke Kabupaten Berau (Tanjung Redeb) dari Balikpapan atau Samarinda.

Waktu tempuh perjalanan darat sekitar 12-15 jam. Kondisi jalur darat menuju Kabupaten Berau sudah baik. Disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri agar tidak merasa lapar dan haus selama perjalanan.

Dengan pesawat, Anda bisa naik pesawat ke Bandara Kalimarau (Kabupaten Berau). Anda dapat memilih dari maskapai yang berbeda seperti Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Wings Air, Batik Air dll tergantung pada anggaran Anda. Dari Bandara Kalimarau, Anda dapat memesan tur ke Tanjung Batu dan kemudian naik speedboat ke Pulau Derawan.

Penerbangan Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 8 jam. Dari Bandara Balikpapan atau Bandara Samarinda ke Bandara Kalimarau memakan waktu 1 jam. Kemudian memakan waktu sekitar 2,5 hingga 3,5 jam dari Bandara Kalimarau ke Tanjung Batu. Penyeberangan ke pulau dari Dermaga Tanjung Batu ke dermaga pulau memakan waktu sekitar 30-45 menit.

Biaya Perjalanan ke Pulau Derawan Berau

Biaya Perjalanan ke Pulau Derawan BerauSumber Gambar: Google Maps Gaichi Tourism

Biaya maskapai bervariasi sesuai dengan kebijakan masing-masing maskapai. Jika menggunakan jalur darat menuju Kabupaten Berau, biaya perjalanan dari Balikpapan atau Samarinda sekitar Rp 300.000 – Rp 350.000 per orang.

Kemudian jika menggunakan jalur penerbangan, biaya perjalanan dari Bandara Kalimarau ke Tanjung Batu sekitar Rp 75.000. Menyeberang ke pulau dari Dermaga Tanjung Batu dengan speedboat untuk 4-5 orang biayanya sekitar Rp 100.000 sekali jalan.

Sedangkan biaya sewa speedboat dengan rombongan hingga 20 orang ke dermaga pulau sekitar Rp 3.900.000. Harga tiket pesawat Jakarta-Berau berkisar Rp 1 juta – Rp 2 juta. Untuk akomodasi/ pondok di pulau yang berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 600.000 per malam.

Untuk biayanya keluarga angkat adalah sekitar Rp 150.000 per malam. Biaya sewa alat snorkeling Rp 50.000 per hari. Biaya bahan makanan antara Rp 20.000 dan Rp 50.000 per hari. Biaya sewa sepeda adalah Rp 10.000 per orang.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Derawan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau DerawanKredit foto: Google Maps Hansen

1. Rasakan suasana bawah laut saat menyelam

Bagi Anda yang memiliki hobi seperti snorkeling dan diving, pulau ini menawarkan nuansa bawah laut yang mempesona. Banyak penyelam internasional memilih pulau ini untuk menekuni hobi mereka. Ada beberapa tempat menyelam paling terkenal di pulau ini seperti Old Piezk, Shark Point, Snapper Point, Coral Point, Coral Garden, Blue Triggel Wall dan Tuturuga Point.

2. Berkeliling pulau dengan perahu

Jika tidak ingin menyelam, Anda juga bisa mengelilingi Kepulauan Derawan dengan menggunakan perahu. Menariknya, Anda bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan ikan dari atas perahu. Ikan-ikan tersebut akan saling menerkam untuk memperebutkan makanan yang Anda berikan. Tentunya pengalaman menyenangkan ini akan membebaskan Anda dari berbagai stres dan rasa lelah yang Anda rasakan.

3. Menikmati matahari terbit dan terbenam di pantai

Mencakup 44,60 hektar pulau ini, Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan pantai dan pasir putih yang masih asri, tetapi Anda juga dapat duduk santai di tepi pantai sambil menunggu matahari terbit dan terbenam. Anda tidak akan kesepian karena banyak orang Bajau juga menghabiskan waktu luang mereka untuk bersantai dan menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam.

4. Bermain dengan seluncuran air yang ditawarkan

Selain snorkeling dan diving, Anda bisa bermain seluncuran air yang ditawarkan oleh pengelola pulau ini. Anda bisa merasakan sensasi bermain wahana perahu pisang, kano, perahu layar dan juga permainan air lainnya. Anda akan merasa puas dan senang dengan fasilitas seluncuran air tersebut.

5. Cari spot foto yang menarik

Pulau ini memiliki banyak spot foto yang tidak akan membuat Anda berpaling. Setiap sudut memiliki keindahan yang berbeda dari yang lain. Yang juga sangat menarik adalah konsep yang ditawarkan island of hits, sehingga foto Anda terlihat sangat indah dengan nuansa alam yang kental. Banyak dari teman-teman Anda akan penasaran dengan tempat ini setelah melihat foto-foto Anda.

6. Menginap di Water Cottage

Pulau Derawan menawarkan berbagai hal menarik yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya. Perasaan tinggal pondok dengan harga Rp 150.000 – Rp 700.000 ini akan membuat Anda takjub sekaligus senang karena lokasinya yang berada di atas air laut. Penginapan di sini menawarkan pemandangan yang tidak biasa, yaitu pemandangan laut lepas saat Anda membuka pintu kamar.

7. Nikmati masakan unik

Pulau ini memiliki beragam sajian kuliner bahari yang unik. Masakan pulau yang paling terkenal adalah Tehe-tehe, Kima-kima dan Elai. Tehe-tehe adalah nasi ketan yang dibungkus dengan kulit bulu babi. Kima-kima adalah makanan yang terbuat dari kerang dan dikeringkan seperti ikan asin. Kemudian elai merupakan buah khas pulau ini, yang bentuk dan daging buahnya menyerupai durian.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Derawan

Akomodasi murah di sekitar Pulau DerawanKredit foto: Google Maps Wini Ismiyani

1. Resor & Restoran Lapauta Derawan

Penginapan tepi laut ini memiliki fasilitas yang lengkap. Tarif kamar di sini mulai dari Rp 400.000 per malam.

2. Resor Selam Derawan

Tarif kamar di penginapan ini mulai dari Rp 660.000 per malam. Lokasinya sangat menarik karena mengapung di atas air laut. Fasilitas di sini sangat lengkap.

3. Vila Eco Perikanan

Penginapan ini juga mengapung di atas air dan bernuansa kayu. Anda yang menyukai nuansa kamar serba kayu bisa memilih penginapan ini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Derawan Berau

Fasilitas Pulau Berau DerawanKredit foto: Google Maps Brigida Emi Lilia

Tidak hanya pulau ini yang menawarkan pesona pemandangan alamnya yang mempesona, pengelola pulau ini juga telah menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai bagi para wisatawan. Anda bisa menyewa perahu cepat dan sewa mobil PP shuttle dari Bandara Kalimarau ke Dermaga Tanjung Batu.

Penyewaan peralatan snorkeling, scuba diving, perjalanan olahraga air seperti perahu pisang juga tersedia di pulau ini. Ada juga fasilitas lain seperti kamar mandi, toilet, tempat ibadah, parkir kendaraan, dermaga dan juga warung makan.

Bagi Anda yang ingin bermalam, tersedia juga banyak penginapan di sekitar pulau ini. Anda dapat memilih akomodasi nyaman yang sesuai dengan anggaran Anda.

Demikian informasi mengenai wisata Pulau Derawan yang bisa Anda jadikan referensi saat liburan tiba. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Ada juga banyak penginapan dan fasilitas di sekitar pulau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button