Berita Wisata

BKSDA serahkan lahan 20 ha untuk waduk pengendali banjir di kota Dumai

BKSDA serahkan lahan 20 ha untuk waduk pengendali banjir di kota Dumai

Senin 07 November 2022 – 18:47:09 WIB

Walikota Dumai menandatangani dokumen kerjasama antara Pemko Dumai dan BKSDA untuk pembangunan waduk di Kawasan Konservasi Sungai Dumai seluas 20 hektar (foto: bambang/halloriau.com)
Walikota Dumai menandatangani dokumen kerjasama antara Pemko Dumai dan BKSDA untuk pembangunan waduk di Kawasan Konservasi Sungai Dumai seluas 20 hektar (foto: bambang/halloriau.com)

DUMAI- Pemko Dumai menandatangani perjanjian kerjasama antara Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dengan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Senin (11/7/2022) di Wan Dahlan Ibrahim Imeuble.

Penandatanganan kerjasama juga dilakukan oleh Kepala Bappeda Budi Hasnul, Pj Kepala PUPR Reza Pahlefi, Kepala SDA Sarwono, Kepala Biro Hukum Dedy dan Kepala Dinas Sumber Daya Air PUPR Wan Rieko.

Kerjasama Pemko Dumai dengan BBKSDA Riau ini terkait dengan pengelolaan kawasan hutan di kawasan sungai Dumai atau Bukit Cahaya seluas 20 hektar yang akan dijadikan sebagai tampungan tampungan air yang jatuh dari atas atau Bukit Batrem sehingga Bumi Ayu dan sekitarnya tidak tergenang.

Perjanjian kerjasama ini berkaitan dengan rencana pembangunan waduk dan fasilitas pendukungnya dalam rencana mitigasi di Taman Wisata Alam Sungai Dumai yang pembangunannya telah direncanakan sejak lama oleh Pemerintah Kota Dumai.

Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan mengatakan pembangunan waduk akan dilakukan bekerja sama dengan Pemko Dumai karena Kementerian Lingkungan Hidup telah menyetujui pembangunannya.

“Pembangunan waduk ini merupakan kegiatan yang strategis dan dibutuhkan sebagai penampung air saat musim hujan atau akan menjadi tempat penampungan air untuk mencegah banjir,” kata Genman.

“Dengan izin Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kami di BBKSDA telah menyepakati Taman Wisata Sungai Dumai dapat digunakan sebagai lokasi tampungan air atau waduk,” jelasnya.

Walikota Dumai, H Paisal menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup atas pembangunan waduk yang telah direncanakan oleh Pemkot Dumai dapat terlaksana.

“Saya mohon kepada Dinas PUPR untuk segera melakukan pendataan dan pengukuran serta pekerjaan pembangunan waduk untuk mencegah terjadinya banjir,” kata Wakapolres.

“Kami sudah lama merencanakan pembangunan waduk ini, akhirnya kami realisasikan. Selain waduk, tempat ini juga akan disulap menjadi tempat wisata bagi masyarakat Dumai ke depan,” pungkasnya.

Pengarang: Bam Bang
Penerbit: Barkah

Jika Anda memiliki informasi tentang suatu kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silahkan SMS ke 0813 7176 0777
oleh EMAIL: [email protected]
(mohon lampirkan data pribadi Anda)

Komentar Anda:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button