Berita Wisata

7 Pantai Indah di Pacitan

Keindahan alam Kabupaten Pacitan seakan tiada habisnya, termasuk pantai-pantai di sepanjang pesisir pantai dari ujung timur (wilayah kabupaten Sudimoro) hingga barat (kabupaten Donorojo). Pantai di kawasan yang dijuluki “Paradise of Java” yang dibuka sebagai destinasi wisata ini juga semakin berkembang. Masing-masing dari mereka memiliki keunikannya sendiri. Apa pun?.

1. Pantai Teleng Ria

Ini 7 Pantai Indah Pacitan, Surganya JawaPantai Teleng Ria, Pacitan (instagram.com/diskonpacitan)

Destinasi wisata di desa Sidoharjo di Kabupaten Pacitan ini relatif paling mudah dijangkau oleh wisatawan yang datang dari barat (Jawa Tengah) atau dari utara (Ponorogo, Jawa Timur). Memang lokasinya tidak lebih dari satu kilometer dari jalan raya Pacitan – Wonogiri, tepatnya di Desa Sidoharjo, Kabupaten Pacitan.

Selain akses yang mudah, Pantai Teleng Ria juga menawarkan keindahan pemandangan. Ombak langsung terlihat di jalan-jalan lokasi wisata yang dikelola swasta. Untuk menikmatinya, Anda bisa menggunakan gerobak atau sepeda gunung yang disewakan di sana.

Bagi wisatawan yang ingin membeli makanan khas, bisa mendatangi deretan kios-kios pedagang yang ada di kawasan wisata tersebut. Selain itu, akomodasi dengan konsep bungalow juga tersedia di sana, sekitar 200 meter dari pantai.

Baca Juga : 5 Fakta Pantai Benges Pacitan Dengan Tebing Karangnya Yang Mempesona

2. Pantai Srau

Ini 7 Pantai Indah Pacitan, Surganya JawaPantai Srau Pacitan (instargram.com/kargenic)

Ombak di Pantai Desa Candi di Kecamatan Pringkuku relatif tenang dibandingkan dengan tempat lain. Dengan demikian, lebih aman bagi wisatawan yang ingin berjalan tanpa alas kaki di tepi sungai.

Tepi pantai di antara bebatuan menjadi salah satu titik yang banyak dikunjungi para pelancong. Sebab, relatif aman bermain air dan pasir putih sambil menikmati semilir angin.

Bagi wisatawan yang ingin berkemah, lokasi ini juga bisa dijadikan tujuan alternatif. Hal ini dikarenakan memiliki areal yang luas dan rata di antara tegakan pohon kelapa. Tidak hanya itu, di kawasan Pantai Srau juga terdapat pantai lain yaitu Pantai Wayang.

3. Pantai Watukarung

Ini 7 Pantai Indah Pacitan, Surganya JawaPantai Watukarung Pacitan (instagram.com/desalimasanresort)

Panorama di pantai ini cukup eksotis. Sejumlah batu karang tampak berdiri di tengah pantai yang terlihat seperti gugusan pulau. Keindahan lainnya adalah pasir putihnya. Juga, potensi gelombang tinggi dikenal sebagai istirahat karangmenjadikan Pantai Desa Watukarung di Kecamatan Pringkuku sebagai tempat wisata yang populer peselancar kelas dunia.

Juara Rip Curl Search Bruce Irons berkesempatan menjajal ombak di Pantai Watukarung pada tahun 2008. Peselancar dari Perancis, Amerika Serikat dan Spanyol juga pernah berlatih di sana. Untuk tinggal, para peselancar Orang asing ini memanfaatkan beberapa tinggal di rumah yang berdiri di pantai.

Baca Juga: Menikmati Sunset di Pantai Konang Trenggalek

4. Pantai Klayar

Ini 7 Pantai Indah Pacitan, Surganya JawaPantai Klayar (instagram.com/wisatapantaiklayar)

Pantai di desa Kalak di kabupaten Donorojo adalah salah satu kunjungan utama di Pacitan. Sebab, menyuguhkan pasir putih di bagian tepinya. Selain itu, kehadiran batu unik yang mengangkat suara ‘mengi‘.

Fenomena ini dikenal dengan nama seruling laut dan menjadi ikon di pantai Klayar. Karena keindahan alam dan fenomena alam, Maestro Campursari Didi Kempot menciptakan dan mempopulerkan lagu berjudul Pantai Klayar.

5. Banyu Tibo

Ini 7 Pantai Indah Pacitan, Surganya JawaPantai Banyu Tibo Pacitan (instagram.com/dolanpacitan)

Sesuai dengan namanya yang berarti air terjun, destinasi wisata ini menyuguhkan eksotisme air yang jatuh dari sungai dan langsung jatuh di tepi pantai. Dengan demikian, pengunjung pantai desa Widoro di kabupaten Donorojo dapat bermain air tawar dan air laut di kawasan tersebut secara bersamaan.

Fenomena alam ini jarang terjadi di dunia. Oleh karena itu, warga dan pemerintah setempat membukanya sebagai tempat wisata.

6. Pantai Soge

Ini 7 Pantai Indah Pacitan, Surganya JawaPantai Soge Pacitan (instagram.com/endry_ernawan)

Tempat wisata ini juga relatif mudah dijangkau. Karena berada di pinggir Jalur Lintas Selatan (JLS) yang termasuk dalam wilayah desa Sidomulyo, kecamatan Ngadirojo. Dengan menyeberang di titik ini, panorama indah ditawarkan kepada pengguna jalan.

Yang penat dari perjalanan jauh juga bisa singgah di sini untuk menikmati keindahan salah satu pantai di Pacitan.

7. Pantai Pangasan

Ini 7 Pantai Indah Pacitan, Surganya JawaPantai Pangasan Pacitan (instagram.com/dolanpacitan)

Pantai ini terletak di desa Kalipelus, kabupaten Kebonagung. Keindahan yang tersaji disana seperti batu karang yang menyerupai perbukitan pantai. Batu yang menjulang tinggi itu dikenal dengan nama Gunung Lanang dan Gunung Ganjaran.

Keindahan lain dari pantai ini adalah tidak adanya pasir di bibir pantai. Pantainya hanya terdiri dari bebatuan. Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus melewati persawahan terlebih dahulu.

Selain tujuh pantai tersebut, masih ada beberapa tempat wisata di kawasan pantai Pacitan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Untuk bisa menikmati keindahan panorama pantai di lingkungan sekitar, butuh waktu beberapa hari.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Sarapan Khas di Pacitan, Ada Nasi Tiwul

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button