Tempat Wisata

Rambut Monte, Keajaiban Telaga Eksotis yang Penuh Mitos di Blitar

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Tirtomoyo, Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab.Blitar, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Rambut Monte merupakan tempat wisata di Blitar berupa danau dengan keindahan alam yang menakjubkan. Dengan air yang begitu jernih berpadu dengan warna biru kehijauan di tengah danau, kawasan ini terlihat sangat indah.

Terletak di Telaga Rambut Monte, Anda juga bisa melihat puluhan ikan abu-abu besar berenang hilir mudik. Tidak jarang ikan ini muncul dan memamerkan siripnya yang mirip hiu. Ikan ini disebut oleh warga sekitar dengan nama Ikan Dewa. Untuk itu, pengunjung tidak diperbolehkan mandi atau berenang di sini.

Tempat ini tidak hanya sebagai objek wisata tetapi juga sebagai kawasan cagar budaya. Hal ini dikarenakan di kawasan ini terdapat sebuah pura bersejarah yang sering digunakan oleh umat Hindu untuk sembahyang pada hari-hari besar keagamaan.

Daya tarik yang dimiliki Monte Hair

Daya tarik rambut Monte BlitarKredit foto: Google Maps Aries Evo

1. Keindahan danau dan alam sekitarnya

Sebuah danau dengan keindahan yang luar biasa menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Keindahan danau yang memiliki air yang begitu jernih ini semakin terasa lengkap dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya. Saat cuaca cerah Anda bisa menikmati telaga yang memantulkan indahnya rindangnya pepohonan dan awan yang begitu mencolok.

2. Rumah ikan langka

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Telaga Rambut Monte Blitar adalah habitat ikan langka asli Indonesia. Keberadaan ikan ini disakralkan oleh warga sekitar, masyarakat percaya bahwa menangkap ikan di danau ini dapat membawa kehancuran dan kutukan.

Namun dibalik mitos tersebut, keberadaan ikan ini harus dilestarikan dan tidak diganggu, karena nilai sejarah dan aura mistis yang ada di tempat ini berperan penting dalam menjaga kelestarian dan juga sebagai daya tarik di danau ini.

3. Keberadaan candi bersejarah

Daya tarik rambut Monte BlitarKredit foto: Google Maps Brontho Dwiatmoko

Kawasan wisata ini masih satu kompleks dengan Pura Rambut Monte, sebuah pura bersejarah yang masih sering digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu. Pembangunan candi dan bangunan kuno di sini bisa membuat Anda merasa seperti berada dalam keadaan kuno.

Suasana di sekitar tempat ini terasa begitu sejuk dan asri. Hal ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk menenangkan pikiran dari segala penat dan masalah sehari-hari. Karena terdapat berbagai bangunan kuno yang menarik, Anda juga bisa memanfaatkan area candi ini untuk mencari foto-foto unik yang pastinya instagenic.

4. Cerita Sejarah

Sebelumnya diketahui bahwa destinasi alam ini merupakan kawasan danau dengan air yang jernih dengan warna pirus yang indah yang berasal dari dua mata air. Menurut mitos yang dipercaya penduduk setempat, warna indah yang muncul di danau ini berasal dari kisah Mbah Monte, seorang wanita yang tidak memiliki anak.

Singkat cerita, Mbah Monte memiliki dua murid yang menyalahgunakan ilmu yang diajarkannya. Akhirnya, Mbah Monte marah dan membakar pohon-pohon di sekitar danau. Konon ikan di danau ini berasal dari pembakaran pohon oleh Mbah Monte. Dan kedua siswa itu berubah menjadi dua mata air di kawasan danau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Rambut Monte BlitarKredit foto: Google Maps Syamsul Arifin

Telaga Rambut Monte masih berada di kawasan yang sama dengan Candi Rambut Monte di Kecamatan Gundusari. Atau lebih tepatnya di Desa Krisik. Lokasi danau ini berada di antara kaki Gunung Buthak dan Gunung Kelud di Blitar, Jawa Timur.

Danau yang terdaftar dengan air yang begitu jernih ini berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Hal inilah yang membuat udara di kawasan tersebut terasa begitu sejuk dan dingin. Selain itu bisa dikatakan akses jalan menuju kawasan wisata ini cukup baik, namun masih cukup sempit bila kendaraan besar melewatinya.

Untuk rute menuju lokasi, Anda bisa memulai perjalanan dari arah utara yaitu dari Pasar Wingi. Dari sini, Anda tinggal mengikuti jalan utama untuk sampai ke Batu. Setelah melewati jembatan besar, ini adalah tanda bahwa Anda telah sampai di desa Krisik.

Sekitar 2 km dari pintu masuk desa Krisik Anda akan menemukan pasar. Dari pasar ini Anda bisa masuk ke gang di sebelah kanan lalu belok kiri untuk menuju tujuan. Tidak disarankan menggunakan kendaraan bus saat mengunjungi objek wisata ini karena kondisi jalan yang cukup sempit.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Rambut Monte BlitarKredit Foto: Google Maps Tryyas Eka Pradibtya

Untuk memasuki kawasan wisata Rambut Monte, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar 3.000 rupiah per orang untuk dewasa dan 2.000 rupiah per orang untuk anak-anak. Wajar jika biaya ini terbilang cukup murah, namun jangan salah menilai keindahan yang ditawarkan di kawasan wisata tepi danau ini, karena keindahannya tidak murah.

Anda juga akan dikenakan biaya tambahan berupa biaya parkir kendaraan. Tarif ini dipatok dengan tarif yang relatif murah, yakni hanya Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Anda bisa lebih hemat jika datang dengan rombongan lebih dari 25 orang. Karena jika Anda datang dengan rombongan, maka Anda berpeluang mendapatkan diskon sebesar 15 persen. Hal ini tentunya membuat tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama rombongan, baik bersama keluarga maupun bersama teman-teman.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Hair Monte

Aktivitas Rambut Monte BlitarKredit Foto: Google Maps Nona Wulan

1. Beri makan ikan

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kawasan danau ini sangat kaya akan ikan. Hal ini dapat memberikan aktivitas yang menarik berupa memberi makan ikan-ikan di danau ini. Anda bisa membuang makanan ikan di area laut berupa kacang-kacangan. Setelah membuang pakan, Anda memiliki pemandangan indah dari ikan yang berkerumun.

Jika Anda tidak memiliki makanan di sini untuk dibagikan dengan ikan, Anda dapat membelinya dari kios-kios di sekitar danau.

2. Berburu foto

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan selama liburan di kawasan wisata Rambut Monte adalah mencari spot foto yang keren. Di tempat ini Anda akan menemukan berbagai spot foto Instagram menarik yang akan dijadikan sebagai latar belakang untuk mengabadikan momen liburan Anda.

3. Nikmati suasana alam

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah menikmati segala keindahan dan suasana alam yang ada di sana. Adanya danau biru jernih dan pepohonan hijau di sekitarnya menciptakan suasana yang sangat asri dengan udara yang sejuk dan sejuk, yang dapat membuat anda merasa lebih segar.

4. Berkemah dan bersantai di tempat tidur gantung

Kegiatan Fun Rambut Monte BlitarSumber gambar: Google Maps deni _my name

Bagi Anda yang suka berkemah di alam, tempat wisata ini cocok untuk Anda. Karena disini terdapat beberapa kavling tanah atau lahan bera yang bisa anda manfaatkan sebagai area camping.

Selain berkemah, Anda juga bisa mendirikan hammock di kawasan wisata ini, karena di sebelah timur danau ini terdapat pohon pinus yang berdiri saling berdekatan. Anda bisa bersantai dengan duduk atau berbaring di hammock sambil menikmati keindahan alam yang terasa begitu sejuk.

5. Berenang

Sebuah kawasan danau yang tidak diperbolehkan untuk berenang membuat pengelola dan warga sekitar Rambut Monte sepakat untuk membangun kolam renang di kawasan wisata ini. Dengan dibangunnya kolam renang ini, Anda bisa mandi sepuasnya dan bermain air seperti sedang berenang di kawasan laut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas tata rambut Monte BlitarSumber gambar: Google Maps Robertus Hari

Bisa dikatakan objek wisata ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Di sebelah selatan danau ini terdapat titik pandang setinggi sekitar 7 meter. Anda dapat menggunakan sudut pandang ini untuk menikmati keindahan danau sepenuhnya.

Selain itu, karena kawasan danau Rambut Monte tidak boleh digunakan untuk mandi atau berenang, pengelola menyediakan kolam khusus agar pengunjung kawasan wisata ini tetap bisa berasa bisa berenang.

Ada juga tempat parkir mobil yang cukup luas di sini tapi ini akan sangat penuh sampai ke jalan saat musim liburan masuk. Fasilitas penunjang lain yang juga tersedia di kawasan danau ini antara lain beberapa warung makan, kamar mandi air bersih, mushola, pendopo dan masih banyak fasilitas lainnya.

Ini adalah kilas balik rambut Monte di Kota Blitar yang memiliki pesona danau yang begitu indah. Tentunya tempat wisata ini bisa menjadi referensi tempat liburan dengan budget minim untuk dikunjungi, terutama yang berada di dekat kota Blitar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button