Berita Wisata

7 Tempat Wisata Terbaik Di Tidore, Ada Masjid Berusia 3 Abad : Okezone Travel

ADA Ada banyak tempat wisata di setiap pulau, termasuk salah satunya di Tidore. Ternyata ada banyak tempat wisata terbaik di Tidore, Maluku Utara.

Kepulauan Tidore adalah salah satu kota di Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Tepat di Kecamatan Oba Utara, Kota Kepulauan Tidore, ibu kota provinsi Maluku Utara terletak di Sofifi.

Penasaran dengan tempat wisata terbaik di Tidore? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tempat wisata terbaik di Tidore yang bisa menjadi pilihan.

1. Masjid Kesultanan Tidore

Masjid Kesultanan Tidore sudah sangat tua karena dibangun pada tahun 1700 Masehi. Telah mengalami beberapa kali perbaikan dan penggantian, seperti atap masjid yang semula berbentuk seperti alang-alang, berubah menjadi lembaran ilalang dan sekarang seng. Meski sudah banyak yang direnovasi, bentuk arsitektur asli masjid ini tetap dipertahankan.

Selain berusia ratusan tahun, masjid ini memiliki keunikan karena memiliki lubang sebagai jendela dan pada zaman dahulu lubang tersebut digunakan sebagai tempat untuk melihat arah kiblat.

2. Pulau Maitara

Pulau Matiara terletak di antara pulau Tidore dan Ternate. Pulau ini memiliki pesona pemandangan yang sangat indah, tidak heran jika setiap hari banyak pengunjung yang datang.

Pulau yang indah ini sebenarnya sudah dikenal hampir oleh setiap orang Indonesia, karena memiliki mata uang seribu rupiah.

Pulau Maitara

(Foto: Instagram/@lintangindiraa)

Selain bisa menikmati pemandangan alam, Anda juga bisa bermain pasir dan air. Dan menariknya, tempat ini merupakan surganya para pemancing.

3. Pulau Woda

Terletak di distrik Oba, tempat wisata selanjutnya adalah Pulau Woda. Pulau ini awalnya merupakan pulau yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, namun kemudian dipindahkan oleh pemerintah ke Pulau Halmahera.

Setelah menjadi pulau tak berpenghuni, Pulau Woda kemudian dijadikan tempat wisata dan kini menjadi sangat populer. Tempat wisata ini memiliki jembatan kayu yang indah dan pantai pasir putih yang akan membuat pengunjung betah berada di pulau tak berpenghuni ini karena akan dibuat takjub melihat pesona keindahannya.

Keindahan Pulau Tidore

(Foto: Instagram/@yudhistiraw)

4. Sonyine Malige

Sonyine Malige adalah nama Museum Kepulauan Tidore. Museum ini menyimpan barang-barang berharga dari para bangsawan dan sultan Kesultanan Tidore. Museum ini dibangun berkat dana hibah yang dikumpulkan oleh masyarakat Tidore.

Luas museum ini sekitar 800 meter persegi dengan luas bangunan 300 meter persegi. Koleksi yang dimiliki museum ini adalah mahkota Sultan Tidore, perangko Sultan, pakaian adat, peralatan perang, peralatan tempa besi, dll.

Baca juga: Konvoi Armada Ungu menandai pembukaan Taco Bell Paramount Gading Serpong

5. Air Terjun Goheba

Air terjun ini terletak di perbukitan yang berada di kecamatan Kalaodi. Suasana air terjun Goheba begitu indah dan asri. Terdapat sungai yang melintas, dikelilingi bebatuan dan pepohonan, menambah keindahan tempat wisata ini. Ada juga fauna burung bernama Dome yang memiliki suara merdu.

6. Desa Gurabunga

Tempat wisata di Tidore selanjutnya adalah desa Gurabunga, satu-satunya desa di kota Tidore yang berhawa segar. Pasalnya, lokasinya berada 800 meter di atas permukaan laut.

Disebut Desa Gurabunga yang berarti desa taman bunga karena desa ini dikelilingi oleh bunga. Setiap pekarangan rumah warga ditumbuhi berbagai jenis bunga dengan warna yang indah.

Desa Gurabunga, Tidore

(Foto: Instagram/@gogoo_om)

7. Museum Kesultanan Tidore

Museum Kesultanan Tidore menyimpan berbagai jenis artefak sejarah Kesultanan Tidore dari zaman dahulu hingga saat ini.

Benda bersejarah yang sangat unik dan fenomenal di museum ini adalah Hairy Crown. Diyakini bahwa rambut yang menempel di bagian atas ubun-ubun itu hidup dan bisa tumbuh.

Karena rambut di ubun-ubun tumbuh panjang, maka dipotong dalam prosesi atau upacara khusus pada malam Idul Adha. Calon putra mahkota Kesultanan Tidore ditentukan oleh ada tidaknya mahkota di atas kepalanya. Jika dia bisa dilampirkan dengan benar, dia berhak menjadi Sultan Tidore.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button