Tempat Wisata

Biaya Masuk & Atraksi Kebun Raya Cibodas

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas: Rp 15.500 – Rp 25.500 Jam Buka: Hari Kerja 08.00 – 16.00 | Akhir pekan 07:00 – 16:00 Nomor Telepon: 0263512233 Alamat: Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas,, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Kebun Raya Ciboda adalah sebuah perjalanan edukasi yang bertemakan dunia flora. Awalnya kawasan ini didirikan oleh seorang kurator Kebun Raya Bogor bernama Ellias Teijsmann. Kemudian resmi dibuka pada 11 April 1852. Meski usianya tidak lagi cukup muda, kecantikan alaminya tetap terjaga hingga saat ini.

Berbagai tumbuhan langka dari seluruh dunia berada di Kebun Raya Cibodas. Mulai dari tumbuhan khas Indonesia, Jepang, Amerika dan negara lainnya. Sejauh ini, jumlah koleksi yang tercatat telah mencapai 5.831 tanaman. Mereka semua tumbuh subur di atas lahan yang luasnya kurang lebih 80 hektar.

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Tiket masuknya benar-benar murah dan tidak memakan dompet Anda. Baik turis domestik maupun asing membayar harga yang sama. Baik hari kerja, akhir pekan, dan hari libur.

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas
Jenis tiket Hari biasa akhir pekan
Wisatawan Lokal/Internasional Rp15.500 Rp25.500

Baca: Tiket Kebun Raya Bogor & 5 Zona Kebun

Jam buka Kebun Raya Cibodas

Wisatawan bisa datang ke Kebun Raya Cibodas kapan saja. Namun, waktu berkunjung dibatasi hanya dari pagi hingga sore hari.

jam buka
Senin Jum’at 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu & Hari Libur 07.00 – 16.00 WIB

Tempat wisata Kebun Raya Cibodas

Liburan keluarga di Kebun Raya Cibodas memang menjadi pilihan terbaik. Selain sebagai sarana hiburan, banyak hal yang bisa dipelajari. Salah satunya mengenal dunia flora dan ekosistem liar. Berikut adalah berbagai tempat wisata.

Tanaman indah di rumah kaca

Sekelompok kaktus di rumah kaca di Kebun Raya Cibodas.Rumah kaca memiliki tiga koleksi tanaman, yaitu anggrek, kaktus, dan sukulen. Foto: Googlemap/Juwita Triana

Kebun raya memiliki koleksi tanaman dalam dan di luar. Keduanya tumbuh di lokasi yang berbeda. Untuk tanaman di luar terletak di sebuah taman. sedangkan bagian dalam ada di rumah kaca.

Tanaman di dalam rumah kaca sendiri kebanyakan didominasi oleh anggrek. Jumlahnya kini mencapai 262 spesies. Selebihnya ada 98 jenis kaktus dan 71 jenis sukulen. Jumlah ini akan terus bertambah karena kebun raya juga memiliki rumah kaca.

Rumah kaca propagasi berfungsi sebagai media pemuliaan bagi tanaman yang ada. Sekaligus sebagai tempat penyimpanan agar tanaman tidak mati. Jika proses ini berhasil, tanaman tersebut nantinya ditempatkan di rumah kaca. Dan sebagian lainnya dijual kepada pengunjung yang datang.

Baca: Tiket, Jam, dan Aktivitas Kebun Raya Cibodas

Bunga Jepang di taman sakura

Pohon Sakura di Kebun Raya Cibodas Taman Sakura.Keindahan bunga sakura hanya datang dua kali dalam setahun. Foto: Googlemap/Laurenita Meilani

Bagi pecinta budaya Jepang, Anda wajib mengunjungi Taman Sakura. Tidak perlu jauh-jauh ke negara asalnya. Datang saja ke Kebun Raya Cibodas. Ada sebuah taman dengan 5 jenis tanaman sakura.

Kelimanya adalah Prunus Cerasoides, Yamasakura, Lannesiana, Yedoensis, dan Sp. Musim berbunga bunganya hanya terjadi dua kali dalam setahun. Pertama di awal tahun dari Januari hingga Februari. Dan yang kedua adalah pada pertengahan tahun dari awal Juni hingga akhir Agustus.

Sayangnya, bunga sakura hanya bisa mekar selama 4 hari. Di luar ini, pohon tidak akan lagi menghasilkan kuncup bunga. Dan pengunjung harus menunggu sampai tahun depan. Tapi tenang saja, wisatawan bisa melihat keindahan lain berupa air terjun bertingkat.

Baca: Tiket & Atraksi TAMAN SAFARI Cisarua

Taman Rhododendron

Rhododendron Gardens adalah area khusus untuk tanaman azalea. Tingginya tidak melebihi 1 meter, dan bentuknya menyerupai semak. Padahal, ada banyak jenis tanaman azalea. Namun, hanya ada tiga spesies di kebun raya. Yaitu Rhododendron Javanicum, Mucronatum dan Macgregoriae

Tanaman ini memiliki hiasan bunga berwarna-warni di atasnya. Ada warna kuning, pink dan orange. Di sepanjang jalan berbatu, wisatawan bisa melihat bunga-bunga bermekaran di setiap sudutnya. Namun yang paling dominan adalah bunga azalea berwarna pink.

Baca: Tiket & Aktivitas MANDALAWANGI Cibodas

Mempelajari dunia medis di kebun obat

Selain penyajian tanaman langka yang sering digunakan untuk penghias ruangan. Kebun raya juga memiliki sejumlah tanaman obat. Salah satunya adalah tanaman penambah daya ingat yang disebut urb atau pegagan. Sebenarnya masih banyak, namun jumlah koleksinya saat ini hanya sekitar 164 jenis.

Semua tanaman ini tumbuh sempurna di kebun obat. Kawasan ini dibuka untuk umum sejak tahun 2006. Perkiraan luas plot adalah sekitar 1.500 meter persegi. Di sekitar taman terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati hijaunya alam.

Baca: Tiket & Tempat Wisata KUNINGAN Botanical Gardens

Keindahan taman lumut yang eksotis

Tumbuhan lumut di Kebun Raya Cibodas.jpgTaman unik yang ditumbuhi tanaman lumut khas Indonesia. Foto : Googlemap/Aspire

Biasanya taman dihiasi dengan berbagai bunga yang menawan. Namun kebun Kebun Raya Cibodas justru menunjukkan hal lain. Ada taman dengan tanaman lumut super besar. Meliputi hampir seluruh wilayah daratan berbukit.

Alun-alun taman lumut ini sudah ada sejak lama, pembangunannya dimulai pada tahun 2004. Dan peresmiannya sendiri berlangsung pada tanggal 11 April 2006, bertepatan dengan hari jadi ke-154 kebun raya, luas situsnya setara dengan kebun obat, yaitu 1.500 meter persegi.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Bali dan Koleksi Unik

Cium aroma bunga Kadsura di taman Liana

Liana Park merupakan salah satu theme park yang ada di Botanical Garden. Hal yang menarik dari kawasan ini adalah adanya kolam buatan yang mengelilingi taman. Banyak tanaman liana tumbuh di tepinya. Bentuk batangnya memanjang dan tergantung pada pagar besi berwarna hitam.

Tanaman liana sangat suka menyebar ke benda atau tanaman di sebelahnya. Tujuannya tak lain adalah mencari sinar matahari agar ia tumbuh dan mekar. Sedangkan akarnya masih di dalam tanah.

Bentuk bunga liana sangat kecil, dan posisinya bergerombol. 3-10 bunga dapat tumbuh pada satu batang. Warnanya putih, merah, ungu dan orange. Salah satu jenis tanaman liana yang sering digunakan sebagai obat tradisional adalah kadsura.

Baca: Tiket dan Aktivitas Kebun Raya Baturraden

perabot

Untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan, tersedia berbagai fasilitas yang memadai. Mulai dari tempat parkir, toilet, mushola, restoran, paviliun dan diakhiri dengan taman bermain anak. Jika lelah berjalan jauh, wisatawan bisa menyewa beberapa alat transportasi dengan harga yang berbeda-beda.

Lokasi Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya terletak di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya. Tepatnya di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dibutuhkan sekitar 2 jam dari Jakarta ke Puncak Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button