Tempat Wisata

Lembang Park &​​​​​​​​, kebun binatang mini yang dilengkapi dengan berbagai wahana

harga tiket: Rp40.000, Waktu aktif: 08.00 – 18.00 WIB, Alamat: J L. Kolonel Masturi No. 171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kab.Bandung Barat, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Kebun binatang masih menjadi salah satu tempat rekreasi lokal yang paling menarik, terutama untuk anak-anak. Di Bandung, Jawa Barat tepatnya di Lembang terdapat sebuah tempat wisata yang bernama Lembang Park & ​​Zoo. Seperti namanya, tempat wisata ini merupakan kebun binatang dengan koleksi berbagai jenis hewan. Hingga saat ini terdapat lebih dari 550 spesies hewan, dari jinak hingga liar.

Tempat wisata yang terletak di 171 Jalan Kolonel Masturi ini sebenarnya sudah dibuka sejak tahun 2019 dengan harga trial 35.000 rupiah. Menariknya, pengunjung bisa membayar atau membeli tiket masuk menggunakan kartu kredit atau debit. Jadi Anda tidak perlu mencari ATM jika tidak membawa uang tunai.

Tiket Lembang Park & ​​Zoo di Bandung

Cek Klook

Atraksi Taman & Kebun Binatang Lembang

Atraksi Taman & Kebun Binatang LembangKredit foto: Google Maps Taman & Kebun Binatang Lembang

Selain kebun binatang, daya tarik utama dari Lembang Park & ​​Zoo tentunya adalah koleksi satwa yang bisa dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak. Bagi anak-anak, belajar melalui bermain tentu mudah diterima dan dipahami. Apalagi jika konsep yang digunakan hampir mirip dengan habitat aslinya. Sebut saja monyet yang diberi banyak pohon dan kolam kecil, persis seperti di hutan.

Daya tarik selanjutnya adalah tempat keberadaannya, dikelilingi daerah perbukitan dengan udara yang masih alami. Udara sejuk bisa sedikit menghilangkan rasa lelah dari aktivitas sehari-hari. Udara yang jauh dari polusi dapat membuat organ Anda sedikit beristirahat dengan menyaring racun yang biasanya ada di kota.

Masih terikat dengan lokasi, pemandangan yang ditawarkan pun tak kalah menarik. Saat melihat sekeliling, mata tidak bisa jauh dari pepohonan yang rindang dan kontur perbukitan yang alami. Apalagi jika posisinya persis berada di kaki gunung, di mana kesan eksotis langsung terasa.

Konsep bangunannya bisa menjadi daya tarik tambahan. Dengan perpaduan gaya klasik dan modern Eropa, Lembang Park & ​​Zoo bisa menjadi top list tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kebun Binatang Lembang ParKredit foto: Google Maps Joshua Yabes

Apapun kendaraan yang akan dan akan digunakan nantinya, baik angkutan umum maupun pribadi, tujuan akhirnya adalah Jl. Kolonel Masturi No. 171, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Tergantung pada posisi awal, banyak rute yang memungkinkan. Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 15 km dan memakan waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan pribadi.

Ambil titik dari Alun-Alun Kota Bandung lalu lewati Jalan HOS Tjokoroaminoto. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Sukajadi hingga sampai di Jalan Sersan Bajuri. Dari lokasi terakhir, cari Jalan Kolonel Masturi yang tidak jauh dari sana. Lokasi Lembang Park & ​​Zoo ada di sebelah kanan tergantung rute yang kamu ambil sebelumnya.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Kebun Binatang Lembang ParkSumber Gambar: Google Maps RIRI DESIANDA

Tidak bisa dikatakan murah atau mahal, harga tiket untuk satu orang adalah 40.000 rupiah untuk hari Senin – Jumat. Sabtu, Minggu dan hari libur 60.000 rupiah. Anak-anak di bawah usia 3 tahun bisa langsung masuk tanpa membeli tiket alias gratis.

Cek Klook

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan hanya berlaku sebagai tiket masuk ke situs kebun binatang. Artinya, Anda harus mengeluarkan biaya lain jika menikmati fasilitas atau permainan di dalamnya.

Aktivitas menarik di Lembang Park & ​​Zoo

Aktivitas di Taman & Kebun Binatang LembangSumber gambar: Google Maps Hubbi NM

Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan saat berada di Kebun Binatang Lembang. Ini lebih untuk anak-anak, tetapi itu tidak berarti orang dewasa tidak bisa bersenang-senang di sana.

1. Saksikan parade hewan

Tidak hanya bisa melihat tingkah laku hewan-hewan lucu di habitat buatan dari kejauhan, ada juga parade hewan yang tidak boleh Anda dan anak-anak Anda lewatkan. Kebanyakan dari mereka adalah jenis unggas, yaitu burung. Anda dapat melihat berbagai burung unik yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Dengan pawang yang bertugas, burung-burung memamerkan kelincahan, kelucuan, dan kecerdasan mereka. Saat Anda menonton, Anda dapat mengajari anak-anak sesuatu dengan menjelaskan nama-nama binatang yang ditampilkan.

Selain burung, ada juga hewan gajah dan harimau. Tenang, kehadiran pawang akan melindungi Anda dari keliaran hewan-hewan tersebut. Juga, itu sebelumnya telah dilatih dan diberi makan sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Kunjungi rumah kelinci

Ada rumah kelinci yang bisa dimasuki anak-anak dan berinteraksi langsung dengan puluhan bahkan ratusan kelinci. Tidak hanya melihat, tetapi juga dapat memberinya makan sesuai dengan pola makan mamalia tersebut.

Seperti halnya taman bermain anak lainnya, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar 15.000 rupiah per orang. Sangat murah bila melihat keuntungan yang didapat. Selain itu, Anda dan anak-anak Anda dapat hadir sesering mungkin.

3. Naik kuda poni

Anak-anak akan senang jika bisa menaiki salah satu hewan, terutama Art Pony. Kuda lucu ini cukup kecil dibandingkan dengan jenis kuda lainnya. Anak Anda tidak akan kesulitan menaikinya, apalagi jika petugas selalu berada di sisinya selama perjalanan untuk menjelajahi beberapa tempat wisata populer.

Agar anak bisa jalan-jalan dengan kuda poni, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar 25.000 rupiah. Apakah itu mahal? Tentu tidak sebanding dengan keceriaan anak-anak saat berkendara.

4. Wahana Water Boom Mini

Kehadiran kolam renang atau mini waterpark melengkapi aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Lembang Park & ​​Zoo. Kali ini orang tua tidak bisa masuk atau berenang di dalamnya karena khusus untuk anak-anak. Meski kecil, game ini cukup bagus untuk menambah keseruan bermain anak-anak. Sebut saja seluncuran air dan pancuran mini seperti rintik hujan yang jatuh dari langit.

Tidak mahal, hanya 15.000 rupiah untuk seorang anak. Anda juga dapat masuk untuk mengawasi mereka. Anda juga bisa melihat dari kejauhan apakah anak Anda cukup mandiri.

5. Nikmati alam dengan aktivitas taman bermain

Kegiatan menarik selanjutnya adalah bermain dengan alam di arena yang disediakan. Manfaat taman bermain sangat banyak, antara lain mengajarkan anak berinteraksi dengan lingkungan sekitar, meningkatkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri, merangsang imajinasi dan kreativitas, dll.

Dengan harga Rp 30.000, anak Anda sudah bisa naik skateboard, berjalan di jembatan ayun, memanjat tali dan juga bermain jungkat-jungkit. Jangan lupa ada ayunan yang selalu tersedia di setiap arena Playground.

6. Keseruan mengayuh mengayuh di seberang danau

Aktivitas menarik di Lembang Park & ​​ZooKredit foto: Google Maps Arfan Nur Akbar

Masih ada kegiatan yang berhubungan dengan anak-anak, kali ini ada yang mengayuh perahu. Biarkan anak Anda bersenang-senang mendayung perahu di danau buatan. Situs ini cukup lebar bagi mereka untuk berputar-putar sesuka hati. Ada petugas yang mendampingi, atau jika perlu minta izin kepada petugas untuk menemani putra putri Anda.

Tiket yang harus dibayar adalah 20.000 rupiah dengan durasi 20 menit. Ketika waktunya habis, petugas akan memanggil mereka sesuai dengan nomor perahu yang mereka tumpangi. Jika Anda tidak puas, Anda bisa melompat kembali ke antrian karena tidak diperbolehkan memanjang di wisata air yang satu ini.

7. Tur kebun binatang dengan e-skuter

Keseruan mengendarai skuter di halaman atau di jalan masih kalah jauh dibandingkan dengan mengendarai skuter di kebun binatang. Silahkan melewati tempat wisata Lembang Park & ​​Zoo sesuai rute yang diberikan.

Untuk menikmatinya, Anda perlu merogoh kocek sebesar 75.000 rupiah untuk e-skuter mini dan 120.000 rupiah untuk e-skuter ukuran biasa. Keduanya memiliki durasi yang sama yaitu 1 jam penuh.

8. Panahan

Selain kegiatan yang berhubungan dengan hewan, Kebun Binatang Lembang juga memiliki arena panahan. Dengan biaya masuk antara 10.000 – 25.000 (tergantung hari) Anda akan menerima satu set lengkap anak panah dengan 12 anak panah.

Panahan dikenal dapat melatih kemampuan konsentrasi dan juga kestabilan tubuh. Setelah membidik dengan benar, pastikan tubuh Anda stabil agar tidak meleset. Tidak direkomendasikan untuk anak di bawah umur jadi nikmatilah.

9. Nikmati kedai kopi dengan konsep unik

Jika kegiatan di atas tentang fasilitas gaming, kali ini sangat berbeda. Keberadaan Neko Cat Café menjadi tambahan kegiatan menarik selama liburan di tempat wisata ini, yang juga memiliki lokasi yang masih asri dan asri.

Dimaksudkan untuk menjadi unik karena konsep yang diusung adalah hewan paling menggemaskan yang mudah ditemukan yaitu kucing. Sebenarnya bukan sekedar konsep, tapi memang benar ada kucing di lokasi kafe. Jumlahnya cukup banyak, jadi semua orang bisa bermain dengan santai. Namun, tidak dianjurkan untuk orang yang alergi terhadap bulu kucing.

Selain kafe, juga terdapat rumah makan atau rumah makan yang menyajikan hidangan andalan nusantara, khususnya daerah Jawa Barat. Namanya juga unik yaitu ‘Let’s Eat Restaurant’, Anda bisa menyantap hidangan seperti sate, bakso, soto dan masih banyak lainnya.

10. Aktivitas foto dengan spot berbeda

Berwisata kemana saja termasuk Lembang Park & ​​Zoo tentunya tidak lengkap jika tidak melakukan aktivitas fotografi. Juga kegiatan ini bisa disebut wajib untuk mengabadikan momen-momen seru. Berbagai tempat menarik dapat dijadikan latar belakang, misalnya berfoto dengan burung, menunggangi kuda poni, atau berfoto selfie dengan latar belakang hewan liar.

Tempat yang tidak boleh dilewatkan dan juga populer di kalangan pengunjung kebun binatang ini adalah kandang burung. Ada penangkaran atau sangkar dengan bentuk seperti kubah, di atasnya terdapat banyak burung yang menarik dengan posisi dan gayanya masing-masing. Meski bukan fotografer profesional, hasil jepretannya tetap bagus dan menarik. Bukan karena kamera atau fotografernya, spotnya terlalu indah dan instagramable untuk itu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kebun Binatang Lembang ParkSumber gambar: Google Maps Rifahmad

Meski tergolong baru, Lembang Park Zoo memiliki fasilitas yang lengkap dan setara dengan tempat wisata lainnya. Tempat parkir, mushola dan toilet merupakan fasilitas wajib yang harus ada di setiap tempat wisata, termasuk kebun binatang yang satu ini.

Untuk fasilitas di tempat, Anda dapat menggunakan kendaraan yang disebut “Kendaraan wara wiri”. Sesuai dengan namanya, fungsinya adalah sebagai kendaraan yang digunakan untuk mengelilingi area lokasi. Ini bisa berguna ketika Anda lelah dan lelah.

Ada fasilitas lain juga tapi tidak termasuk fasilitas yang disediakan pengelola yaitu money changer. Tempatnya tidak jauh dari tempat wisata, tentunya bukan untuk anda melainkan untuk wisatawan asing yang membutuhkan rupiah.

Demikian pembahasan lengkap mengenai tempat wisata Lembang Park & ​​Zoo yang dapat kami sampaikan. Jika Anda tertarik dan ingin segera datang ke lokasi, sebaiknya Anda mulai mempersiapkannya dari sekarang. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan keselamatan saat berkendara, karena keselamatan lebih penting daripada bersenang-senang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button