Tempat Wisata

Pulau Buaya Sorong – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp 300.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kepulauan Sorong, Kota Sorong, Papua Barat; map: Cek lokasi

Pulau Buaya termasuk wilayah Sorong namun berada di pulau tersendiri. Nama pulau ini diambil karena bentuknya yang terlihat seperti buaya dari atas. Namun pulau cantik ini tidak seseram namanya, melainkan menawarkan berbagai wisata bahari yang sangat menghibur dan menarik untuk dikunjungi.

Menampilkan keindahan pantai timur khas Indonesia, kawasan pulau ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Air lautnya bersih dan tenang, sehingga cukup aman untuk melakukan berbagai aktivitas di pantai. Fasilitas liburan juga tersedia, menjadikan pulau ini sebagai tempat wisata populer saat berada di Sorong.

Hamparan pantai ini juga dikelilingi oleh pohon kelapa, membuat udara di sekitarnya menjadi lebih sejuk dan segar. Tidak banyak pemukiman di Pulau Buaya, sehingga lingkungan masih terjaga dan tidak banyak polusi. Kawasan ini sangat cocok sebagai tempat liburan bersama teman dan keluarga.

Atraksi yang dimiliki Pulau Buaya

Atraksi Pulau BuayaSumber Gambar: Google Maps Thobagus Salam

Tidak hanya sekedar tempat singgah sebelum menuju Raja Ampat, Sorong juga memiliki destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Buaya yang memiliki beragam objek wisata sehingga kini mulai populer sebagai destinasi wisata menarik di Sorong.

1. Wisata alam bahari

Pulau ini memang tidak sepopuler dan seramai pulau-pulau di Raja Ampat, namun menawarkan wisata bahari yang memanjakan mata. Pulau ini sangat sepi dan sangat cocok untuk refreshing dan melepas penat dari aktivitas kota sehari-hari. Tanpa banyak campur tangan manusia, pulau ini juga masih sangat alami dan sekitarnya juga sangat indah.

Anda juga akan bosan. Di pulau ini Anda tidak hanya disuguhi pemandangan yang indah. Ada berbagai macam aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Berbagai fasilitas dan wahana tersedia. Anda bisa mencobanya sambil merasakan keindahan alam sekitar.

2. Dihuni oleh penduduk asli

Pulau Buaya memiliki banyak kawasan hutan yang didominasi oleh pohon kelapa, namun masih terdapat kawasan pemukiman. Uniknya, pulau ini dihuni oleh penduduk asli, yaitu suku Buton dan Biak yang hidup berdampingan. Mayoritas penduduk pulau adalah nelayan dan tukang kebun. Masyarakat adat tertarik pada semua aktivitas lokal mereka.

3. Nama Pulau Buaya

Banyak orang mengira pulau ini mirip dengan Pulau Komodo dimana namanya berasal dari banyak hewan yang hidup di dalamnya. Faktanya, tidak ada buaya di pulau ini. Nama pulau ini didasarkan pada bentuk pulau yang sangat mirip dengan buaya, mulai dari kepala, badan, dan ekornya. Terlihat jelas dari atas atau dari Pulau Doom dan Kota Sorong.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau BuayaKredit foto: Google Maps Evev JT

Pulau Buaya Sorong berada di pulau tersendiri namun masih dalam wilayah Kota Sorong, Papua Barat. Jika Anda ingin pergi ke sana, Anda bisa berkendara ke Pelabuhan Sorong dan kemudian naik perahu yang bisa Anda sewa untuk menyeberang ke pulau itu. Perahu adalah satu-satunya alat transportasi yang bisa digunakan untuk menuju pulau ini.

Perjalanan laut yang Anda tempuh kurang lebih 45 menit. Banyak pengunjung yang mabuk laut selama perjalanan. Oleh karena itu, disarankan untuk memperhatikan obat-obatan yang dapat mengobati mabuk perjalanan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya Pulau BuayaKredit foto: Google Maps Evev JT

Untuk menuju Pulau Buaya Sorong Anda perlu menyewa perahu untuk menyeberanginya. Harga sewa perahu ini sekitar Rp 300.000. Namun bagi Anda yang pandai menawar, Anda bisa bernegosiasi dengan pemilik perahu untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Jika ingin bermalam, Anda juga perlu menyisihkan budget untuk menyewa kamar di kawasan pulau ini. Harga per malam bervariasi tergantung tuan rumah dan fasilitas yang ditawarkan. Anda bisa memperkirakan harga akomodasi dengan budget yang benar-benar Anda miliki.

Aktivitas seru di Pulau Buaya

Aktivitas di Pulau BuayaKredit foto: Google Maps Triantoro _PBG

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pulau Buaya Sorong. Aktivitas yang menyenangkan membuat pengunjung betah berada di pulau yang terpisah dari Kota Sorong ini. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa Anda coba saat berkunjung.

1. Nikmati pemandangannya

Pulau terpencil ini memang menjadi tempat yang sangat cocok untuk menenangkan diri. Dengan keindahan alamnya yang masih asri dan tidak banyak dirusak oleh tangan manusia, Anda bisa datang ke pulau ini untuk berkeliling dan menikmati pemandangan. Permainan air di pantai berpasir putih dengan laut yang jernih juga menyegarkan.

Sunset di pulau ini juga sangat indah. Jika anda datang pada sore hari anda dapat menikmati sunset dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Beberapa lokasi juga bisa menjadi tempat terbaik untuk mengabadikan momen. Jadi sekedar menikmati pemandangan di pulau ini tidak akan membuat Anda bosan.

2. Perahu pisang dan donat

Berbagai fasilitas dan wahana tersedia di Pulau Buaya untuk membuat liburan Anda menyenangkan. Salah satunya adalah aktivitas air banana boat. Jika Anda datang bersama keluarga atau teman, Anda bisa mencoba aktivitas air yang memacu adrenalin ini bersama-sama. Anda akan puas setelah melawan ombak dengan kecepatan tinggi.

Jika banana boat membosankan, Anda juga bisa mencoba donat boat. Hampir sama dengan banana boat namun memiliki bentuk yang berbeda yaitu berbentuk bulat seperti donat. Sensasi yang ditawarkan juga berbeda, khususnya sensasi melayang sedikit keluar dari air diterpa angin kencang atau sensasi melompat di atas ombak.

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan saat mencoba wahana ini. Keamanan telah dijaga, seperti lambung untuk setiap pengunjung yang mencoba kendaraan ini. Dengan begitu pengunjung yang tidak sengaja terjatuh dari wahana tidak akan tenggelam.

3. Mengendarai ATV

Sumber gambar: Google Maps ma id

Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai dengan ATV di pulau tujuan ini. Penyewaan ATV umum di pantai, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Dengan ATV Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai yang landai ini sambil merasakan semilir angin laut dan suara deburan ombak. Kegiatan ini pasti sangat menyenangkan.

4. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, Pulau Buaya bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk kegiatan ini. Karena sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan, banyak ikan yang bisa ditangkap di perairan pulau ini. Jadi jangan lupa untuk membawa alat pancing saat Anda berkunjung.

Setelah Anda mendapatkan ikan, Anda juga bisa langsung membakarnya di pantai. Beberapa pengunjung bahkan membawa barbekyu untuk menikmati memancing. Kegiatan ini jauh lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman atau keluarga.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi Pulau BuayaKredit foto: Google Maps Fahmi Lapadi

1. Marnins Place Boracay

Penginapan ini tidak jauh dari lokasi pulau. Hanya 41 menit. Termasuk hotel bintang 3 yang menawarkan berbagai fasilitas yang wajar untuk Anda, seperti; B. Akses internet, restoran, balkon dan sebagainya. Penginapan ini sangat direkomendasikan oleh para pengunjung, meskipun perjalanan menuju kawasan pulau ini cukup jauh.

2. Nikmati resor dan kafe

Penginapan ini sangat dekat dengan wisata di Pulau Buaya, hanya beberapa menit jalan kaki. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap seperti AC, wifi gratis, TV, penghangat ruangan, kamar mandi, bahkan daily room cleaning service. Penginapan ini juga menawarkan restoran untuk pengunjung.

3. Fellness Resort Boracay

Penginapan ini merupakan hotel bintang 3 dengan 16 kamar tamu dengan akses internet gratis. Lokasinya sekitar 41 menit dari pulau. Selain kamar yang nyaman, penginapan ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang memadai, antara lain mini bar, kolam renang outdoor, dan restoran. Tak heran jika penginapan ini cukup banyak menjadi rekomendasi.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Area Pulau BuayaSumber gambar: Google Maps heri heri

Pulau Buaya menawarkan fasilitas yang wajar bagi pengunjung yang datang. Fasilitas seperti perahu yang menjadi sarana transportasi utama menuju pulau ini sangat mudah ditemukan. Terdapat juga berbagai fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, shelter, kafe dan tempat ibadah.

Selain itu, akomodasi juga tersedia jika Anda ingin bermalam. Penginapan ini juga menawarkan fasilitas yang terjangkau dan rest area yang sangat nyaman. Harga yang ditawarkan bervariasi, namun Anda bisa memilih yang sesuai dengan budget Anda.

Fasilitas lainnya termasuk wahana. Berbagai wahana tersebut membuat aktivitas liburan di Pulau Sorong yang eksotis menjadi sangat menyenangkan. Anda bisa mencoba banana boat, donut boat, ATV dan berbagai wahana lainnya bersama teman atau keluarga saat berlibur di pulau ini.

Pulau Buaya di Sorong memang tidak seramai Raja Ampat, namun tetap bisa menjadi destinasi wisata bahari yang sangat menarik. Dengan lingkungan alam yang masih alami dan asri, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di pulau ini. Jadi liburan Anda tidak akan membosankan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button