Berita Wisata

5 air terjun indah di sumatera barat, ada 7 tingkatan di ketinggian 35 meter : Okezone Travel

REKOMENDASI 5 Air Terjun Indah di Sumatera Barat (Sumatera Barat). Kerajaan Minang memiliki keindahan alam yang luar biasa dan beragam kuliner yang lezat. Ada banyak tempat wisata di Sumatera Barat termasuk air terjun yang indah.

Ada banyak air terjun di Sumatera Barat. Bahkan, hampir di setiap lingkungan dan setiap kota terdapat air terjun yang indah.

Berikut 5 air terjun indah di Sumatera Barat yang menjadi tempat wisata:

BACA JUGA:10 Wisata Pekalongan Terpopuler, dari Air Terjun Indah hingga Masjid Berusia 170 Tahun

1. Air Terjun Lubuak Rantiang

Air terjun Lubuak Rantiang terletak di kecamatan Koto Tangah, Padang. Tempat ini berada di tengah hutan sehingga objek wisata ini jarang dijamah oleh wisatawan.

Curug Lubuak Rantiang memiliki ketinggian yang cukup rendah dibandingkan dengan air terjun lainnya. Jaraknya hanya 6 meter. Tak heran jika pengunjung bisa memanjat batu dan melompat ke kolam.

Kolam di area air terjun cukup luas untuk dijelajahi dengan berenang. Pepohonan di sekitarnya menambah keindahan tempat itu.

Menggambar

Air Terjun Lubuak Rantiang (Okezone.com/Rus Akbar)

Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan hingga 25 kilometer dari pusat kota. Tiket masuk Air Terjun Lubuak Rantiang sangat terjangkau hanya Rp 5.000 per orang.

2. Air Terjun Sarasah Bunta

Selanjutnya adalah Air Terjun Sarasah Bunta. Air terjun ini terletak di Tarantang, Lembah Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Destinasi ini bisa menjadi pilihan untuk menikmati akhir pekan.

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Pertumpahan Darah Antartika, Ternyata Asal Usulnya

Air terjun ini sangat indah karena bentuknya yang bertingkat-tingkat. Airnya yang sangat jernih dan kolam renang yang luas di sekitarnya membuat pengunjung senang menikmati alam di tempat ini.

Tak hanya itu, Air Terjun Sarasah Bunta juga memiliki nilai sejarah. Karena terdapat prasasti sebagai tanda dibukanya kawasan wisata tersebut pada tahun 1926.

Untuk bisa menikmati keindahan alam tempat ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000.

3. Air Terjun Lubuak Tampuruang

Sumatera Barat merupakan daerah yang diapit oleh banyak bukit sehingga memiliki banyak air terjun. Salah satunya adalah air terjun Lubuak Tampuruang. Air terjun ini terletak di Balimbiang, Kecamatan Kuranji, Padang.

Objek ini berjarak sekitar 20 kilometer dari kota Padang. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Setibanya di sana, pengunjung akan disuguhi pemandangan air terjun yang sangat indah. Di sekitar air terjun terdapat sebuah kolam yang berbentuk seperti cangkang.

Di sekitar air terjun dikelilingi oleh pepohonan yang rindang menambah kesan asri dan rindang dari tempat ini.

Untuk bisa masuk ke dalam situs, pengunjung hanya perlu membayar 3.000 rupee.

Baca juga: Konvoi Armada Ungu menandai pembukaan Taco Bell Paramount Gading Serpong

4. Air Terjun Pincuran Tujuh

Seperti namanya, Air Terjun Pincuran Tujuah memiliki tujuh tingkatan. Tempat ini terletak di daerah yang cukup tinggi sehingga suasananya masih sangat sejuk. Bahkan aliran air terjun di tempat ini sangat dingin.

Air Terjun Pincuran Tujuh terletak di Air Dingin, Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Dari pusat kota, pengunjung harus menempuh jarak 8 kilometer dengan waktu tempuh 10-15 menit dengan kendaraan.

Untuk bisa masuk ke tempat ini, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 saja.

Menggambar

5. Air Terjun Lembah Anai

Terakhir, ada Air Terjun Lembah Anai yang menjadi destinasi wisata alam yang sangat populer di Sumatera Barat. Air terjun ini terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Anai memiliki ketinggian 35 meter. Yang menarik dari air terjun ini adalah letaknya yang berada di pinggir Jalan Raya Padang-Bukit Tinggi di kaki Gunung Singgalang. Suasana di tempat ini masih sangat asri sehingga masih banyak kera yang berkeliaran.

Wisatawan yang melewati tempat ini tidak pernah gagal untuk berhenti di situ dan berfoto. Menariknya, jika debit air cukup besar, tumpahan dari air terjun bisa meluap hingga ke jalan raya.

Berbeda dengan air terjun lainnya, tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Air terjun yang bernama Air Terjun Lembah Anai ini terletak di pinggir jalan raya.

Namun jangan salah, meski berada di area pinggir jalan, tempat wisata di sini adalah aliran Gunung Singgalang yang menawarkan panorama indah.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button