Berita Wisata

Kejaksaan Negeri Gorontalo salurkan bantuan perahu nelayan dan sepeda motor di Pantai Blue Marlin

Timeline, Gorontalo – Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, menyerahkan bantuan enam unit kapal nelayan berukuran 5 GT dan 30 unit motor pendingin, kepada para nelayan dan penjual ikan se-Provinsi Gorontalo. Bantuan tersebut diberikan untuk kegiatan kumpul nelayan yang dibarengi dengan pemberian bantuan penangkapan ikan, di Pantai Blue Marlin, Kota Gorontalo, Selasa (8/11/2022).

Bantuan kapal penangkap ikan 5 GT senilai total Rp 2,73 miliar tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. Sedangkan Bantuan Sepeda Es merupakan Bantuan Pemprov Gorontalo yang sudah ada sejak tahun 2012.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo Sila Botutihe mengatakan, bantuan tersebut hanya bisa diserahkan karena harus menunggu laporan teknis teknis.

“Kenapa baru dikirim hari ini? karena gubernur, menurut petunjuk teknis kami, yang harus menerima berita acara serah terima (BAST) terlebih dahulu kemudian menyampaikannya. Hari ini untuk motor coolbox hanya perwakilan yang hadir,” kata Sila.

Sementara itu, Pemjagub Hamka, mengatakan bantuan hari ini merupakan bantuan besar bagi nelayan dan pedagang ikan. Oleh karena itu, ia berharap para penerima bantuan dapat menjaga dan merawatnya dengan baik, khususnya kapal GT yang diserahkan oleh KKP.

“Jadi bapak-bapak sudah kami berikan kapal 5 GT dan mesin ice box tolong dijaga dan dirawat dengan baik. Kalau nanti kapalnya misalnya ada lubang kecil akan segera diperbaiki. Bagi penjual ikan , motornya juga dijaga. Tapi ingat, ikannya jangan dijual semua, biarkan dikonsumsi bersama keluarga. Jangan jual ikan, malah makan mie,” kata Hamka.

Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Gorontalo telah menerima bantuan kapal GT dari Kementerian Kelautan sejak tahun 2010. Sebanyak 156 kapal dikirim, mulai dari 5 GT hingga lebih dari 30 GT.

Bantuan tersebut diberikan oleh pemerintah pusat karena Gorontalo dianggap sebagai salah satu provinsi terbaik dalam hal penggunaan dan pengelolaan kapal penangkap ikan.

“Kami berterima kasih kepada Menteri KKP melalui Ditjen Perikanan Tangkap yang dari awal sampai sekarang selalu memberikan dukungan anggaran untuk sarana dan prasarana perikanan tangkap di Gorontalo. Kami juga berterima kasih kepada para nelayan yang telah menjaga bantuan ini dengan baik. ,” kata Hamka.

Tak kurang dari 616 unit dari 1.072 pedagang ikan di Provinsi Gorontalo telah mengirimkan motor pendingin hingga tahun 2022. Sementara, 30 unit motor coobox yang diserahterimakan hari ini berjumlah Rp 750 juta. (adv)

Pengarang: Audy Anastasia
Penerbit: Zulhamdi

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button