Tempat Wisata

Pulau Misool Raja Ampat – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Pengeluaran

Biaya Tur: Mulai dari Rp 400.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Lilinta, Misool Barat, Kab. Raja Ampat, Papua Barat; map: Cek lokasi

Pulau Misool merupakan salah satu pulau di Raja Ampat yang memiliki keindahan yang luar biasa. Sayangnya, pulau ini tidak terlalu populer dibandingkan pulau lainnya. Tidak banyak orang yang mengunjungi pulau ini. Meski menjelajahi pulau eksotis ini tidak akan menyesal banyak tempat menarik.

Misool sendiri merupakan salah satu dari empat pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat dan berbatasan langsung dengan Laut Seram dan laut lepas yang dilewati oleh hewan besar seperti paus. Di pulau ini juga terdapat batu karang pulau karang yang memanjang ke arah barat dan timur. Deretan pantai di pulau ini tak kalah indah dengan pasir putih dan airnya yang jernih.

Pulau yang jarang dikunjungi membuat eksotisme Pulau Misool masih alami dan nyaris tidak terjamah. Selain keindahan alam, pengunjung juga disuguhi pengalaman melihat langsung adat dan budaya masyarakat setempat yang beragam. Salah satu peninggalan seperti lukisan di dinding gua-gua di kawasan pulau ini.

Pemandangan pulau Misool

Atraksi Pulau MisoolKredit foto: Instagram Indonesia 360

Meski jarang dikunjungi dibandingkan pulau-pulau lain di kepulauan Raja Ampat, pulau ini sebenarnya memiliki banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan.

1. Danau Cinta Karawapop

Salah satu objek wisata yang bisa ditemukan di Pulau Misool adalah Danau Cinta Karawapop. Terletak di geosite Karawapop, danau ini merupakan laguna dengan bentuk hati yang sangat presisi. Keindahannya tersembunyi di balik tebing dan bebatuan. Konon tempat indah ini ditemukan oleh orang asing yang menjelajahi pulau ini untuk menikmati liburan.

Untuk melihat bentuk hati ini, pengunjung harus mendaki bukit selama kurang lebih 30 menit. Perjalanan ini lebih mudah karena dibangun papan tangga untuk sampai ke puncak bukit. Setibanya di sana, pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan airnya yang bernuansa biru toska dan biru tua membentuk hati yang menawan.

2. ya

Yapap adalah tujuan wisata bahari global. Keunikannya terletak pada bebatuan karst yang menjulang tinggi dikelilingi oleh perairan dangkal, menjadikannya hijau toska yang asri dan tenang. Airnya sangat jernih sehingga Anda bisa melihat dasarnya. Wisatawan juga bisa melihat ikan-ikan kecil, udang dan beberapa makhluk laut lainnya. Juga tempat yang bagus untuk berenang.

Sebagai daya tarik, batuan karst ini juga menjadi tempat yang sangat cocok sebagai background foto. Keindahan bentuknya yang menyerupai gugusan candi sulit ditemukan di tempat lain. Yapap adalah suatu keharusan jika Anda berada di Pulau Misoo dengan perahu. Wisatawan akan merasa dibawa ke dunia fantasi.

3. Lenmekana

Lenmakana adalah sebuah danau air asin di wilayah Pulau Misool. Ubur-ubur tak bersengat yang tak terhitung jumlahnya hidup di danau ini. Padahal, ubur-ubur biasanya cukup berbahaya karena sengatannya, tapi tidak di daerah ini. Kurangnya predator membuat ubur-ubur ini menjadi hewan yang tidak berbahaya dan ramah bagi manusia.

Ubur-ubur tanpa sengat ini menjadi daya tarik yang membuat pulau ini wajib dikunjungi. Pengunjung bisa menyelam bersama ubur-ubur ini. Sebenarnya ada beberapa danau serupa di kawasan pulau ini, namun hanya dua danau yang diperbolehkan untuk dikunjungi. Salah satu yang bisa dikunjungi dan menjadi primadona adalah Lenmakana.

4. KTT Harfat

Pemandangan pulau MisoolKredit foto: Google Maps Andi Lalu Asrawan

Puncak Harfat atau disebut Dapunlol oleh penduduk setempat adalah puncak tertinggi di Pulau Misool yang menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Ini adalah tempat terbaik yang menjadi daya tarik utama ketika Anda menjelajahi pulau ini. Pada puncaknya, wisatawan dapat melihat keindahan seluruh pulau, termasuk laguna, terumbu karang, dan bebatuan karst.

Meski lokasi ini cukup terpencil dan butuh perjuangan yang cukup berat untuk sampai ke puncak, kawasan ini tetap menjadi spot populer. Begitu sampai di puncak, rasa lelah dibalas dengan suguhan yang luar biasa. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri atau mengabadikan alam Papua yang masih terjaga dengan kamera.

5. Gua Suci

Gua Suci merupakan tempat menyimpan rahasia yang membangkitkan rasa penasaran. Untuk mencapainya, pengunjung harus menggunakan speedboard sewaan di desa Harapan Jaya.

Di pintu masuk gua adalah makam untuk pasangan yang menyebarkan Islam di Misool. Di dalam goa terdapat stalaktit dan stalagmit yang indah serta air yang dangkal dengan air yang jernih.

Alamat dan rute menuju lokasi

Misool - alamat pulauSumber gambar: Google Maps Aditya Utomo

Sesampainya di Pulau Misool, Anda bisa terbang menuju Bandara Domne Eduard Osok di Sorong. Kemudian Anda bisa naik perahu phinisi menuju lokasi pulau. Anda memang akan menggunakan transportasi laut yang menjadi moda transportasi utama di Kepulauan Raja Ampat, Papua. Anda juga akan lebih mudah untuk berkeliling pulau dengan perahu.

Untuk mempermudah perjalanan dan liburan Anda di Raja Ampat, Anda bisa memanfaatkan paket wisata. Selain akomodasi, Anda juga akan mendapatkan akomodasi di tempat, Anda juga akan diarahkan ke tempat-tempat indah di sudut-sudut pulau. Beberapa resort di kawasan ini menawarkan tur dan bahkan layanan penjemputan dari Bandara Sorong.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya perjalanan ke Pulau MisoolSumber gambar: Ferdy Ferdy Google Maps

Untuk menuju Pulau Misool, Anda perlu membayar Tiket Masuk Kepulauan Raja Ampat sebesar Rp 500.000 yang dapat digunakan selama satu tahun. Sedangkan harga sewa speedboard rata-rata Rp 7.500.000 tergantung jarak. Akan lebih murah jika Anda datang dengan rombongan.

Jika Anda memilih homestay, Anda hanya perlu membayar Rp 300.000-400.000 untuk biaya hidup. Jika memilih resort modern, harga sewa mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Aktivitas Seru di Pulau Misool Pulau

Kredit foto: Google Maps Endah K

1. Snorkeling atau Menyelam

Keindahan pemandangan bawah laut tidak akan membuat Anda melewatkan aktivitas yang satu ini. Anda dapat menikmati pemandangan terumbu karang dan berenang dengan ikan laut berwarna-warni yang indah.

2. Mendaki

Anda bisa mendaki puncak tertinggi pulau eksotis ini. Meski cukup melelahkan, akan terbayar dengan keindahan yang akan Anda terima. Dari atas Misool Anda bisa melihat seluruh sudut pulau dari ketinggian.

3. Naik Kapal Kajang

Cobalah mengemudikan perahu tenda. Perahu kajang sendiri merupakan moda transportasi tradisional masyarakat kajang tua. Perahu ini terbuat dari kayu dengan atap daun sederhana. Dari perahu ini Anda bisa melihat dasar perairan Pulau Misool yang sangat jernih.

Akomodasi murah terdekat

Kredit Foto: Google Maps Vera Lie

1. Homestay Jam Tangan Kacang

Penginapan ini terletak di distrik Misool Timur. Tempatnya tidak terlalu jauh dari Danau Lenmakana. Dibangun dari bahan kayu dan jembatan kayu ke pantai di atas air, penginapan ini tidak hanya nyaman tetapi juga menawarkan pemandangan yang indah. Dengan pelayanan yang baik, Anda juga mendapatkan listrik 24 jam dan tersedia air bersih.

2. Resor Eco Misool

Penginapan ini tidak hanya menawarkan akomodasi, tetapi juga pantai pribadi. Kamar yang disediakan juga menghadap langsung ke laut, seperti yang ada di Maladewa. Di malam hari Anda juga bisa melihat keindahan langit dengan bintang-bintang. Jika Anda mencari penginapan yang akan memanjakan Anda dengan fasilitas, maka Anda bisa bermalam di penginapan ini.

3. Homestay di Yalapale

Terletak di desa Harapan Jaya di Kepulauan Raja Ampat, penginapan ini menawarkan kamar yang bersih dan rapi. Bangunannya terbuat dari bahan alami seperti kayu, sehingga terasa seperti berada di alam. Tuan rumah juga sangat ramah. Penduduk di sekitar penginapan juga sangat ramah turis.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di area Pulau MisoolKredit foto: Instagram YoExplore

Untuk menuju Pulau Misool, Anda dapat dengan mudah menemukan akomodasi berupa perahu yang menjadi moda transportasi utama di Kepulauan Raja Ampat. Wahana seperti pelampung saat mengunjungi Goa Keramat atau perahu Kajang juga tersedia. Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu wisata untuk berwisata ke pulau ini.

Menginap di pulau yang indah ini juga tidak sulit. Jumlah resort dan homestay cukup banyak dengan harga sewa per malam yang berbeda-beda. Penginapan ini menawarkan fasilitas kamar yang cukup nyaman untuk beristirahat. Sebagian besar dibangun dari bahan seperti kayu, memberikan nuansa tradisional.

Beberapa resort juga menawarkan fasilitas berupa persewaan peralatan untuk menyelam atau snorkeling. Tidak hanya itu, fasilitas tersebut juga dilengkapi dengan akomodasi di lokasi penyelaman dan pemandu terbaik untuk memudahkan Anda menikmati keindahan terumbu karang dan ekosistem yang dikandungnya di sekitar perairan pulau.

Pulau Misool belum banyak dikunjungi. Namun, ada banyak destinasi yang menjadi daya tarik tersendiri dari pulau eksotik di Raja Ampat ini. Mengunjungi tempat ini Anda akan merasakan wisata alam yang terlindungi dari campur tangan manusia.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button