Berita Wisata

Pesona Pantai Siung, Destinasi Wisata Utama Gunungkidul

LANGIT7.ID, Gunung Kidul – Pantai Siung di kawasan wisata Gunung Kidul, DIY Yogyakarta menawarkan pemandangan yang indah dengan garis pantai dan perbukitan. Pantai ini terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Dilansir dari jogja.jogjaprov.go.id, Sahabat Langit7 bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini, mulai dari berenang atau bermain air laut yang biru, menjelajah pantai, bermain di hamparan pasir putih, mendaki bukit, melakukan pendakian. .

Pantai ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam atau berjarak sekitar 77 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Meski jalur yang ditempuh cukup sulit karena jalur yang akan dilalui berupa tanjakan, serta belokan dengan tikungan tajam, namun dapat disuguhi dengan panorama pantai yang indah.

Baca juga: Potensi Desa Wisata Gondang, dari Wisata Alam Hingga Penghasil Alpukat

Saat berwisata ke tempat ini, Sahabat Langit7 juga akan menemukan keunikan pantai ini, yaitu berupa batu karang yang cukup tinggi di sisi barat dan timur pantai. Jadi, jika Sahabat Langit7 melihat bukit ini dari kejauhan, kedua bukit ini terlihat seperti gigi monyet atau Siung Wanara.

Tidak hanya itu, Sahabat Langit7 juga bisa mendaki bukit di sisi timur pantai, saat mendaki tebing ini harus berhati-hati karena jalur pendakiannya cukup curam, dan berbatasan dengan jurang yang agak dalam. Dari atas tebing ini, Sahabat Langit7 bisa menikmati hamparan pemandangan pantai yang indah.

Sejauh ini, Pantai Siung memiliki sekitar 250 jalur pendakian dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Semua berawal dari seorang pecinta alam asal Jepang yang melakukan panjat tebing di pantai ini, hingga banyak juga yang mencoba olahraga ekstrim ini.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Luweng Sampang Menawarkan Keindahan Relief Alam

Jika Sahabat Langit7 ingin menikmati keindahan pantai ini, Sahabat Langit7 hanya perlu membayar tiket masker sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk tiket ke Pantai Nglambor dan Jogan yang bersebelahan dengan Pantai Siung.

Dan untuk parkir kendaraan dikenakan biaya Rp 5000 untuk sepeda motor kemudian Rp 10 untuk mobil. Belum lagi, Pantai Siung juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang bagi wisatawan mulai dari tempat parkir yang cukup luas, kamar mandi dan toilet, mushola, warung makan, dan lainnya.

(lembut, lembut)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button