Berita Wisata

Pantai Ampenan perlu perawatan yang optimal

MATARAM – Pantai Ampenan merupakan salah satu destinasi wisata idola di kota Mataram. Tapi sekarang situasinya telah banyak berubah. Kerusakan jembatan sejak tahun lalu membuat destinasi wisata ini terkesan terabaikan. Sejauh ini, kerusakan tersebut belum ada tanda-tanda akan diperbaiki. Hal ini membuat kunjungan warga ke pantai ini juga semakin sepi.

“Apalagi di musim hujan seperti sekarang. Ombaknya juga besar jadi semakin sedikit yang datang,” kata Zainal, salah satu pedagang Pantai Ampenan.

Hanya beberapa pengunjung yang datang. Hitung dengan jari Anda. Hal ini berdampak pada omzet pedagang, yang biasanya mencapai jutaan per hari, kini hanya mencapai ratusan ribu. “Itu juga pendapatan, bukan keuntungan,” tambah Zainal.

Sedangkan untuk modal usaha, para pedagang di Pantai Ampenan mengambil pinjaman bank dari lembaga pemberi pinjaman. Setiap hari mereka harus menyetor uang pinjaman. Secara mekanis, dengan kondisi kunjungan yang semakin tenang, para pedagang pusing.

“Ya gimana gitu. Semoga pantai Ampenan jadi seperti dipadati warga. Semoga pantai ini bisa diperbaiki,” harapnya.

Kondisi Pantai Ampenan saat ini memang memprihatinkan. Pantai ini terlihat terabaikan dan rusak. Platform yang rusak dapat membahayakan pengunjung. Karena pembatasnya sudah tidak ada. Sehingga pengunjung terutama anak-anak bisa jatuh ke pantai dari ketinggian lima hingga 10 meter.

Selain itu, pedagang juga berjualan menggunakan terpal dan dinding kayu bambu. Membuat kawasan wisata ini tidak layak berada di kawasan pesisir kota.

Pemerintah Kota Mataram justru membangun gedung wisata kuliner di selatan pantai ini. Sayangnya, bangunan senilai lebih dari 2 miliar rupiah itu justru terkesan mubazir. Karena sampai saat ini sama sekali tidak digunakan oleh para pedagang. “Bangunan tertutup tidak cocok untuk kondisi pantai,” kata pedagang lain, Mahsun.

Pemerintah Kota Mataram harus lebih memperhatikan pantai Ampenan. Karena pantai ini juga merupakan bagian dari destinasi wisata sejarah kota tua Ampenan. Juga, tahun depan Mataram memiliki peluang besar untuk menjadi tuan rumah MXGP pada bulan Juli, yang diharapkan akan diadakan di lokasi Bandara Selaparang lama. Sehingga Pantai Ampenan akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan untuk dikunjungi. (ton/r3)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button