Berita Wisata

Pj Gubernur Sulbar minta objek wisata Pantai Labuang tetap bersih

Mamuju (ANTARA) – Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik mengimbau semua pihak menjaga kebersihan wisata pantai Labuang di Desa Laliko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman, dari sampah plastik.

Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik mengungkapkan kekagumannya usai mengunjungi dan menyaksikan pesona wisata pantai di Labuang, Desa Laliko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman, Rabu.

Gubernur melakukan kunjungan wisata pantai bersama Pemerintah Kabupaten Polman dan Masyarakat Laut Biru yang dalam kesempatan ini melakukan kegiatan bertema menyelam bersama, bersih-bersih laut, Pantai Labuang, desa Laliko.

Gubernur Sulbar meminta agar pengelolaan wisata pantai Laliko yang akan menjadi primadona wisata pantai Sulbar terus dijaga kebersihannya, sehingga bebas dari sampah plastik.

“Jika kita ingin membersihkan pantai, mari kita hentikan penggunaan plastik agar tidak menjadi sampah, tidak perlu menggunakan plastik untuk minum karena banyak wadah yang bisa digunakan pengunjung di kawasan pantai, karena di gubernuran Di Sulawesi Barat, plastik tidak lagi digunakan sebagai wadah untuk minum dan minum dimungkinkan,” katanya.

Dia meminta agar peraturan desa Laliko disahkan yang melarang penggunaan plastik oleh pengunjung untuk minum tetapi menggunakan wadah lain karena akan mencemari wisata tepi laut yang indah.

Ia juga meminta agar ke depan pantai Labuang dapat menjadi pusat kegiatan sejumlah acara pemerintah agar pantai ini semakin ramai sehingga perlu kerjasama dengan sejumlah pihak untuk mewujudkan hal tersebut.

“Mengundang dan melibatkan anak sekolah, mengenalkan anak usia dini, SD, SMP, SMA, hingga menggelar berbagai acara di pantai Laliko, agar panitia semakin ramai dikunjungi,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Polman, Parial Pajangi, berharap dukungan semua pihak, termasuk pemerintah provinsi, agar pantai ini bisa dikembangkan.

“Kawasan ini bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata asalkan tidak hanya lokal tapi nasional dan diharapkan investor bisa masuk untuk mengembangkan kawasan wisata tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Polman telah menjadikan Pantai Laliko sebagai destinasi kalender event pariwisata Kabupaten Polman.

“Pantai Labuang memiliki keanekaragaman ekosistem laut dan dapat menjadi salah satu potensi untuk meningkatkan pariwisata daerah agar masyarakat dan para penggiat lingkungan terus terlibat, menjaga dan mencintai laut, demi menjaga kebersihan desa Laliko,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button