Tempat Wisata

Onrust Island Jakarta – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan – Pulau Onrust merupakan salah satu pulau eksotis di Kepulauan Seribu, Jakarta yang penuh dengan misteri. Pulau bersejarah dengan berbagai peninggalan arkeologi dari zaman penjajahan Belanda.

Biaya Tur: Mulai dari Rp100.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Onrust, Kab Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; map: Cek lokasi

Jakarta tidak hanya dikenal dengan kotanya yang sibuk dan padat. Ternyata kota ini juga memiliki wisata alam yang menarik, salah satunya Pulau Onrust. Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. VOC pemerintah Belanda saat itu menyebut pulau ini dengan nama Pulau Onrust.

Nama Onrust berasal dari bahasa Belanda, yang berarti “tidak pernah istirahat” atau “tidak pernah istirahat” dalam bahasa Inggris.kegelisahan‘. Pada masa kolonial, pulau ini menjadi stasiun transit kapal-kapal angkatan laut Belanda. Selain itu, pulau ini digunakan oleh VOC sebagai galangan kapal dan gudang, dilengkapi dengan benteng pertahanan awal Batavia.

Di pulau ini, wisatawan akan menemukan bangunan bersejarah dan arkeologi dari zaman kolonial. Pulau ini menawarkan sensasi wisata yang berbeda, wisatawan yang datang seolah dibawa kembali ke masa kolonial. Sangat merekomendasikan mengunjungi Pulau Onrust untuk tur sambil belajar tentang kisah sukses sejarah pulau ini.

Atraksi Pulau Onrust

Atraksi Pulau OnrustKredit foto: Google Maps d_amar 95

Pulau bersejarah ini merupakan salah satu wisata sejarah yang eksotik ojek. Pada tahun 1972, pulau ini disahkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Ali Sadikin sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pulau ini memiliki luas 7,5 hektar. Dulunya pulau ini memiliki luas 12 hektar, namun karena tergerus, luas pulau ini semakin mengecil.

Letak Pulau Onrust berdekatan dengan pulau-pulau lain seperti Pulau Bidadari, Pulau Kelor dan Pulau Cipir. Di pulau ini, wisatawan dapat menemukan banyak peninggalan arkeologi dari zaman kolonial Belanda, dan terdapat sebuah rumah yang masih utuh seperti Museum Taman Arkeologi Onrust.

1. Peninggalan kolonial dan bangunan bersejarah

Di pulau ini, wisatawan disuguhkan dengan banyak peninggalan dan bangunan bersejarah dari zaman kolonial seperti pelabuhan dan benteng tua. Wisatawan bisa melihat langsung di pulau ini terdapat air mancur bekas penduduk, rangka bangunan tua, banyak batu bata, cor semen dan bebatuan berserakan.

Pernah menjadi tempat peristirahatan keluarga kesultanan Banten pada abad ke-16, pulau ini kaya akan sejarah. Pulau ini termasuk Departemen Peninggalan Sejarah terkait Rumah Sakit Karantina Haji di Pulau Cipir dan Benteng Martello.

Pada tahun 1618, karena meningkatnya ancaman dari Banten, pulau ini digunakan oleh Jan Pieterszoon Coen sebagai garis pertahanan. Pada tahun 1656 sebuah benteng persegi panjang kecil dengan dua bastion dibangun. Kemudian pada tahun 1671 benteng ini diperluas menjadi benteng segi empat dengan bastion di setiap sudutnya.

Pada tahun 1674 dibangun kincir angin dan gudang penyimpanan barang. Pada tahun 1691 sebuah kincir angin dibangun kembali. Ketika wisatawan pertama kali melangkah ke dermaga pulau, mereka akan disambut oleh replika kincir angin. Replika kincir angin itu dibuat oleh VOC.

Pulau Onrust digunakan sebagai sanatorium TB serta pusat karantina bagi jemaah haji yang baru kembali dari Mekah antara tahun 1911 dan 1933. Selain sebagai tempat kapal melintas, pulau ini juga pernah digunakan sebagai rumah sakit karantina pada masa kemerdekaan.

Pulau ini juga digunakan sebagai tempat latihan militer, tempat penampungan pengemis dan tempat penampungan tunawisma dari tahun 1960 hingga 1965.

Pada tahun 2002, pulau ini ditetapkan sebagai UPT Taman Purbakala Onrust bersama dengan Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Bidadari. Kemudian pada tahun 2015 masuk dalam Unit Pengelola (UP) Museum Bahari Jakarta bersama dengan Situs Marunda dan Museum Bahari.

2. Menara Keker

Wisatawan yang datang ke pulau ini harus mengunjungi menara yang pernah menjadi pos jaga bernama Menara Keker. Menara ini sangat dekat dengan dermaga dan tidak terlalu tinggi.

Dibangun pada abad ke-20, menara ini bisa digunakan wisatawan untuk melihat panorama laut ditemani kapal-kapal yang berada di kawasan wisata ini. Spot ini juga menjadi spot utama untuk selfie saat berkunjung ke Onrust.

3. Alun-Alun Museum

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau OnrustKredit foto: Google Maps Andini Maheswari

Museum yang berdiri sejak tahun 1939 ini berbentuk bangunan tempat tinggal dan masih digunakan hingga saat ini untuk menyimpan benda-benda bersejarah berbingkai. Tempat ini merupakan rumah dokter yang berfungsi untuk memeriksa kesehatan calon jemaah haji.

Tidak jauh dari Plaza Museum pada jarak sekitar 30-50 meter terdapat reruntuhan bangunan bekas rumah sakit.

4. Museum Taman Arkeologi Onrust

Wisatawan yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Pulau Onrust dapat mengunjungi Museum Taman Arkeologi Onrust. Di tempat ini banyak terdapat kesaksian sejarah zaman penjajahan Belanda. Di sini juga terdapat miniatur Pulau Onrust.

5. Pemakaman Bersejarah

Bagi yang menyukai wisata horor, pulau ini bisa menjadi destinasi yang tepat. Karena di sini ada situs pemakaman bersejarah yang bisa bikin merinding. Di sekitar kuburan ini ada tembok hitam setinggi sekitar 1 hingga 2 meter.

Ada makam terkenal di kuburan, yaitu makam Maria van de Velde dan makam penguasa Onrust, yaitu burung Cornelli, dimakamkan pada tahun 1738. Ada juga makam Kartosuwiryo yang dieksekusi pada masa Soekarno. Puisi-puisi dalam bahasa Belanda sering ditemukan di setiap batu nisan di pemakaman Belanda ini.

Alamat dan rute menuju situs Pulau Onrust

Alamat Pulau OnrustKredit foto: Google Maps Alfalegro

Pulau eksotis ini terletak di DKI Jakarta, lebih tepatnya di Desa Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Wisata pulau ini buka setiap hari. Tempat wisata sejarah ini dimulai dari pukul 08:00 – 17:00 WIB.

Saat berkunjung ke pulau ini, waktu berkunjungnya sudah terjadwal agar wisatawan tidak bisa datang dan pergi dengan leluasa. Jadwal keberangkatan ditetapkan pada pukul 08.00 WIB sedangkan jadwal kembali ditetapkan pada pukul 15.00 WIB. Hal ini dilakukan agar wisatawan aman dari ombak.

Akses menuju objek wisata ini cukup mudah. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Wisatawan dapat menggunakan aplikasi petunjuk arah di smartphone untuk menuju objek wisata ini. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan angkutan umum atau bus untuk menuju Muara Angke.

Sesampainya di Muara Angke, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju objek wisata ini dengan menggunakan perahu motor. Adapun rute lain yang bisa ditempuh oleh wisatawan kecepatan boat. Berangkat dari Dermaga Marina, Ancol menuju Pulau Onrust, waktu tempuh kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Selain itu, jika Anda berangkat dari Pelabuhan Tanjung Pasir atau Pelabuhan Muara Kamal, naik perahu kayu yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Biaya Perjalanan di Pulau Onrust, Jakarta

Biaya Perjalanan di Pulau Onrust, JakartaKredit foto: Google Maps Efri Prayoga

Wisatawan dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi Taman Arkeologi Onrust. Biaya masuk ke kawasan wisata ini dibagi menjadi beberapa kategori. Ada biaya Rp 3.000 untuk pelajar sedangkan ada biaya Rp 2.000 untuk anak-anak atau pelajar.

Bagi wisatawan yang datang secara rombongan minimal 30 orang. Ada biaya sebesar Rp 3.750 untuk rombongan dewasa. Dikenakan biaya sebesar Rp 2.250 untuk rombongan pelajar. Dikenakan biaya sebesar Rp 1.500 untuk rombongan anak-anak atau pelajar.

Taman wisata sejarah ini juga dibuka untuk penggunaan plaza, kamar dan taman dengan biaya Rp 1.000.000 per hari. Dan untuk penggunaan situs untuk menembak Film, rekaman dan sejenisnya dengan biaya Rp 1.500.000 per hari.

Untuk biaya transportasi dari Dermaga Marina, Ancol menuju objek wisata sejarah ini, wisatawan akan dikenakan biaya sejumlah dan perkiraan harga mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Pulau Onrust

Aktivitas Menarik Pulau OnrustSumber gambar: Google Maps Agus Sefria

1. Menjelajah dan mengunjungi situs bersejarah

Kawasan dengan panorama indah dan air laut yang bersih ini menyimpan sejarah. Pulau Onrust menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Turis seperti mesin waktu dan melakukan perjalanan kembali ke masa lalu. Selain untuk rekreasi, objek wisata ini juga dapat dijadikan sebagai lembaga pendidikan.

Wisatawan bisa bersantai sambil belajar sejarah. Di pulau ini, wisatawan dapat menjelajahi setiap situs sejarah. Wisatawan dapat mengunjungi Menara Keker, Pemakaman Belanda yang bersejarah, Museum Plaza, dan Museum Arkeologi Pulau Onrust. Wisatawan dapat menemukan bangunan tua dan sisa-sisa bangunan.

2. Bersantai dan nikmati kulinernya

Wisatawan yang telah menghabiskan waktu menjelajahi objek wisata ini dapat beristirahat dan bersantai di warung-warung yang disediakan oleh warga sekitar. Sambil bersantai, wisatawan bisa melepas dahaga dengan kelapa segar yang dijual di warung-warung dengan harga Rp 20.000.

Selain itu, wisatawan bisa menyantap berbagai jenis makanan sederhana hanya dengan merogoh kocek Rp15.000 hingga Rp30.000 saja. Cukup murah, bukan?

3. Fotografi

Objek wisata ini memiliki banyak Pekerjaan unik dan bersejarah, sehingga sayang jika tidak diabadikan dalam bentuk foto atau video. Bangunan-bangunan tua di sekitar pulau merupakan tempat yang banyak dicari oleh para pecinta fotografi.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang gedung-gedung tua, museum Taman Arkeologi Onrust dan tempat-tempat bersejarah lainnya di objek wisata ini. Panorama eksotik peninggalan zaman kolonial dan reruntuhan yang masih tersisa di pulau ini akan menjadi

4. Jelajahi area Pulau Onrust

Wisatawan dapat menjelajahi kawasan pulau yang indah ini dengan perahu motor. Hanya dengan membayar biaya Rp 500.000 untuk 20 penumpang, seseorang sudah bisa mengelilingi kawasan pulau ini.

Di sisi lain, jika menggunakan perahu nelayan, biayanya akan lebih murah, sehingga wisatawan bisa lebih menghemat pengeluaran selama perjalanan. Ini adalah kegiatan yang menarik.

Fasilitas wisata di Pulau Onrust

Fasilitas Pulau OnrustSumber Gambar: Google Maps Dimas .TA

Sebagai pulau wisata tentunya tersedia berbagai fasilitas penunjang untuk menarik pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar kawasan wisata pulau ini antara lain akomodasi berupa resort, kamar mandi (MCK), persewaan perahu, tempat penyimpanan kendaraan dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang keindahan dan eksotisme Pulau Onrust di Provinsi DKI Jakarta. Bahkan, lokasinya yang berada di tengah laut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin datang ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button