Tempat Wisata

Pantai Mangrove Kampung Nipah, pasir putih yang mempesona dan hutan mangrove di Serdang Bedagai

Pantai Mangrove Kampung Nipah menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati wisata alam di Serdang Bedagai. Pantai pasir putih yang indah dan hutan bakau yang bisa memanjakan mata pengunjung.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00-22.00 WIB, Alamat: J L. Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab.Serdang Bedagai, Sumatera Utara; map: Cek lokasi

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tidak hanya kaya akan adat istiadat. Di sini kita menemukan berbagai keragaman dari berbagai daerah. Mulai dari bahasa, suku, tarian tradisional, makanan khas dan sektor pariwisata yang sedang booming. Bisa dibilang Indonesia tidak ada bedanya dengan negara lain yang memiliki tempat-tempat indah dan mempesona.

Salah satu tempat yang menjadi tempat wisata di Sumatera Utara yaitu Pantai Mangrove Kampung Nipah. Destinasi wisata pantai ini terletak di Kabupaten Serdang. Dan sampai saat ini pantai ini tidak pernah sepi pengunjung bahkan menjadi objek pantai yang populer bagi wisatawan Sumatera Utara. Pantai bakau ini menawarkan panorama alam yang tidak biasa.

Di sekitar area pantai Anda akan menemukan deretan pohon bakau yang pohonnya sengaja ditanam oleh masyarakat sekitar. Saat mengunjungi pantai populer ini, pengunjung disuguhi pemandangan yang tiada tara. Suara deburan ombak memecah bebatuan seakan menjawab. Belum lagi laut dan langit yang luas, yang merupakan titik pandang sempurna untuk liburan Anda.

Daya Tarik Pantai Mangrove di Kampung Nipah

Daya Tarik Pantai Mangrove di Kampung NipahSumber Gambar: Google Maps Agoes Salim Ext

Sebagai destinasi wisata yang diidam-idamkan, daya tarik pantai ini tak perlu lagi dipertanyakan.

1. Hutan mangrove yang lebat

Begitu sampai di Pantai Mangrove, pengunjung disuguhi pemandangan hutan mangrove yang mengelilingi pantai. Meski berada di pesisir pantai, warga Kampung Nipah kesulitan menjadi nelayan. Hal ini karena upaya pemerintah untuk membangun Tambak Udang Windu. Akibatnya, tidak ada lagi hutan yang mampu menahan abrasi.

Sehingga terjadi atas inisiatif warga yang saat itu terasa sangat berat. Mangrove ditanam di pesisir pantai timur. Karena sejak berkembangnya budidaya perikanan dan hilangnya hutan mangrove, hasil tangkapan nelayan semakin mengecil. Untuk alasan ini, penghuni kreatif menanam dinding pelindung gosok mereka sendiri.

Sehingga Anda tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan indah di pantai yang indah ini. Namun ada juga kegiatan bersama masyarakat dan belajar tentang tanaman mangrove itu sendiri, jadi tentunya ini bisa menambah pengalaman anda.

2. Wisata Edukasi

Pengunjung tidak hanya berwisata, tetapi juga sekaligus memperluas pengetahuannya. Karena pantai ini merupakan wisata pertama yang dikelola oleh pemerintah kota. Berikut ini manfaat mangrove untuk pantai, selain sebagai pencegah abrasi. Pengunjung juga diperbolehkan menanam tanaman sendiri.

Mengingat pentingnya mangrove, tentu hal ini menjadi hal yang menarik. Anda bahkan dapat mengikuti proses taman kanak-kanak yang dijalankan oleh pemerintah kota. Desa Nipah juga memiliki warga yang kreatif. Anda akan diperlihatkan bagaimana mangrove diolah menjadi makanan lezat yang layak untuk dicoba.

3. Dikenal sebagai pantai yang romantis

Keunikan Pantai Mangrove menjadikannya pantai yang romantis. Begitu banyak pengunjung yang membawa pasangannya ke sini. Bahkan, banyak juga yang berwisata bersama keluarga dan teman.

Bagaimana tidak, udara disini sangat sejuk dengan pemandangan hutan mangrove yang lebat. Bisa jadi karena adanya hutan mangrove maka keindahan pantainya masih bisa dirasakan. Biasanya pengunjung berfoto di sisi jembatan yang menghubungkan pantai dengan hutan mangrove. Oleh karena itu, biasanya Anda akan bertemu dengan pengunjung yang mencari foto pernikahan.

Alamat dan Rute Menuju Wisata Pantai Mangrove

Alamat Pantai Mangrove Kampung NipahSumber Gambar: Google Maps Tiara Sabrina

Pantai indah ini sebenarnya terletak di Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Serdang, Sumatera Utara. Untuk sampai ke tempat yang tepat, ada tiga jalur yang bisa Anda lalui. Yaitu jalur darat, udara dan laut. Jika anda berkunjung ke Pantai Mangrove melalui jalur darat, anda harus melewati kota Medan. Mungkin perjalanan dari kota ke pantai ini bisa memakan waktu 2 jam.

Dari kota Medan, kendaraan menuju perempatan Pantai Kelang. Dimana pantai ini berada di kecamatan Sei Buluh. Sampai di tempat, perjalanan dilanjutkan ke tempat pantai. Dari Sei Buluh Anda perlu berkendara sekitar 8 km.

Akses darat menuju pantai indah ini bisa dibilang bagus. Karena kondisi jalan beraspal, trekking aman. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati karena ada beberapa ruas jalan yang perlu diperbaiki.

Melalui darat, kami berkendara melalui laut menuju pantai berpasir putih ini. Bagi Anda yang mengambil jalur laut, Anda bisa memulainya dari pelabuhan Belawan. Dari pelabuhan Anda harus terus menuju pantai yang dimaksud.

Dari Jl. R. Sambungan ke jl. Jalan Raya Belmera. Selain itu, kendaraan harus dialihkan ke jalan tol Medan Kuala Namu. Berkendara ke Jalan Lintas Sumatera menuju Pantai Kelang, setelah itu Anda akan sampai di lokasi Pantai Mangrove.

Harga Tiket Masuk Pantai Mangrove Kampung Nipah

Tiket Pantai Mangrove Desa NipahKredit Foto: Google Maps Mangrove Beach (Tur Mangrove)

Wisata yang unik dan menarik ini memiliki panorama yang begitu berkesan bagi pengunjung. Bagi Anda yang ingin merasakan dan melihat tampilan alamnya, bisa langsung ke Sumatera Utara.

Keindahan yang ditawarkan oleh pantai hit ini tidak main-main. Untuk itu, menjadi hal yang wajar jika Anda harus membayar tarif untuk memasukinya. Dengan cara ini, Anda juga memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan ekonomi kota di sektor pariwisata.

Untuk masuk ke Pantai Mangrove, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Namun perlu diingat bahwa pantai yang satu ini hanya buka sekitar 14 jam saja. Artinya buka pukul 08.00 – 22.00. Jika Anda ingin tinggal secara lokal, sekarang ada akomodasi di dekatnya yang dapat digunakan sebagai akomodasi sementara.

Aktivitas menarik di Pantai Mangrove

Aktivitas pantai mangrove di Desa NipahSumber gambar: Google Maps Kaca film besar

1. Menikmati keindahan laut dan pantai

Salah satu aktivitas pantai yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menikmati keindahan laut yang luas dan garis pantai yang eksotis. Sebagai salah satu pantai yang terkenal dengan romantismenya, wajar saja jika pantai ini menawarkan panorama alam yang mempesona. Anda akan betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

2. Bermain pasir

Berlibur ke Pantai Mangrove bersama anak-anak pasti sama dengan bermain pasir. Entah itu membuat bentuk yang unik atau karya lainnya. Anda bahkan dapat berjalan-jalan di pantai dan merasakan tekstur pasir yang halus. Hamparan pasir putih di antara garis pantai berkelok-kelok yang indah akan membuat Anda tidak ingin pulang.

3. Piknik dan api unggun

Wisata pantai ini memiliki jam buka hingga pukul 22:00. jadi Anda bisa menyalakan api unggun setelah matahari terbenam di cakrawala. Karena semakin banyak orang, semakin seru. Pasti lebih menyenangkan saat Anda berlibur bersama komunitas.

Di Pantai Mangrove Anda bisa piknik sederhana dengan api unggun. Saling bercerita sambil menikmati indahnya pemandangan di langit terbuka. Api unggun memberikan kehangatan bagi tubuh selain semilir angin pedesaan yang sejuk.

4. Bola voli

Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini pada siang hari, jangan lewatkan aktivitas yang satu ini. Ya, voli pantai adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain waras, Anda juga bisa berinteraksi dengan pengunjung lain.

5. Nikmatnya Kuliner di Pantai

Selain dua tempat wisata di atas, Pantai Mangrove Kampung Nipah juga menawarkan kuliner yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Tersebar di area pantai, jajanan kuliner ini banyak diminati pengunjung. Di wisata yang satu ini Anda juga bisa melakukan penggemukan.

Bahkan beberapa menu isian yang disajikan bisa Anda pilih dari seafood yang segar. Mulai dari udang, kepiting, ikan bakar dan lain sebagainya. Makanannya terasa nikmat bila ditemani dengan minuman kelapa segar. Wisata kuliner menghadap pantai memang menarik.

Bahkan sebagai oleh-oleh, Anda bisa membeli makanan yang terbuat dari mangrove oleh warga sekitar. Mulai dari jajanan seperti keripik nipah hingga jajanan basah seperti sirup dan dodol. Selain itu, warga juga menjual teh jeruju untuk Anda para pecinta teh.

Akomodasi murah terdekat ke Lokasi Pantai Mangrove

Akomodasi Pantai Mangrove Desa NipahKredit foto: Google Maps Graha Soeltan Hotel

1. Hotel keluarga besar

3 penginapan terdekat terletak di sekitar pantai, yang pertama adalah Grand Family Hotel. Tempat ini memiliki harga sewa per malam yang cukup murah. Dari Pantai Mangrove menuju Grand Family Hotel, ujungnya harus menempuh jarak kurang lebih 4 km. Penginapan ini biasanya menjadi pilihan akomodasi karena letaknya yang sangat dekat.

2. Hotel Graha Soltan

Selain Grand Family Hotel, ada Hotel Graha Soeltan dengan harga per malam di bawah Rp 200.000. Berjarak sekitar 13 km dari lokasi tepi pantai yang populer ini ke Graha Soeltan Hotel.

3. Tempat tinggal di bandara

Hotel ketiga adalah Trans Bandara Residence yang berjarak 18,79 km. Penginapan ini sangat cocok untuk para pengunjung karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di sini Anda bisa menikmati kamar yang nyaman, WiFi gratis, kamar ber-AC dan masih banyak lagi. Harga per malam untuk dapat menggunakan fasilitas hotel juga akan disesuaikan dengan tipe kamar yang Anda pilih.

Fasilitas di Pantai Mangrove di Kampung Nipah

Fasilitas Pantai Mangrove Desa NipahSumber Gambar: Google Maps Keluyuride Adv

Selain keindahan alam dan daya tarik tempat wisata. Oleh karena itu harus juga didukung dengan kelengkapan fasilitas yang ada. Di Pantai Mangrove, Kampung Nipah sendiri memiliki fasilitas yang cukup memadai antara lain:

1. Tempat parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan, baik motor maupun mobil. Sekarang Anda tidak perlu khawatir tentang pencurian atau kehilangan aset tersebut. Karena wisata pantai sudah memiliki tempat parkir sendiri. Selain itu, alun-alun yang luas mampu menampung jumlah kendaraan pengunjung. Meskipun demikian, masih ada kursus benchmark.

2. Paviliun

Puas jalan-jalan di pantai dan berbagai aktivitas seperti berenang dan hiking. Untuk beristirahat di area pantai putih, tersedia gazebo. Jadi Anda bisa bersantai di pendopo sambil menikmati keindahan Pantai Mangrove dan hutan mangrove yang lebat. Ada juga toilet umum dan warung makan di area pantai.

Tentu saja, beberapa hal tentang Pantai Mangrove Kampong Nipah di atas membuat Anda semakin penasaran seperti apa sebenarnya. Untuk itu, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata unggulan Kabupaten Serdang Bedagai secara langsung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button