Berita Wisata

Cigimbal Park Cilacap, Tempat “Resource” Murah

Kamis, 10 November 2022 | 15:44 WIB

| Penulis:

Penerbit: Kusnadi

Cilacap, InfoPublik – Rutinitas sehari-hari terkadang membuat kita bosan, lelah dan kurang inspirasi, yang sering kita sebut “kelelahan biologis”. Kelelahan fisik dan mental ini tidak bisa dianggap enteng, karena dapat berdampak pada penurunan kinerja otak dan emosi.

Untuk mengembalikan “energi positif” yang hilang kita membutuhkan “penyembuhan”. Tidak perlu jauh-jauh dari kota. Saat ini di Cilacap terdapat tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama teman dekat dan keluarga.

Taman Cigimbal, merupakan salah satu destinasi wisata alam di Jalan Tancang RT 02 RW 12 Desa Tritih Kulon, Cilacap Utara. Wisata yang menampilkan rindangnya hutan bakau dan menghadap ke Sungai Bengawan Donan ini dibuka pada 9 Januari 2022 dengan jam buka mulai pukul 07.00 hingga 18.00. Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5.000 per orang.

Tempat ini dikelola oleh Ruswan yang merupakan ketua RW 12 Desa Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara beserta warga sekitar. Fasilitas di kawasan wisata ini ada 2 Ruang rapat Utama dengan kapasitas masing-masing 120 dan 40 orang, gazebo kecil, 2 tempat karaoke, toilet, mushola dan dilengkapi dengan 2 perahu yang digunakan untuk mengelilingi Hutan Mangrove.

Beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata perahu adalah Pulau Krinjing, Kutawaru, Seleko, dan Geo Wisata Pulau Nusa Borit. Tarif yang dikenakan mulai dari Rp 10.000 – Rp 50.000.

Tidak perlu khawatir kelaparan di tempat ini. Karena banyak sekali menu makanan dan minuman yang siap memanjakan lidah kita dengan harga yang tidak menguras dompet. Harga aneka makanan di Cigimbal Park berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 50.000. Untuk minumannya mulai dari Rp 2.000 – Rp 10.000. Untuk menu basic tempat wisata ini yaitu Pecak Kiper yang rasa pedasnya bisa dipesan sesuai selera.

Ruswan, pengelola kawasan wisata ini mengatakan, pemandangan Taman Cigimbal akan semakin indah saat matahari terbenam. Hamparan Sungai Bengawan Donan terlihat seperti mampu menenggelamkan matahari dan meninggalkan pancaran jingganya.

“Cigimbal Park sebenarnya luasnya sekitar 4 hektar. Namun yang bisa kami tangani hanya sekitar 1 Ha. Semoga kedepannya Taman Cigimbal semakin terkenal, maju dan menjadi primadona wisata bagi masyarakat di Cilacap maupun luar Cilacap. sehingga nantinya kita bisa memperluas kawasan wisata ini dan terus meningkatkan fasilitasnya,” jelas Ruswan.

Manda, seorang turis nasional yang berkunjung ke Taman Cigimbal, mengaku merasa puas setelah melakukan perjalanan tersebut. Selain menikmati panorama yang indah, ia dan keluarganya juga bisa menikmati makanan yang enak dan murah. Taman Cigimbal sangat bagus untuk penyembuhan. (enca)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button