Berita Wisata

Trenggalek memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana di jalur wisata

Tulungagung, Jawa Timur (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, telah memperbaiki sejumlah infrastruktur yang rusak di jalur wisata di wilayahnya yang terkena dampak banjir dan tanah longsor selama dua pekan terakhir.

“Kami maksimalkan perbaikan untuk mendukung operasional sektor pariwisata,” kata Kepala Disparbud Trenggalek Sunyoto, Kamis.

Beberapa infrastruktur yang telah diperbaiki antara lain jalan menuju objek wisata Pantai Pasir Putih di Desa Karanggongso, Goa Lowo di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo dan Pantai Prigi.

Misalnya di kawasan wisata Pantai Pasir Putih Karanggongso. Air dari darat yang masuk ke laut semacam membuat lubang aliran air di area pasir di beberapa tempat, namun kami telah melakukan perbaikan dengan penimbunan kembali. Kemudian ada penyeberangan sungai di kawasan wisata Gua Lowo yang ambruk dan beberapa titik kerusakan lainnya,” ujarnya.

Upaya perbaikan. Saat ini kawasan wisata utama Trenggalek sudah bisa beroperasi secara normal.

“Perbaikan sedang kita optimalkan dan terus kita optimalkan agar secara umum aman digunakan untuk perjalanan. Namun, beberapa titik membutuhkan perbaikan jangka panjang. Misalnya perbaikan DAS Gua Lowo membutuhkan anggaran yang cukup besar, jadi bertahap, ” dia berkata.

Meski aman digunakan untuk bepergian, pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak melakukan perjalanan ke pantai selatan Trenggalek untuk lebih berhati-hati.

Memang, lanjutnya, sejumlah infrastruktur jalan menuju kawasan pesisir rawan longsor akibat hujan deras.

Selain itu, di kawasan pesisir selatan juga sedang dikembangkan ruas selatan jalan Watulimo-Tulungagung.

“Kita sudah melakukan pembenahan untuk destinasi wisata. Tapi kalau infrastruktur jalan menuju destinasi seperti kita ketahui, jalannya agak licin karena sering hujan. Kita imbau kepada masyarakat yang ingin ke sana untuk lebih berhati-hati”, ungkapnya. .

Sebelumnya, bencana hidrometeorologi telah melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Trenggalek.

Salah satunya adalah kawasan kecamatan Watulimo yang menjadi pusat keunggulan destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek.

Khusus untuk sektor pariwisata, selain sejumlah infrastruktur yang rusak, dampak banjir juga menyebabkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan yang cukup drastis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button