Berita Wisata

Komitmen Cen Sui Lan Membangun Komunitas di Kawasan 3T, Simak Jadwalnya di 2023

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR Fraksi RI Golkar Kepri Dapil Kepulauan Riau memimpin rapat koordinasi program integrasi dan kerjasama dengan BP2W Ditjen Cipta Karya dan BP2P Kepri Ditjen Ditjen Perumahan Rakyat Sumatera Barat Kementerian PUPR, untuk program tahun anggaran 2023 di Hotel Asia Link Batam, Kamis (10/11)./2022). F-nurul atia/ Suaraserumpun.com

Batam, Suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR Fraksi RI Golkar Dapil Kepri berkomitmen untuk membangun daerah dan masyarakat Kepri hingga ke pelosok (3T). Lihat jadwal Dana Aspirasi Cen Sui Lan untuk tahun anggaran berikutnya 2023.

Untuk mewujudkan pembangunan di kawasan 3T, Cen Sui Lan memimpin rapat koordinasi program integrasi dan kerjasama dengan BP2W Ditjen Cipta Karya dan BP2P Kepri Sumbar Ditjen Kementerian Perumahan Rakyat PUPR, untuk Program Tahun Anggaran 2023 di Asia Link Hotel Batam, Kamis (10/11/2022). ). Rapat ini dihadiri oleh Fasri Bachmid, Kepala BP2W Kepri, Ditjen Cipta Karya dan seluruh Kepala Satker BP2W Kepri dan Zubaidi Kabag BP2P Kepri Ditjen Perumahan Rakyat, Kementerian PUPR.

Pertemuan ini membahas program pembangunan Desa Tiangau di Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau. Desa Tiangau pada tahun anggaran 2023 mendapatkan program integrasi dan kerjasama dari dana aspirasi Cen Sui Lan sebagai lokomotif desa mandiri dengan mengalokasikan program integrasi dan kerjasama dari Internal Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Perumahan dan Dirjen Sumber Daya Alam (Sumber Daya Air) Kementerian PUPR.

Untuk tahun anggaran 2023, program PISEW kembali dialokasikan untuk revitalisasi jalan tepi pantai Arung Hijau, dilanjutkan untuk tahun anggaran 2022 (PISEW-Ditjen Cipta Karya). Revitalisasi jalan lingkungan di Tiangau didukung oleh Program Keselamatan Pantai Arung Hijau untuk tahun anggaran 2023, melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Alam.

“Ini dana yang besar,” kata Cen Sui Lan.

Kemudian, untuk desa tersebut menjadi desa wisata, maka melalui dana aspirasi Cen Sui Lan ke Kementerian Desa Tertinggal ditetapkan sebagai desa wisata pada tahun anggaran 2023. Kemudian pembangunan stand di sepanjang pantai Arung Hijau, yang akan dikelola oleh BUMDes Tiangau.

Kemudian di desa juga ada lembaga tahfiz dan program LPK MCK juga ditugaskan. Untuk lembaga pendidikan keagamaan di sepanjang Pantai Arung Hijau juga dialokasikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan.

Untuk rumah yang tidak memiliki fasilitas air minum, Cen Sui Lan juga mengalokasikan program PAMSIMAS, sehingga terhubung dengan rumah-rumah di masyarakat. Jika masih ada rumah yang akan direhabilitasi di Desa Tiangau, maka akan dialokasikan anggaran juga.

Program ini dilaksanakan pada tahun anggaran 2023, sebagai bentuk kepedulian dan komitmen Cen Sui Lan untuk membangun daerah dan masyarakat di kawasan 3T.

“Dalam waktu dekat, kawasan Anambas tidak lagi terisolir. Karena Pelabuhan Roro Gateway di Letung akan dibangun pada TA 2023. Program ini dilelang dengan anggaran Rp 78 miliar dari dana aspirasi saya,” jelas Cen Sui Lan.

Selain itu, Bandara Letung juga mendapat tunjangan penambahan runway dan revitalisasi terminal bandara pada tahun anggaran 2023 dengan dana mencapai Rp 30 miliar. Serta kelanjutan MYC yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2022, dan lagi pada tahun anggaran 2023 untuk Program Tol Nasional Peninting senilai Rs 67 miliar.

“Masih ada beberapa program yang kami usulkan untuk dilaksanakan di kawasan 3T, hasil dari reses terakhir di Kabupaten Anambas,” tambah Cen Sui Lan.

Menurut Cen Sui Lan, banyak program yang dialokasikan ke Anambas, pada tahun anggaran 2023. Termasuk perlindungan pantai di pulau-pulau terluar Kabupaten Anambas.

“Selamat kepada Pemkab Anambas yang mendapatkan hibah luar biasa. Ini merupakan wujud kehadiran negara terhadap rakyat dan daerah yang infrastrukturnya harus diwujudkan. Sehingga kita bisa mengejar disparitas dengan daerah lain. Sekali lagi selamat kepada warga, masyarakat dan masyarakat Kabupaten Anambas,” ujar Cen Sui Lan.nourul atia)

Penerbit: Sigik RS

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button