Berita Wisata

Sering Hilang di Peta Dunia, Ini 5 Fakta Unik Selandia Baru : Okezone Travel

UJIAN 5 fakta unik Selandia Baru, negara yang sering hilang di peta dunia. Pemerintah Selandia Baru atau New Zealand kini tak henti-hentinya menggalakkan pariwisata.

Bukan hanya sekali atau dua kali Selandia Baru hilang dari peta. Negara tetangga Australia sering terlupakan di peta dunia. Bahkan, pemerintah Selandia Baru sudah merilis tagar #getNZthemap.

Sebagai negara yang sering hilang di peta, Selandia Baru menyimpan keindahan wisata alam. Negara ini bahkan pernah mendapatkan predikat negara teraman kedua di dunia menurut World Population Review.

BACA JUGA:Air New Zealand buka lagi direct flight ke Bali, ini dia programnya

Plus, setidaknya ada 5 fakta unik Selandia Baru, negara yang sering hilang di peta dunia. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Negara Laut Domba

Yang unik dari Selandia Baru adalah negara ini didominasi oleh bom. Selandia Baru memiliki luas kurang lebih 268.021 km2 dengan Wellington sebagai ibu kotanya. Jika Anda mengunjungi negara ini, Anda akan melihat domba sejauh mata memandang.

Populasi domba di Selandia Baru adalah 26,71 juta. Sementara itu, penduduk Selandia Baru berdasarkan sensus penduduk 2019 hanya 4,4 juta jiwa. Banyak bukan?

Untuk alasan ini, wisatawan harus berhati-hati saat mengemudi di jalan Selandia Baru. Terkadang jalan-jalan di Selandia Baru macet karena lewatnya kawanan domba.

2. Negara teraman di dunia

Berbicara tentang negara-negara terkenal di dunia, Selandia Baru tentu saja jawabannya. Negara ini menduduki posisi kedua sebagai negara teraman di dunia menurut World Population Review tahun 2022.

Kejahatan dan kekerasan sangat minim di negara Kiwi ini. Namun, wisatawan harus selalu mewaspadai tindakan kriminal di tempat wisata. Kejahatan bisa terjadi di mana saja, hanya pada tingkat yang sangat rendah.

3. Burung Kiwi Langka di Selandia Baru

Kiwi identik dengan Selandia Baru. Sedemikian rupa sehingga Selandia Baru dijuluki Negara Kiwi. Ternyata kiwi bukan hanya buah lho.

Di Selandia Baru ada burung yang disebut burung kiwi. Berbeda dengan burung pada umumnya, burung kiwi tidak memiliki sayap. Mereka juga memiliki indera penciuman yang sangat tajam.

Burung kiwi adalah hewan yang sangat dilindungi di Selandia Baru. Pemerintah Selandia Baru telah membuat cagar alam khusus untuk melestarikan kiwi.

4. Nama tempat terpanjang

Apa yang membuat Selandia Baru unik, negara yang sering hilang dari peta dunia berikutnya, adalah memiliki nama tempat terpanjang. Ada sebuah bukit di Selandia Baru yang disebut Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu.

Bukit ini berada di selatan Hawke’s Bay. Penduduk asli Selandia Baru cukup menyebutnya bukit Taumata Hill. Bukit di Selandia Baru ini tercatat oleh Guinness World Records sebagai nama tempat terpanjang.

Menggambar

5. Nama Selandia Baru diberikan oleh Belanda

Dikenal sebagai jajahan Inggris, namun nama Selandia Baru tidak seperti yang orang Inggris menyebutnya. Sebaliknya, nama Selandia Baru diberikan oleh orang Belanda yang pertama kali datang ke Selandia Baru.

Seorang navigator Belanda, Abel Tasman, menemukan Selandia Baru pada tahun 1642. Seorang kapten bernama James Cook pada tahun 1769 mengunjungi Selandia Baru.

Nama New Zealand atau Selandia Baru terinspirasi dari salah satu provinsi di Belanda, yaitu Nova Zeelandia.

Inilah 5 fakta tentang keunikan Selandia Baru, negara yang sering hilang di peta dunia.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button