Berita Wisata

Pemkab Garut serahkan 7 unit perahu kepada nelayan

PORTALJABAR, KAB. ararut – Selain sebagai objek wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan, Kabupaten Garut dengan wilayah lautnya juga menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat di wilayah selatan Garut yaitu para nelayan.

Guna memaksimalkan potensi tersebut, Pemerintah Kabupaten Garut (Pemdakab) telah menyerahkan 7 set perahu kepada nelayan di wilayah selatan Garut. Kapal tersebut diserahkan oleh Bupati Garut dr. Helmi Budiman, di hadapan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disanak) Kabupaten Garut, Sofyan Yani.

“Jadi para nelayan ingin memaksimalkan hasil tangkapannya, apalagi sejak awal kami ingin membantu para nelayan lobster, karena selama ini para nelayan lobster sudah menggunakan sampan, sekarang ternyata kalau masuk ke tengah dari sampan ( lagi) harus pakai kapal juga,” kata Helmi usai melakukan penyerahan kapal di Pantai Taman Manalusu, Kabupaten Garut, Sabtu (17/9/2022).

Ia berharap perahu-perahu yang disumbangkan Pemkab Garut ini mampu memaksimalkan hasil tangkapan ikan para nelayan dan melampaui target tangkapan ikan yang telah ditetapkan.

“Karena target ikan kami tahun lalu melebihi target ya (sekitar) 1.700 ton, sekarang kami hanya 900, jadi masih ada 600 (ton) lebih sedikit. Ya semoga dengan bantuan perahu ini bisa lebih cepat tersambar (target), atau lebih dari target ikan yang dihasilkan,” ujarnya.

Helmi menjelaskan, dalam satu set perahu terdapat beberapa alat penunjang bagi para pemancing untuk menangkap ikan, seperti perahu yang dilengkapi dengan motor, GPS atau global positioning system, pelampung dan fillet.

“(Mudah-mudahan) kesejahteraan (nelayan) meningkat, kemudian kita juga (dapat) mendapatkan banyak ikan, karena kita memiliki gerakan makan ikan, (dan) pada akhirnya (peningkatan ekonomi), ekonomi kita akan meningkat. tumbuh,” katanya. (Humaspemkab.Garut/UPI)

Source: jabarprov.go.id

Related Articles

Back to top button