Berita Wisata

Stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif didesak untuk siap menyambut Nataru

KOMPAS.com – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, meluncurkan imbauan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk mempersiapkan segala sesuatunya menyambut pergerakan masyarakat.

“Kami minta tempat wisata, destinasi favorit, sentra ekonomi kreatif dipersiapkan dengan baik, dimanfaatkan secara maksimal,” kata Sandiaga saat jumpa pers mingguan yang rutin digelar. hibridaKamis (10/11/2022).

Baca juga:

Memang, menurut dia, meski pandemi Covid-19 telah berlalu, para pelaku parekraf saat ini menghadapi tantangan lain, termasuk kondisi cuaca ekstrem.

“Inovasi dan adaptasi, serta kolaborasi akibat situasi krisis masa lalu, kini tergantikan oleh suasana potensi kondisi cuaca ekstrem, seperti hujan yang datang tiba-tiba seperti sekarang ini,” ujarnya.

Karena itu, Sandiaga mengimbau kepada pengelola tempat wisata dan pusat ekonomi kreatif untuk menghadirkan destinasi yang aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Baca juga: 15 Wisata Alam di Semarang, Cocok Untuk Liburan Panjang

Prediksi pergerakan orang yang kuat selama Nataru

Menparekraf menjelaskan, berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), potensi pergerakan nasional selama libur Nataru 2023 adalah 22,4% dari total 60 juta penduduk.

“Ini sangat signifikan, pergerakan orang di wilayah Jabodetabek saja diperkirakan 12,3% atau mencapai 7,5 juta orang,” katanya.

Menurut Sandiaga, sejumlah tempat wisata favorit yang populer dan berpotensi diburu banyak wisatawan selama liburan Nataru antara lain Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Selain itu, TMII kini telah direvitalisasi menjadi lebih baik, sehingga diharapkan dapat membuat kunjungan menjadi lebih nyaman dan maksimal.

Baca juga:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button