Tempat Wisata

Pantai Tanjung Bloam – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Rp150.000, Waktu aktif: -, Alamat: J L. Beloam Strand, Tanjung Ringgit, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Indonesia dikenal sebagai negara dengan sejuta sumber daya alam. Salah satunya adalah wisata Pantai Tanjung Bloam di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Dikelilingi perbukitan, pantai ini memang belum banyak dijamah orang. Alhasil, air pantai masih jernih dan areanya sangat bersih.

Wisata ini dikenal sebagai penangkaran penyu yang terbentang di sepanjang pantai. Hal lain yang menambah estetikanya adalah adanya tebing-tebing yang mengapitnya di kanan dan kiri. Ada juga banyak perahu nelayan kecil yang hilir mudik di sepanjang pantai. Tak heran jika para wisatawan di sini akan terpesona dengan nuansa alam yang masih alami.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa mendaki bukit untuk menikmati keindahan setiap sudut pantai. Suasana dan udaranya cukup menyejukkan, sehingga cocok untuk bersantai. Jika Anda pernah mengunjungi Tanjung Ringgit sebelumnya, mudah untuk menemukan jalur jalan menuju Pantai Tanjung Bloam karena lokasinya yang dekat.

Daya Tarik Pantai Tanjung Bloam

Atraksi Pantai Tanjung BloamKredit Foto: Google Maps Jess Prince

Pantai tersembunyi di Lombok ini tidak diragukan lagi memiliki keindahan alamnya. Tak sedikit pengunjung dari berbagai daerah datang ke sini hanya untuk menyegarkan diri. Selain itu, pantai cantik di Lombok Timur ini juga menawarkan pesona tersendiri yang tidak kalah dengan pantai lainnya.

1. Memiliki tebing dan bebatuan yang eksotis

Salah satu daya tarik pantai ini adalah 2 tebing yang mengapitnya. Dari sisi kanan terdapat tebing berbatu dan sisi kiri tebing terlihat seperti sanggul. Pemandangan alam yang indah menjadi ciri khas pantai ini. Selain itu, ada juga perbukitan di antara tebing-tebing yang menawan.

Ada juga bebatuan yang berwarna kuning keemasan. Batu ini terlihat seperti lukisan oleh seorang pelukis ulung. Corak hitamnya terlihat begitu kontras dengan air laut yang biru jernih. Batuan ini terlihat seperti bersinar di malam hari yang menambah keindahan pantai.

2. Air pantai yang jernih

Sejauh mata memandang, wisatawan dimanjakan dengan air pantai yang jernih. Ini karena tidak banyak orang yang datang ke sini. Ombak di Pantai Tanjung Bloam tidak terlalu besar, namun pengunjung harus berhati-hati saat bermain atau berenang. Saat kita memasuki pantai kita bisa melihat keindahan alam bawah laut.

Uniknya, pengunjung bisa melihat nelayan di sini mencari ikan. Lingkungannya juga sangat bersih. Tidak heran Anda jarang menemukan sampah di sini. Tempat ini juga menjadi tempat penyu bertelur.

3. Hamparan pasir putih

Pantai Tanjung Bloam juga memiliki pasir putih yang sangat lembut. Banyak pengunjung juga yang tidak memakai sepatu saat bermain di pasir. Pantai ini juga memiliki garis pantai yang panjang. Wisatawan juga bisa membawa mainan pasir saat berkunjung ke sini.

Di tepi pantai, beberapa batu karang berjajar secara acak. Saat cuaca cerah, garis biru langit bertemu dengan birunya air laut dan pasir putih memanjakan para pengunjung. Setiap sudut pantai selalu menawarkan berbagai keindahan alam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung BloamSumber Gambar: Google Maps Shannon

Pantai Tanjung Bloam terletak di Desa Temeak, Dusun Tangsi, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bisa dibilang perjalanan ke pantai ini sangat menguras tenaga. Hal ini dikarenakan lokasi pantai yang tersembunyi di antara hutan jati. Pengunjung dari Mataram membutuhkan waktu 2-3 jam untuk sampai ke area pantai.

Jika tidak memakan waktu lama dari arah Tanjung Ringgit, Anda akan sampai di wisata bunga ini. Hanya saja jalanannya tidak begitu lebar dan hanya cukup untuk satu mobil. Anda hanya perlu berbelok ke kanan dan Anda akan menemukan petunjuk arah menuju pantai.

Sebelum memasuki kawasan pantai, wisatawan akan menemukan gazebo kecil. Jalannya masih terasa alami berupa tanah dengan kerikil yang membuat pantai ini terlihat seperti tidak sering dikunjungi banyak orang. Meski perjalanan terasa cukup panjang, namun terbayar dengan pemandangan alam yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Pantai Tanjung BloamKredit foto: Google Maps Ricky Tanza

Untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Bloam, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 150.000. Mungkin terdengar mahal, tapi begitu masuk ke dalam area pantai, pengunjung dijamin ingin kembali lagi. Wisata ini juga bisa dibilang privasi karena pengunjung tidak seramai pantai lainnya.

Jika pengunjung ingin datang ke pantai ini namun tidak memiliki budget yang banyak, ada cara lain untuk mengaksesnya. Caranya adalah dengan melintasi Hutan Jerowaru. Namun tidak banyak orang yang mengetahui rute ini, hanya penduduk setempat yang mengetahuinya. Persiapan kondisi menjadi salah satu hal terpenting saat berlibur di pantai ini.

Kegiatan Seru di Tanjung Bloam

Kegiatan Seru Tanjung BloamKredit foto: Instagram Go!

1. Abadikan momen melalui potret

Jika Anda mengunjungi wisata ini, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa kamera atau handphone. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pantai biru dan pasir putih. Selain itu, bukit dan bebatuan bisa dijadikan spot foto yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di sekitar perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai.

2. Snorkeling

Air lautnya yang biru jernih membuat wisata ini menjadi wisata snorkeling yang populer. Namun area di sekitar pantai tidak menyediakan persewaan alat snorkel, jadi Anda harus membawa sendiri dari rumah. Ikan dan terumbu karang yang jernih dan indah untuk dilihat di bawah laut. Wisatawan juga dapat menggunakan kamera aksi tahan air.

3. Berenang

Kurang pas rasanya jika berkunjung ke pantai Tanjung Bloam tapi tidak membawa perlengkapan renang. Namun sebaiknya wisatawan hanya berenang di tepi pantai, agar tidak menggulung ombak. Ini cukup untuk mencuci setelah perjalanan yang agak lama ke pantai.

4. Kunjungi penangkaran penyu

Aktivitas seru di Tanjung BloamSumber Gambar: Google Maps Shannon

Wisata ini memang terkenal dengan habitat penyu yang berkembang biak di daerah sekitar pantai. Beberapa bebatuan yang menjorok ke laut juga menjadi salah satu spot favorit penyu. Wisatawan yang datang bisa bermain dengan penyu atau sekedar berfoto. Penangkaran ini juga dikelola oleh masyarakat setempat.

5. Jalan-jalan di pantai

Pengunjung yang menyukai petualangan dapat menikmati keindahan pantai dengan berkendara melewati perbukitan dan hutan Jerowaru. Penduduk setempat dapat menemani Anda menjelajahinya. Selain itu, Anda juga bisa menyewa sepeda untuk bersantai di pantai.

6. Bermain pasir

Hamparan pasir putih di sepanjang pantai memang menjadi ciri khas Pantai Tanjung Bloam. Pengunjung juga bisa bermain di pasir ini dengan membawa berbagai perlengkapan. Bola voli pantai juga bisa dimainkan di area berpasir ini.

Penginapan murah di sekitar pantai

Penginapan murah di sekitar pantaiKredit foto: Akun Resmi Instagram Puri Asia®

1. Kamp Pantai Jeeva Bloam

Penginapan jerami ini sangat unik karena terbuat dari kayu yang terlihat estetis. Jaraknya sendiri tidak jauh dari pantai. Wisatawan disuguhi pemandangan yang indah karena balkon yang menghadap ke laut. Ada juga perpustakaan kecil di dalamnya, kamar mandi dengan air dingin atau hangat dan masih banyak lagi.

2. Desa Pantai Panorama Cottages

Cottage ini adalah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menginap di dekat Pantai Tanjung Bloam. Fasilitasnya juga sangat lengkap, mulai dari kolam renang, wifi gratis dan hewan peliharaan yang diperbolehkan dibawa pengunjung. Selain itu, properti ini hanya menerima pembayaran tunai.

3. OYO 1837 Telone Bungalow

Wisatawan yang ingin menginap dalam suasana tenang yang jauh dari peradaban bisa mengunjungi penginapan ini. Harganya juga sangat murah mulai hanya 150.000 per malam. Kamar stasioner juga dilengkapi dengan AC dan pembersihan kamar juga dilakukan setiap hari. Selain itu, kamar mandinya juga dilengkapi dengan shower.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas pantai Tanjung BloamKredit foto: Google Maps bagus

Pantai Tanjung Bloam memiliki fasilitas untuk dinikmati pengunjung, hanya saja tidak selengkap pantai lainnya. Ini karena kondisinya masih alami.

Pengunjung sangat perlu membawa perlengkapan yang lengkap jika ingin bersantai berlama-lama dan menikmati pesonanya. Ada juga beberapa warung di sekitar pantai, sehingga wisatawan harus membawa makan siang sendiri. Kamar mandinya juga hanya sedikit.

Parkir mobil dekat pantai, meskipun pendekatannya sangat ekstrim. Anda yang berkunjung ke pantai ini tidak perlu khawatir dengan minimnya fasilitas. Karena keindahan alamnya yang jarang ditemukan di pantai lain dan dijamin kamu akan betah di sini.

Itulah ulasan lengkap Pantai Tanjung Bloam Lombok Timur dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Anda yang sedang berlibur di Lombok bisa menambahkan wisata ini sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Hal terpenting yang Anda butuhkan sebelum datang ke sini adalah energi dan persiapan anggaran yang cukup.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button