Berita Wisata

Aktivitas Seru di Mandalika, Lombok Setelah World Superbike

Frasa.id – Bagi penggemar olahraga pasti sudah siap menyaksikan World Superbike 2022 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 11-12 November 2022! Nah, bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan Lombok secara maksimal, berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Selain menikmati sirkuit Mandalika, tentunya tidak ketinggalan keindahan, eksotisme pantai dan panorama alam Lombok.

1. Uji adrenalin Anda dengan mencoba berselancar

Kegiatan selancar. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bagi penyuka olahraga, rasanya belum lengkap jika belum mencoba olahraga ekstrim, termasuk selancar atau surfing. Tentu saja Lombok adalah surganya para peselancar karena pantai dengan ombak yang cukup menantang bagi para peselancar.

Berbagai pantai bisa dijadikan destinasi selancar, seperti Pantai Are Guling dan Pantai Gepruk di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Bagi mereka yang ingin berlatih berbagai jenis olahraga air, Pantai Are Guling adalah tujuan yang ideal. Karena selain menawarkan aktivitas surfing, ada juga aktivitas seperti kite-surfing dan paralayang.

Sedangkan bagi yang sangat ingin mencoba belerang, bisa menuju Pantai Gepruk di Desa Gerupuk, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Pantai ini memiliki titik ombak yang sulit. Pantai Gepruk juga dikenal oleh para peselancar di seluruh dunia sebagai salah satu spot favorit untuk berselancar.

2. Menemukan kekayaan tradisi nusantara di Desa Wisata Sade dan Ende

Tradisi Suku Sasak di Desa Wisata. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Menjelajahi kekayaan tradisi budaya di desa-desa wisata bisa menjadi destinasi selanjutnya untuk memperkaya pengetahuan tentang beragam budaya Indonesia. Salah satunya di desa wisata Sade dan Ende. Di sini, tradisi dan budaya suku Sasak masih sangat kental.

Pengunjung dapat melihat rumah adat dan menikmati tarian suku Sasak. Tak hanya itu, berbagai kerajinan khas suku Sasak bisa dibeli di sini, seperti kain tenun songket hingga kuliner khas Lombok.

3. Lihat matahari terbenam di pantai

Pantai yang keren. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Untuk pecinta matahari terbenamJika Anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa untuk mengunjungi pantai-pantai di sekitar Mandalika. Sejumlah pantai menawarkan matahari terbenam yang indah dengan latar belakang romantis.

Salah satunya adalah Pantai Seger yang hanya berjarak 7 km dari sirkuit Mandalika. Pantai ini sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, yang membuat pantai ini unik adalah sangat terkenal dengan tradisi Bau Nyale yaitu mencari cacing laut yang diyakini penduduk setempat sebagai putri Mandalika. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki bukit yang menjulang tinggi dan menjadi tempat terbaik untuk melihat Sirkuit Mandalika dari kejauhan.

4. Kagumi keindahan alam dari atas Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bukit Pergasingan yang terletak di dekat Gunung Rinjani menawarkan pemandangan yang tiada duanya. Meski harus menempuh perjalanan sekitar tiga jam dari Mandalika, perjalanan panjang ini akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Mencapai puncak bukit hanya membutuhkan waktu satu setengah jam dan rutenya cocok untuk pendaki pemula.

Bukit Pergasingan merupakan destinasi yang sejuk dan sejuk dengan pepohonan yang rindang, angin sepoi-sepoi dan udara segar serta kebun sayur dan persawahan, yang akan membuat perjalanan menuju puncak semakin menyenangkan.

5. Cicipi Masakan khas Lombok, Ayam Taliwang

Ayam Taliwang. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Ayam taliwang yang rasanya super enak ini sayang untuk dilewatkan. Tidak sempurna jika Anda mengunjungi Lombok tetapi tidak makan Ayam Taliwang. Menu spesial ini terdiri dari ayam utuh yang dipanggang dan disajikan dengan sambal pedas spesial.

Sambal dibuat dengan bawang putih, cabai dan terasi. Sebagai pelengkap, hidangan ini biasanya disajikan dengan bayam dan terong. Soal rasa lagunya tidak perlu diragukan lagi karena pasti enak banget! [Syifaa]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button