Berita Wisata

Kegiatan konsumsi dalam perekonomian, lihat definisi dan contohnya

Kegiatan konsumsi dicirikan oleh penggunaan langsung barang dan jasa sedemikian rupa sehingga nilai pakainya dapat habis atau berkurang setelah digunakan. Semua barang dan jasa tersebut hanya dapat diperoleh melalui transaksi pembelian dengan biaya tertentu yang harus dibayar.

Kegiatan konsumsi secara sederhana dapat dijelaskan sebagai kegiatan ekonomi yang menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa yang secara bertahap atau segera habis. Pihak yang melakukan kegiatan ini disebut konsumen. Dalam prakteknya, konsumen dapat berupa individu atau kelompok. Tujuannya pun berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen.

Konsumen individu melakukan aktivitas konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Misalnya, orang yang hobi mengoleksi tanaman membeli pupuk cair untuk memelihara koleksi tanamannya, atau orang yang lapar membeli makanan dari warteg.

Lain halnya dengan para pelaku konsumsi kolektif. Tujuannya tidak berpusat pada kebutuhan individu, tetapi pada pemenuhan kebutuhan semua anggota kelompok. Misalnya, seorang chef yang membeli sayuran untuk restorannya atau kantor yang membeli peralatan komputer untuk peralatan kerja karyawannya. Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh konsumen kelompok ditujukan untuk memenuhi kebutuhan anggota lainnya, seperti staf dan karyawan perusahaan.

Kegiatan konsumsi dapat terjadi ketika produsen menjual barang atau jasa kepada konsumen. Kegiatan konsumsi juga dapat terjadi ketika konsumen membeli barang atau jasa dari distributor.

Dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan konsumsi merupakan hal yang selalu kita jumpai. Misalnya menggunakan listrik untuk bekerja, menggunakan air untuk memasak, membeli bahan bakar untuk bahan bakar kendaraan, dan menggunakan kuota internet untuk mencari informasi di internet.

Contoh di atas menggambarkan penerapan kegiatan konsumsi yang sering dilakukan oleh masyarakat. Ternyata, kegiatan ini merupakan salah satu poin penting yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan ekonomi.

Karakteristik kegiatan konsumsi

Kegiatan membeli, menggunakan, dan membelanjakan segala macam barang dan jasa disebut kegiatan konsumsi apabila memenuhi ciri-ciri sebagai berikut.

– Dibuat langsung untuk tujuan memuaskan keinginan atau memenuhi kebutuhan konsumen saat ini.

– Barang yang dibeli atau jasa yang digunakan memberikan nilai bagi kepentingan konsumen.

– Cepat atau lambat nilai pakai barang dan jasa yang dikonsumsi akan berkurang atau habis.

– Barang dan jasa yang dikonsumsi selalu memiliki biaya transaksi dan harus dibayar melalui pembelian.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button