Tempat Wisata

Tiket Masuk Monumen Pancasila Sakti 2022, Sejarah dan Alamat

Tugu Pancasila Sakti, bukti sejarah peristiwa G-30-S-PKI dan saksi bisu perjuangan menjaga keutuhan ideologi Pancasila.

Monumen Garuda di Monumen Pancasila SaktiGambar Monumen Pancasila Sakti via instagram.com/monumenpancasilasakti

Jam buka: 09.00 – 21.00.
Tiket masuk: Rp 5.000/orang
Nomor telepon: 0821-1251-9568
Aktivitas: Pelajari kisah peristiwa G-30-S-PKI.
Waktu terbaik: 11.00 – 14.00 WIB.
Membawa: Kamera.
Melarang: Dilarang merusak benda-benda di museum.
Alamat: Monumen J L. Pancasila Sakti, RT.1/RW.9, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810
Fasilitas umum: Tempat parkir, hotel, losmen, snack bar, toilet, kamar mandi, rest area.
Akses jalan: Musim semi
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Pariwisata bukan hanya tentang relaksasi dan kesenangan. Ada kalanya wisata budaya dan sejarah penting bagi institusi pendidikan.

Salah satu alternatif wisata sejarah murah untuk menambah pengetahuan adalah Monumen Pancasila Sakti. Di sini Anda bisa melihat dengan jelas kronologi peristiwa G30SPKI dan lubang buaya.

Apa hubungan Pancasila Sakti dengan G30SPKI? Monumen bersejarah ini menjadi saksi bisu peristiwa tersebut.

Tempat Foto Otomatis via instagram.com/monumenpancasilasakti

Koleksi benda-benda di Monumen Pancasila Sakti via instagram.com/monumenpancasilasakti

lubang buaya via instagram.com/monumenpancasilasakti

tempat foto via instagram.com/monumenpancasilasakti

Monumen Garuda via instagram.com/monumenpancasilasakti

Homepage Museum Pengkhianatan PKI via instagram.com/monumenpancasilasakti

Sekilas tentang Monumen Pancasila Sakti

Monumen ini didirikan di kota Jakarta di atas lahan seluas 14,6 hektar pada Agustus 1967 atas prakarsa Presiden Soeharto. Kemudian diperingati pada tanggal 1 Oktober 1973, yang diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Monumen atau disebut juga Museum Lubang Buaya ini menawarkan banyak hal yang berkaitan dengan sejarah Indonesia. Ada rangkaian acara G30SPKI yang ditampilkan dalam grafik 3 dimensi dengan 34 diorama.

Baca juga: Museum di Yogyakarta

sejarah monumen

Latar belakang peringatan ini diawali dengan kudeta PKI yang berujung pada pembantaian pejabat TNI di daerah Lubang Buaya. Di areal tugu ini terdapat sebuah sumur dengan kedalaman 12 m dan diameter 75 cm untuk mengubur jenazah para petugas.

Air mancur ini kemudian dikenal sebagai Lubang Buaya. Air mancur ini terletak di tanah kosong di museum sejarah di depan monumen.

Untuk memperingati tragedi ini, sebuah monumen didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi. Sekaligus sebagai peringatan perjuangan bangsa Indonesia dan cermin perjuangan bangsa.

objek wisata

Ketika Anda mengunjungi museum, Anda pasti ingin melihat dan mempelajari sesuatu, bukan? Lalu apa saja benda-benda yang ada di monumen ini?

  • Ada gedung museum Pengkhianatan PKI dimana anda bisa melihat dokumentasi asli kejadian G30SPKI. Ada kronologi dengan thumbnail yang mewakili setiap peristiwa.
  • Poster raksasa bergambar Garuda dan 7 pahlawan revolusi.
  • Miniatur dalam kaca dipamerkan.
  • Sebuah prasasti di sisi kanan pintu masuk.
  • Rumah penyiksaan, posko, dapur, ruang teater, museum Paseban dan sebuah mobil tua yang menjadi bukti peristiwa G30SPKI.
  • Sebuah air mancur bernama Lubang Buaya terletak di tanah kosong di dekat monumen.

Tugu peringatan dan museum di atas masih dalam satu tempat. Jadi jika Anda pergi ke monumen, pastikan untuk mengunjungi museum juga.

Fasilitas wisata

Ingin mengunjungi monumen bersejarah ini? Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya karena di dalamnya terdapat fasilitas yang lengkap.

  • parkir kendaraan yang luas,
  • hotel dan penginapan,
  • Kamar mandi,
  • Toilet,
  • zona tenang,
  • Restoran.

Kelengkapan fasilitas di tempat wisata ini tentunya akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

HTM dan jam buka

Berbeda dengan Museum Gunung Merapi di Jogja yang memiliki HTM cukup tinggi, HTM untuk museum dan monumen sangat terjangkau. Hanya membutuhkan Rp 5.000 per orang.

Jam operasional Monumen Pancasila Sakti setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 21:00 WIB. Untuk durasi wisata di museum ini, pengunjung biasanya menghabiskan waktu 45 menit – 2 jam.

alamat

Tentu bagi Anda yang penasaran dengan air mancur legendaris Lubang Buaya, Anda pasti ingin melihat langsung seperti apa. Silahkan kunjungi alamat Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.

Setelah monumen ini, Anda bisa menjelajahi destinasi menarik lainnya. Misalnya Snowbay Waterpark TMII, Skyworld TMII, Museum Transportasi dan Museum Komunikasi.

Tanya Jawab tentang Monumen Pancasila Sakti

Masih banyak pertanyaan seputar destinasi wisata yang satu ini? Harap perbarui informasi lebih lanjut tentang FAQ ulasan pengguna di bawah ini.

Kesimpulan

Monumen Pancasila Sakti merupakan panduan pendidikan sejarah yang sangat penting, terutama bagi generasi muda. Selain itu, monumen ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif wisata sejarah yang menarik.

Banyak hal yang bisa dilihat dan diingat pengunjung disana, salah satunya adalah bukti perjuangan Pahlawan Revolusi melawan PKI.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button