Berita Wisata

Bule hampir tumbang di Kawah Ijen, BKSDA pernah memberlakukan larangan tapi menghilang

Jakarta

Seorang turis hampir jatuh ke kawah Ijen saat hendak mengambil foto di atas pohon kering di tepi tebing. Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah memasang rambu peringatan bahaya di kawasan pohon kering.

Kepala Seksi Konservasi Area V Banyuwangi Purwantono mengaku baru mengetahui informasi tersebut. Pihaknya sedang mencari turis yang melakukan aksi berbahaya tersebut.

“Kami baru tahu informasinya,” kata Purwantono kepada wartawan, Jumat (11/11/2022).

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Agar hal itu tidak terjadi lagi, BKSDA akan menyiagakan petugas di puncak kawah Ijen.

“Kami selalu mengimbau pekerja lapangan untuk berhati-hati dan tidak berada di titik bahaya,” katanya.

Suhu dingin melanda kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen (TWA).  Suhu terendah di kawasan wisata yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso ini mencapai 3 derajat Celcius.Suhu dingin melanda kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen (TWA). Suhu terendah di kawasan wisata yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso itu mencapai 3 derajat Celcius. Foto: Ardian Fanani/detikJatim

Menurut dia, BKSDA memang sudah memasang rambu peringatan di sejumlah titik zona merah yang dianggap berbahaya bagi pengunjung. Termasuk di tempat foto kayu kering dimana turis hampir jatuh ke jurang. Purwantono mencontohkan, kawasan itu sangat berbahaya bagi wisatawan.

“Memang untuk lokasi pohon (yang viral) pernah kami pasang rambu peringatan karena lokasinya tepat di bibir kawah Ijen dan sangat berbahaya bagi manusia,” ujarnya.

Namun, kata dia, saat ini kondisi rambu peringatan sudah tidak ada lagi di lokasi.

“Spanduknya hilang atau apa. Nanti kita tugaskan ke petugas untuk memasang kembali rambu peringatan,” imbuhnya.

Selain itu, Purwantono mengimbau wisatawan ke Kawah Ijen untuk tetap mengutamakan keselamatan. Karena tidak ada yang lebih berharga dari nyawa.

[Gambas:Instagram]

Garis waktu Kaukasia hampir jatuh

Sebelumnya, seorang turis hampir jatuh ke Kawah Ijen saat mati-matian berusaha memanjat pohon kering di bibir kawah, diduga dalam upaya mendapatkan spot foto asli.

Momen jatuhnya turis tersebut terekam dalam sebuah video yang kemudian diunggah pertama kali oleh akun Instagram @mr_saptohadi dan viral di media sosial.

Akun tersebut mengingatkan siapa saja yang ingin berwisata ke Kawah Ijen untuk lebih berhati-hati dan menjaga keselamatan diri. Dan jangan pernah meniru tindakan nekat pria di video tersebut.

“Sayang yang mau ke Ijen, Perhatian! Perhatian! Mohon selamatkan nyawa, jangan coba-coba kalau mau ke kawah Ijen, hati-hati! Bebas share konten untuk mengingatkan siapa saja agar selamat di kemudian hari”, tmenulis akun ini.

Dalam video tersebut, pria yang hampir terjatuh itu terlihat mengenakan kerpus dan masker. Dia naik ke batang pohon kering di tepi kawah Ijen dan bersandar di salah satu dahan.

Sementara itu, kedua kakinya menginjak dahan lain dan bahkan sempat mengangkat kaki kirinya sedikit ke atas. Saat dia berpose dengan kedua tangan terangkat, dahan kering yang berfungsi sebagai penyangga tiba-tiba patah sehingga jatuh ke tanah.

Beruntung, pria tersebut berhasil mencapai batang pohon yang telah diinjaknya hingga akhirnya terselamatkan dari maut.

Artikel ini dipublikasikan pada detikJati.

Simak video “Korban Banjir Miris di Banyuwangi, Rumah Susun Tersapu Banjir”
[Gambas:Video 20detik]
(sim/sim)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button