Berita Wisata

Ini dia 5 wisata di Mimika yang jadi destinasi weekend

Timika, IDN Times – Tempat wisata di Kabupaten Mimika tergolong langka. Namun warga tak perlu khawatir, karena sebenarnya ada beberapa tempat menarik yang bisa menjadi destinasi wisata akhir pekan.

Mulai dari Pantai Keakwa yang menunjukkan rekor Perang Dunia II, Ekowisata Mangrove dengan pesan-pesan motivasi yang ditemukan di setiap sudutnya, Rainbow Tours dan Kali Waga-Waga yang menampilkan wisata alamnya.

Tak kalah menarik adalah Kali Kyura, wisata alam yang memiliki air terjun pegunungan yang indah.

Ini dia 5 tempat wisata di Mimika yang bisa kamu kunjungi!

Baca Juga: Lembaga Adat Papua Mimika Tolak Perpanjangan Izin Amdal Freeport

1. Desa Wisata Keakwa peninggalan Perang Dunia II telah membangun 10 homestay

Untuk mencatat!  Ini 5 wisata di Mimika untuk destinasi akhir pekan1 dari 10 homestay dibangun di Kampung Keakwa, IDN Times/ Istimewa

Salah satu peninggalan Perang Dunia II yang masih ada hingga saat ini adalah Desa Keakwa yang terletak di pusat kabupaten Mimika, Mimika, Papua Tengah.

Salah satu peninggalan Perang Dunia II di tempat ini adalah meriam panjang peninggalan tentara Jepang yang berada tak jauh dari pantai. Meriam tersebut dapat dilihat secara langsung dan keberadaannya sangat jelas.

Untuk menarik wisatawan berkunjung ke Desa Keakwa, salah satu yayasan membangun 10 bangunan homestay dibangun dari kayu. Bahan alami lain yang digunakan adalah daun mangga dan pelepah sagu.

tanggal 10 homestay dibangun menghadap ke laut, di depannya, hamparan pasir putih yang luas sangat ideal untuk bersantai di akhir pekan dan pengunjung juga dapat menikmati matahari terbenam yang memanjakan mata mereka.

Baca Juga: Obat Sirup Berisiko Dihapus dari Peredaran di Mimika Papua

2. Ekowisata Mangrove Pomako

Untuk mencatat!  Inilah 5 wisata di Mimika untuk destinasi akhir pekanSejumlah pengunjung masuk ke dalam ekowisata mangrove saat melintasi jembatan yang memiliki tulisan motivasi IDN Times/Special

Ekowisata Mangrove Pomako merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di kabupaten Mimika Timur.

Lokasi Ekowisata Mangrove ini berdekatan dengan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) milik pemerintah yang berjarak 43 kilometer dari pusat kota Timika.

Jika ingin kesana, gunakan saja kendaraan roda empat yang memakan waktu sekitar 1 jam. Namun jika menggunakan motor, hanya sekitar 30 menit saja.

Saat berkunjung ke tempat ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, tempat yang ditumbuhi pohon bakau, sejuk dan nyaman. Uniknya, di sepanjang jalan terdapat pos-pos hiburan yang bisa dilihat oleh setiap pengunjung. Papan tulis ditulis dengan kata-kata yang memotivasi dan mengundang.

Pada ekowisata mangrove terdapat 40 jenis mangrove dan 27 di antaranya berada di kawasan ekowisata mangrove Pomako. Selain itu, saat memasuki pintu masuk ekowisata, pengunjung juga akan mendengar kicauan burung.

Keunikan lainnya, tempat ini memiliki jembatan kayu besi sepanjang 1 kilometer yang berfungsi sebagai titik penyangga pengunjung sambil menikmati keindahan hutan mangrove.

Baca Juga: Cegah Abrasi, 3.000 Pohon Mangrove Ditanam di Teluk Jakarta

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

3. Wisata Air Pelangi

Untuk mencatat!  Ini dia 5 wisata di Mimika untuk destinasi weekendRainbow Landmark Mile 8, IDN Times/Special

Wisata Water Pelangi Mimika yang merupakan tempat wisata bernuansa alam di Papua dan bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan penat setelah seminggu berkutat dengan rutinitas sehari-hari.

Letaknya juga tidak jauh dari pusat kota Timika, tepatnya di Kampung Kadun Jaya, Kecamatan Wani, Mimika, Papua Tengah. Masyarakat hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasi wisata.

Saat memasuki kawasan wisata, pengunjung disuguhi pemandangan yang menarik. Dari berbagai patung hewan di sisi kolam renang yang dipadukan dengan taman bunga, hingga wahana ski air.

Kemudian, di Wisata Pelangi Kilometer 8 juga terdapat kolam renang anak yang terpisah dari kolam dewasa.

Baca Juga: Kemendagri Ajak Pemprov Papua Inventarisasi Aset Gunung Papua

4. Kali Baliem Waga-Waga

Untuk mencatat!  Inilah 5 wisata di Mimika untuk destinasi akhir pekanPengunjung terlihat mandi di Sungai Waga-waga, IDN Times/Special

Sedangkan untuk kawasan yang berdekatan di kaki gunung terdapat taman bermain bernama Kali Baliem Waga-Waga yang merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Inamco Resort, Distrik Kuala Kencana, Mimika, Papua Tengah.

Lokasinya tak jauh dari Markas Batalyon 754/ENK Kostrad Raider. Di wilayah tersebut dialiri beberapa sungai, antara lain Kali Baliem Waga-Waga.

Pemandangan gunung yang diselimuti kabut tipis dan hamparan hutan lebat kompleks Inamco menambah dimensi alam tempat wisata ini. Pengunjung yang datang juga akan mengapresiasi keindahan tempat wisata alam tersebut.

Objek wisata ini juga tercakup dalam sejarah. Pada tahun 2009, daerah tersebut rawan banjir karena genangan air dari aliran sungai atau sungai.

Warga sungai sepakat untuk membuka tempat wisata alam dengan melibatkan kelompok usaha Baliem dan 4 gereja Baptis Kristen. Wilayah tersebut kemudian ditata dengan baik dalam sebuah tempat wisata alam yang terbuka untuk umum.

5. Kali Kyura menjadi Trans Nabire

Untuk mencatat!  Ini 5 wisata di Mimika untuk destinasi akhir pekanSuasana Sungai Kyura, Air Mengalir Melewati Bebatuan, IDN Times/ Istimewa

Kali Kyura adalah salah satu dari sekian banyak objek wisata alam yang menjadi tujuan penduduk setempat untuk melepas penat setelah seharian bekerja di Mimika.

Tak heran, jika di hari Minggu atau hari libur, sungai di Jalan Trans Nabire, Distrik Iwaka, Mimika, Papua Tengah ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang hanya melihat hamparan air pegunungan yang jernih dan dingin asalnya.

Saat ini, semua pengunjung dapat merasakan angin sejuk dari mata air sungai berbatu dan hutan belantara, serta keindahan lingkungan alam. Selain itu, saat ini pengunjung bisa mandi di air bersih dan melakukan rafting.

Diantara sekian banyak sungai di Mimika, Kyura merupakan sungai asli atau sungai pegunungan yang memiliki air dingin dan segar.

Di sisi lain, ada sungai yang berwarna coklat kemerahan mengalir di sampingnya, di mana dua sungai yang berbeda warna bertemu.

Baca Juga: Warga Mimika Temukan Dugaan Bahan Peledak PD II

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button