Berita Wisata

Jogja Pit Ringkes ‘Mangkat Gasik’ di Pantai Cemoro Sewu

tanpa judul

Krjogja.com – YOGYA – Puluhan pesepeda komunitas Jogja Pit Ringkes bersepeda bersama dari Inna Malioboro menuju pantai Cemoro Sewu pada Minggu (13/11/2022) pagi. Selain mengayuh sepeda, mereka juga membersihkan Pantai Cemoro Sewu, Bantul, setelah menyelesaikan jalur sepanjang 30 kilometer.

Kegiatan bersepeda kali ini di tag dengan Mangkat Gasik yang artinya Bersama dengan Paguyuban Olahraga Karo Reresik. Para pesepeda menggunakan berbagai jenis sepeda seperti sepeda lipat, sepeda road bike dan sepeda gunung untuk melakukan aktivitas tersebut.

Singgih Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata DIY mengatakan, kegiatan Mangkat Gasik sengaja dilakukan untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan selain menyehatkan masyarakat. Menurutnya, pesepeda menjalin kerja sama dengan pengelola destinasi wisata dengan harapan semua pihak memiliki misi yang sama dalam menjaga lingkungan sekitar.

“Teman-teman ini tidak hanya sekedar bersepeda tapi melakukan kegiatan seputar pariwisata berkelanjutan. Kami sedang membersihkan pantai Cemoro Sewu yang akan kami kunjungi dan tentunya ini adalah upaya bersama yang harus terus kami lakukan,” kata Singgih.

Sementara itu, Pramusinto, trainer Jogja Pit Ringkes, menambahkan kegiatan fun cycling dari Kota Yogya ke Pantai Cemoro Sewu diluncurkan bersama untuk menjaga kesehatan, membersihkan lingkungan dan mengenalkan destinasi wisata. Menurut Pramusinto, upaya Dinas Pariwisata untuk mengenalkan destinasi wisata sekaligus mempromosikan wisata sehat juga menjadi perhatian masyarakat.

“Kami mengajak komunitas bersepeda yang sudah kuat kehadirannya di Jogja untuk mengeksplorasi destinasi wisata untuk mempresentasikan lebih luas lagi. Kali ini kami ikut membantu membersihkan Pantai Cemoro Sewu, ke depan kami akan melirik destinasi lain”, ujarnya. .

Di Cemoro Sewu, masyarakat juga akan memasang rambu yang menyerukan kebersihan. “Semoga kesadaran wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan, untuk ikut menjaga lingkungan bisa lebih masif. Kita mulai dari yang terdekat,” pungkasnya. (fxh)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button