Tempat Wisata

Pulau Kemaro Palembang – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan – Pulau Kemaro salah satu pulau indah dan legendaris di tengah Sungai Musi. Sebuah delta kecil yang menjadi tujuan wisata populer di Palembang.

Biaya Tur: Mulai dari Rp50.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Kemaro, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan; map: Cek lokasi

Pulau Kemaro merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Selatan. Pulau ini terkenal dengan pagoda-pagodanya yang tinggi dan bangunan-bangunan klentengnya, yang sering dijadikan sebagai tempat peribadatan bagi etnis Tionghoa. Banyak etnis Tionghoa Indonesia bahkan manca negara seperti China, Malaysia dan Singapura berkunjung saat perayaan Cap Go Meh.

Pulau ini merupakan daratan atau delta yang terbentuk di tengah sungai Musi. Sebutan “Kemaro” pada nama pulau ini memiliki arti “kering”, yang artinya pulau ini selalu kering dan tidak pernah banjir, bahkan saat sungai sedang banjir. Oleh karena itu, pulau ini terlihat seperti mengapung di atas Sungai Musi.

Dengan luas kurang lebih 32 hektar, pulau ini memiliki keunikan berupa bangunan pagoda 9 lantai yang menjulang di tengah pulau dan dibangun sebelum tahun 2006. Pagoda tersebut merupakan bagian dari Klenteng Hok Tjing Rio atau lebih dikenal dengan Klenteng Kuan Im yang pertama kali dibangun pada tahun 1962.

Pemandangan Pulau Kemaro

Tempat wisata di pulau KemaroKredit foto: Google Maps Isnai Ilham Aufadhuha

Pagoda merah yang berdiri megah di tengah pulau menunjukkan betapa kuatnya budaya Tionghoa di pulau ini. Secara arsitektur, pagoda ini sangat mirip dengan pagoda di Negeri Tirai Bambu. Di sisi dinding pagoda adalah gambar legenda pulau ini. Bagian atas klenteng digunakan sebagai tempat pemujaan bagi umat Buddha.

1. Meninggalkan cerita legenda yang menarik

Makam Tan Bun An dan Siti Fatimah terletak bersebelahan di depan pura. Tan Bun An dan Siti Fatimah adalah sepasang kekasih yang menjadi tokoh utama dalam legenda Pulau Kemaro. Legenda pulau ini tertulis di atas batu di sebelah Kuil Hok Tjing Rio. Buat kamu yang penasaran seperti apa legendanya, kamu bisa mengunjungi pulau ini dan membaca legendanya.

2. Miliki pohon cinta abadi

Pulau ini tidak hanya memiliki pagoda dan pagoda yang terkenal dengan cerita legendarisnya, namun pulau ini juga memiliki pohon cinta yang unik. Dikatakan bahwa ketika pasangan muda mengukir nama mereka di pohon, hubungan mereka berlanjut di tingkat perkawinan. Oleh karena itu, pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Batang korek api.

3. Ada bangunan pagoda yang unik

Pagoda 9 lantai yang menjulang di tengah pulau setinggi 45 meter, dengan masing-masing tingkat setinggi 5 meter. Pagoda ini dibangun pada sembilan tingkat sesuai dengan makna Feng Shui. Klenteng ini memiliki delapan sudut seperti lambang trigram kedelapan atau Pat Kwa. Warna cerah pagoda sesuai dengan makna simbol warna dalam kepercayaan Cina.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Kemaro

Alamat pulau KemaroKredit foto: Google Maps Tjiunggu Tjermin

Pulau legendaris ini terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera di Palembang, Sumatera Selatan. Letak pulau ini berada di tengah-tengah industri antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju. Posisi pulau ini sedikit ke timur dari pusat kota Palembang. Akses menuju lokasi ini sangat mudah untuk dicapai. Disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan tabir surya sebelum mengunjungi pulau.

Ada beberapa cara untuk sampai ke lokasi. Jika Anda berangkat dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Anda bisa menyewa taksi atau kendaraan dari bandara menuju Dermaga Point Kuto Besak di kawasan Sungai Musi.

Setibanya di Dermaga Point Kuto Besak, Anda dapat memilih salah satu moda transportasi yang tersedia. Pertama, Anda dapat menggunakan perahu cepat dengan mesin bertenaga yang sampai ke tempat lebih cepat. Dengan perahu cepat Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai situs Pulau Kemaro.

Kedua, Anda bisa menggunakan perahu ketek dengan waktu tempuh yang lebih lambat. Dan ketiga, Anda bisa menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Ketiga alat transportasi tersebut memiliki harga sewa yang berbeda. Anda bisa menyesuaikan budget yang Anda bawa.

Biaya Perjalanan ke Pulau Kemaro, Palembang

Biaya Perjalanan ke Pulau Kemaro, PalembangKredit foto: Google Maps Tjiunggu Tjermin

Pulau ini dapat dicapai hanya dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Jembatan Ampera di Palembang, tergantung moda transportasi yang dipilih. Agar bisa sampai di lokasi, Anda harus menyiapkan budget yang cukup dengan memperhatikan biaya sewa setiap alat transportasi yang ditawarkan.

biaya sewa perahu cepat yaitu Rp 100.000-Rp 150.000 per orang. Biaya sewa perahu Ketek adalah Rp 80.000-100.000 per orang. Kemudian biaya sewa perahu motor Rp 50.000-70.000 per orang. Dari ketiga moda transportasi tersebut, transportasi perahu cepat adalah moda transportasi dengan waktu tempuh tercepat sesuai dengan biaya sewa tetap.

Selama perjalanan menuju pulau legendaris tersebut, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air sungai yang jernih dengan latar belakang Jembatan Ampera yang dibangun pada masa penjajahan Jepang. Jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda dengan kamera apa pun yang Anda bawa.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kemaro

Aktivitas Menarik di Pulau KemaroKredit foto: Google Maps Judithia Charlotte

1. Lihat agenda upacara keagamaan Tionghoa

Untuk membuat liburan Anda di pulau ini tak terlupakan, Anda bisa mengoordinasikan jadwal kunjungan Anda ke pulau ini dengan agenda upacara keagamaan Tionghoa yang diadakan di sini. Biasanya pulau ini dipadati oleh etnis Tionghoa dari Indonesia serta beberapa turis asing untuk menghadiri upacara keagamaan saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Pada saat-saat tersebut, Anda akan dibuat takjub dengan keindahan suasana di pulau ini, karena penuh dengan hiasan lampion yang dipasang di sudut-sudut pulau. Ada juga banyak pertunjukan khas Tiongkok seperti barongsai, pertunjukan alat musik tradisional Tiongkok dengan lagu khas Tiongkok, wayang penyair, drama tradisional Tiongkok, dan wisata kuliner.

Pada malam hari, lentera dinyalakan secara bersamaan, menambah kemeriahan suasana pulau. Atraksi barongsai juga berlangsung pada malam hari agar pulau ini tidak terkesan sepi dan misterius seperti biasanya. Yang paling menarik adalah penerbangan lampion di langit, yang memungkinkan Anda untuk menikmati indahnya panorama pulau ini di malam hari.

2. Undang pasangan untuk mengunjungi delta ini

Jika Anda penasaran dengan mitos yang tersebar di masyarakat luas tentang Pohon Cinta Abadi di Pulau Kemaro, Anda bisa mencoba mengajak pasangan lalu mengukir nama Anda dan pasangan di Pohon Cinta tersebut. Namun, Anda harus berhati-hati agar tidak merusak ekosistem alam di sekitar pohon atau pohon itu sendiri.

3. Wisata Sejarah

Pulau ini dianggap sebagai tempat wisata yang legendaris karena sejarah pulau ini sudah ada sejak Kerajaan Sriwijaya. Kisah ini erat kaitannya dengan kisah putri Raja Kerajaan Sriwijaya dan putra Raja Kerajaan Cina. Dulu, pulau ini digunakan sebagai pos jaga. Komandan Cheng Ho bahkan pernah menetap di sini untuk menekan perompak laut dari China.

Di pulau ini juga terdapat benteng yang berfungsi sebagai pintu gerbang sungai sebelum memasuki keraton (pusat) kota Palembang saat itu. Nama benteng yang dimaksud adalah Benteng Tambak Bayo. Dulu kapal yang ingin masuk ke pusat kota harus melewati benteng dan mendapatkan izin dari kantor pos benteng.

4. Jelajahi sekitar pagoda dan temukan spot foto terbaik

Bangunan pagoda ini memiliki arsitektur yang unik dengan warna-warna cerah. Klenteng ini terkenal mirip dengan klenteng di negeri tirai bambu. Anda perlu menjelajahi area di sekitar pagoda ini dan menemukan tempat terbaik untuk mengabadikan dengan kamera Anda dan kemudian membagikannya di akun jejaring sosial.

5. Ziarah ke makam

Ada sebuah vihara Cina bernama Kelenteng Hok Tjing Rio di Pulau Kemaro. Ada juga candi Budha yang sering dikunjungi umat untuk berziarah ke makam dan berdoa. Bagi Anda yang beragama Buddha, Anda bisa mengunjungi pura ini dan berziarah ke makam serta berdoa. Candi-candi selalu dirawat dan dibersihkan oleh pejabat khusus.

6. Wisata kuliner

Walaupun tempat wisata ini merupakan tempat wisata religi dan legendaris, namun jika anda lapar dan haus tidak perlu khawatir. Ada banyak penjual berbagai jenis makanan dan minuman yang menjajakan dagangannya di pulau ini.

Penginapan murah dekat Pulau Kemaro

Penginapan murah dekat Pulau KemaroSumber gambar: Kata Sandi Google Maps nopriyanto

1. Batiqa Hotel Palembang

Hotel berbintang empat ini letaknya sangat strategis, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara menuju Dermaga Point Kuto Besak. Harga per malamnya mulai dari Rp 398.000. WiFi gratis dan bahkan ada antar-jemput bandara berbayar. Hotel ini hanya memiliki satu kategori kamar superior, namun fasilitas dan pelayanannya berbeda-beda di setiap kamar.

2. Keluarga OYO 959 Graha Ham

Hotel keluarga ini menawarkan rangkaian fasilitas yang cukup lengkap dengan biaya akomodasi yang terjangkau. Hotel bintang dua ini sangat ramah terhadap tamu penyandang disabilitas, karena terdapat toilet dan tempat parkir khusus untuk penyandang disabilitas. Harga menginap per malam mulai dari Rp 157.259 termasuk pajak.

3. JR Guesthouse

Jika Anda mencari akomodasi yang ramah kantong dengan fasilitas yang cukup lengkap, guest house ini adalah jawabannya. Dengan harga mulai dari hanya Rp 120.481 Anda akan mendapatkan akomodasi yang sangat nyaman. Yang menarik disini ada fasilitas bola voli.

4. Rajawali Homestay

Dengan biaya akomodasi yang terjangkau mulai dari Rp 200.000 per malam, fasilitas di homestay ini cukup lengkap. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, keamanan parkir disini sangat ketat. Homestay ini mengusung tema industrial yang sangat Instagramable.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kemaro

Fasilitas Pulau KemaroKredit foto: Google Maps Tjiunggu Tjermin

Tidak hanya pulau ini yang menawarkan pemandangan eksotis air Sungai Musi yang jernih, fasilitas yang ada di pulau ini juga cukup lengkap. Fasilitas seperti persewaan perahu cepat, perahu motor, hingga perahu ketek tersedia disini. Fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, rest area, stand makanan dan minuman juga tersedia.

Wisata religi ini menjadi tujuan populer bagi wisatawan yang menyukai sejarah. Karena selain menikmati liburan dengan mencari foto di berbagai tempat indah di pulau ini, wisatawan juga banyak belajar tentang sejarah Pulau Kemaro. Selain itu, ada legenda yang diukir di batu di area klenteng.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button